Terungkap! Maduro Ikut Sumbang Inaugurasi Trump Rp6,6 Miliar

itoday - Presiden Venezuela, Nicolas Maduro, diketahui turut menyumbang biaya inaugurasi Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Maduro memberikan sumbangan sebesar USD500 ribu atau sekitar Rp6,6 miliar ditengah krisis ekonomi yang mencekik negaranya.

Catatan panitia pelantikan menunjukkan Citgo Petroleum adalah salah satu perusahaan donor terbesar untuk acara di seputara upacara pelantikan tersebut. Citgo Petroleum adalah afiliasi perusahaan minyak Venezuela PDVSA di Amerika Serikat (AS) seperti dikutip dari Sky News, Kamis (20/4/2017).

Sumbangan tersebut melampaui beberapa perusahaan AS termasuk Pepsi (USD250 ribu), Walmart (USD150 ribu) dan Verizon (USD100 ribu). Sumbangan itu juga setara dengan yang diberikan oleh JP Morgan Chase dan Exxon, yang masing-masing menyumbangkan USD500 ribu.

Meski begitu, sumbangan itu masih berada di kontribusi Bank of America yang mencapai USD1 juta atau sekitar Rp13 miliar.

Nicolas Maduro telah berhati-hati untuk tidak memusuhi presiden AS yang baru. Namun pemerintah Trump baru-baru ini meningkatkan kritik terhadap pemerintah Venezuela.

Pada bulan Februari, Trump bertemu dengan istri seorang pemimpin oposisi yang dipenjara di Gedung Putih dan pada hari Selasa Departemen Luar Negeri AS mengeluarkan sebuah pernyataan yang mengecam kekerasan terhadap pemrotes.

"Mereka yang bertanggung jawab atas penindasan kriminal terhadap kegiatan demokrasi yang damai akan bertanggung jawab secara individual atas tindakan mereka oleh masyarakat Venezuela dan institusi mereka, serta masyarakat internasional," bunyi pernyataan tersebut.

Pada hari Rabu, dua orang tewas ditembak saat ribuan warga Venezuela ikut serta dalam demonstrasi menentang Maduro menuntut pemilihan baru dan pembebasan politisi oposisi yang dipenjara.

Negara Amerika Selatan yang memiliki cadangan minyak terbesar di dunia dan pernah memimpin ekonomi dunia. Namun banyak orang Venezuela menuduh Maduro mencuri kekayaan negara tersebut.



Sumber: Sindonews.com

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 512 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 507 kali

sahabat total episode 1

Telah dilihat : 659 kali

Nokia hadir di MWC 2017