Jepang Nilai Ancaman Korut Mencapai Level Baru

itoday - Pemerintah Jepang menilai ancaman yang ditimbulkan Korea Utara (Korut) saat ini telah mencapai level baru. Penilaian ini mengacu pada keberhasilan Pyongyang dalam uji coba rudal balistik terbarunya pada hari Minggu lalu.

Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii menuturkan, Jepang akan terus berkoordinasi dengan sekutu-sekutunya, khususnya Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel) untuk menangkal ancaman Korut yang dipimpin Kim Jong-un.

"Seperti yang kalian lihat uji coba rudal Korut, ancaman yang ditampilkan Korut kepada kami sudah mencapai tahap baru. Kami bertekad untuk merangkul semua sekutu kami, termasuk AS dan Korsel untuk menjaga stabilitas di kawasan," ucap Dubes Masafumi.

"Banyak hal yang bisa kami lakukan jika kami bekerjasama," imbuh dia di sela-sela perayaan hari jadi Pasukan Bela Diri Jepang di salah satu hotel di bilangan Jakarta Pusat pada Kamis (18/5/2017)

Korut sendiri sebelumnya menyatakan uji coba rudal yang mereka lakukan adalah hal yang sah untuk dilakukan. Korut menyebut uji coba ini untuk memperkuat pertahanan mereka.

"Uji rudal ini merupakan tindakan pembelaan diri yang sah menurut hukum internasional dan kritik Amerika Serikat (AS) tentang itu merupakan pelanggaran atas kedaulatan dan martabat Korut. Korut akan memperkuat kemampuan pertahanan dirinya selama AS terus melakukan kebijakan bermusuhan terhadap Korut dan terus menunjukan ancaman nuklir serta melakukan pemerasan," kata seorang diplomat Korut, Ju Yong Choi. 

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 486 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 482 kali

sahabat total episode 1

Telah dilihat : 629 kali

Nokia hadir di MWC 2017