Pasukan Irak Berhasil Bunuh Komandan ISIS untuk Mosul

itoday - Pasukan pemerintah Irak berhasil menewaskan komandan ISIS untuk Kota Tua Mosul. Saat ini, pertempuran merebut benteng terakhir kelompok ekstrimis di Irak itu terfokus pada sebuah jembatan yang melintasi sungai Tigris.

Disitat dari Reuters, Rabu (15/3/2017), polisi federal Irak membunuh Komandan ISIS untuk Mosul Abu Abdul Rahman al-Ansary selama operasi pembersihan distrik Bab al-Tob, kata seorang perwira polisi federal. Dengan banyaknya pemimpin ISIS yang mundur dari Mosul, kematian Ansary menjadi pukulan bagi militan yang berupaya mempertahankan wilayah mereka dengan mengontrol jalan-jalan dan rumah-rumah penduduk.

Sejak memulai aksi ofensif pada bulan Oktober, pasukan Irak dengan koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) telah merebut kembali Mosul timur. Pasukan Irak juga berhasil merebut sekitar 30 persen wilayah Mosul barat dari militan, yang kalah jumlah namun tetap berusaha keras mempertahankan wilayah mereka.

Di tengah pertempuran, aliran pengungsi susah payah keluar dari distrik-distrik di barat. Mereka membawa koper, botol air dan harta benda lainnya. Beberapa bahkan mendorong anak-anak dan saudara tua yang sakit dengan gerobak.

Sebanyak 600 ribu warga sipil terjebak dengan militan di dalam Mosul, di mana pasukan Irak secara efektif telah mengisolirnya dari semua wilayah tersisa yang dikontrol oleh ISIS. Pasukan Irak termasuk tentara, pasukan khusus, Peshmerga Kurdi dan milisi Syiah.

Lebih dari 200 ribu warga Mosul telah mengungsi sejak awal aksi militer pada bulan Oktober lalu. Departemen Imigrasi dan Perpindahan Penduduk mengatakan pada hari Selasa kemarin, dalam beberapa hari terakhir, hampir 13.000 orang mengungsi dari Mosul barat telah diterima untuk mencari bantuan dan akomodasi sementara setiap hari.

Kehilangan Mosul akan menjadi kekalahan terbesar ISIS. Mosul adalah kota terbesar yang dikuasai militan ISIS sejak pemimpin mereka Abu Bakr al-Baghdadi menyatakan dirinya sebagai pemimpin kekhalifahan yang mencakup Irak dan Suriah di sebuah masjid di Mosul pada musim panas 2014.


Sumber: Sindonews.com

Komentar

Artikel Terkait

Kamis, , 13 Juli 2017 - 11:47 WIB

Baghdadi Tewas, ISIS Terpecah Belah

Rabu, , 21 Juni 2017 - 15:33 WIB

Rusia Belum Bisa Konfirmasi Kematian Bos ISIS

Telah dilihat : 1728 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 1685 kali

sahabat total episode 1