Pengamat: Dilindungi Luhut Panjaitan, Ruhut Siap Lawan SBY

Politisi Partai Demokrat Ruhut Sitompul merasa mendapat perlindungan dari Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan, sehingga berani ‘melawan’ Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan tokoh Demokrat, Amir Syamsuddin.

Analisis itu disampaikan pengamat politik Ahmad Yazid kepada intelijen (24/08). “Amir Syamsuddin itu orang kepercayaan SBY. Kalau Ruhut berani melawan Amir, berarti berani juga melawan SBY,” tegas Ahmad Yazid.

Menurut Yazid, Ruhut berani melawan SBY karena merasa mendapat perlindungan Luhut Binsar Pandjaitan dan Istana. “Selama ini Ruhut selalu bicara tim sukses Jokowi bersama Luhut. Dan saat ini Luhut orang yang paling berkuasa, makanya Ruhut berani melawan siapa saja termasuk SBY,” papar Yazid.

Yazid menilai, “pertarungan” Ruhut-Amir Syamsuddin bisa merepresentasikan “perang” antara SBY dengan Jokowi dan pihak Istana. “Nantinya bisa dilihat kuat mana, SBY masih punya pengaruh kuat, begitu pula Luhut punya kekuasaan,” jelas Yazid.

Diberitakan, Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Amir Syamsuddin mengancam akan melaporkan Ruhut Sitompul ke Mahkamah Kehormatan Dewan. Amir keberatan dituding memprovokasi Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono untuk mencopot Ruhut dari jabatan Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat.

“Ini cara dia melecehkan beberapa kader utama Partai Demokrat, sangat mungkin kami laporkan ke MKD secara pribadi,” kata Amir seperti dikutip Kompas.com (23/08).

Ruhut sendiri mengaku siap menantang balik Amir Syamsuddin dengan segala cara, sekalipun harus dilaporkan ke lembaga etik dewan. Ruhut bersikeras bahwa pernyataan dirinya terhadap Amir Syamsuddin yang disebut memprovokasi Ketua Umum Partai Demokrat SBY perihal pemecatannya sebagai juru bicara, sudah benar dan sesuai fakta yang ada.

Sumber: https://www.intelijen.co.id/pengamat-dilindungi-luhut-panjaitan-ruhut-siap-lawan-sby/

Komentar

Artikel Terkait