Putin: Kami Akan Respon Setiap Tindakan NATO

itoday - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, pihaknya akan memberikan respon yang sesuai dengan setiap tindakan NATO yang menimbulkan ancaman pada Rusia. Hal itu disampaikan Putin saat melakukan wawancara dengan produser film dokumenter asal Amerika Serikat (AS), Oliver Stone. 

Dalam wawancara tersebut, Putin mengatakan, ancaman terbesar yang diperlihatkan NATO kepada Rusia adalah penempatan sistem pertahanan udara di negara-negara yang berbatasan dengan Rusia. Dia menyebut, sistem pertahanan ini dapat dengan mudah diubah menjadi senjata ofensif.

"Ada dua ancaman di sini bagi kami, untuk Rusia. Pertama adalah penyebaran pencegat rudal di sekitar perbatasan kami, dan ancaman kedua adalah peluncur rudal yang dapat diubah menjadi peluncur rudal ofensif di timur Eropa, di atas air, di laut, mereka akan dipasang di kapal yang berpatroli di Laut Tengah dan laut utara, mereka dipasang di Alaska," kata Putin.

"Ini adalah kesalahan strategi lain yang besar dan mencolok, karena Rusia akan memberikan respon yang sesuai terhadap semua tindakan ini, dan ini tidak akan berarti apa-apa selain fase perlombaan senjata lain. Respon kita akan jauh lebih murah. Mungkin lebih kasar di suatu tempat, tapi akan efektif, kita akan menjaga keseimbangan strategis," sambungnya, seperti dilansir Sputnik pada Rabu (14/6).

Berbicara tentang perluasan NATO, pemimpin Rusia tersebut mengatakan semua negara harus lebih fokus untuk mencapai kesepakatan mengenai keamanan, dan bantuan timbal balik jika mereka merasa mendapat ancaman

Dia kemudian menambahkan, sehubungan dengan runtuhnya Uni Soviet dan keputusan Iran untuk meninggalkan program senjata nuklir militernya, tidak ada alasan bagi NATO untuk menerima anggota baru, dan menerapkan sistem pertahanan rudal di Eropa. 

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 718 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 712 kali

sahabat total episode 1

Telah dilihat : 889 kali

Nokia hadir di MWC 2017