Putin Ingatkan AS untuk Tidak Intimidasi Korut

itoday - Presiden Rusia Vladimir Putin mengecam peluncuran rudal terbaru yang dilakukan oleh Korea Utara (Korut) sebagai tindakan berbahaya. Meski begitu, ia juga memperingatkan untuk tidak mengintimidasi Pyongyang.

Berbicara di China, Putin meminta solusi damai untuk ketegangan yang sedang berlangsung di Semenanjung Korea.

"Saya ingin memastikan bahwa kami secara kategoris menentang perluasan kelompok negara nuklir, termasuk melalui Semenanjung Korea. Kami menentangnya dan menganggapnya kontraproduktif, merusak, berbahaya," kata Putin seperti dikutip CNN, Selasa (16/5/2017)

Namun dalam komentar yang muncul ditujukan ke Amerika Serkat (AS), dia mengatakan bahwa mengintimidasi Korut tidak dapat diterima.

Pernyataan Putin ini seolah menjadi jawaban atar pernyataan Sekretaris Pers Gedung Putih, Sean Spicer. Spicer mengatakan uji coba rudal Korut dapat memancing respons yang lebih kuat dari Kremlin.

"Dengan dampak rudal yang sangat dekat dengan Rusia, sebenarnya lebih dekat ke Rusia daripada ke Jepang, Presiden Trump tidak membayangkan Rusia akan tampak senang," kata Spicer.

AS dan Rusia juga mempunyai versi yang berbeda terkait jatuhnya rudal tersebut. AS mengatakan rudal itu jatuh hanya 96 kilometer dari pelabuhan Vladivostock, Rusia. Namun, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa rudal itu jatuh 500 kilometer dari garis pantai Pasifik.

Korut melakukan uji coba Hwasong-12 pada akhir pekan lalu. Menurut kantor berita KCNA, kantor berita Korut, rudal tersebut mampu menacapai ketinggian 2.111,5 kilometer dan terbang 787 kilometer (489 mil).

Analis menyebut dengan jangkauan berkisar 4.500 kilometer akan menempatkan wilayah Guam di AS dalam jangkauannya. Sebuah pulau kecil di Pasifik, Guam adalah rumah bagi Pangkalan Angkatan Udara Andersen, dimana Angkatan Udara AS menempatkan pesawat pembom berat termasuk B-1, B-2 dan B-52.



Sumber: Sindonews.com

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 704 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 698 kali

sahabat total episode 1

Telah dilihat : 877 kali

Nokia hadir di MWC 2017