Pengamat: Anies Kalahkan Djarot, HMI Pecundangi GMNI

itoday - Pilkada DKI Jakarta putaran kedua yang dimenangkan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno menjadi bukti bahwa jaringan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) berhasil mempecundangi jaringan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI).

Analisis itu disampaikan pengamat politik Ahmad Baidhowi kepada intelijen (21/04). "Anies itu mewakili HMI, sedangkan Djarot GMNI, dan mesin politik HMI sangat efektif terutama lintas partai," kata Ahmad Baidhowi.

Menurut Baidhowi, kalangan aktivis HMI di Partai Golkar seperti Ahmad Doli Kurnia dan Indra J Piliang berhasil membawa kemenangan buat Anies-Sandi. "Kalangan PKS dan jaringannya juga berperan dalam kemenangan Anies-Sandi," ungkap Baidhowi. 

Di sisi lain, kata Baidhowi, aktivis GMNI maupun pergerakan lainnya di PDIP kurang maksimal dalam memperjuangkan Ahok-Djarot. "Bukan terjun ke masyarakat, tetapi hanya bermain Twitter. Padahal Pilkada DKI Jakarta juga butuh posko-posko di level bawah. Dan posko-posko ini telah dibuat Anies-Sandi," pungkas Baidhowi.

Anies Baswedan pernah tercatat sebagai salah satu anggota Majelis Penyelamat Organisasi HMI UGM Yogyakarta. Sedangkan Djarot Saiful Hidayat pernah menjabat sebagai Ketua DPD PA GMNI Jawa Timur (2010-2014).

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 512 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 507 kali

sahabat total episode 1

Telah dilihat : 659 kali

Nokia hadir di MWC 2017