Arab Saudi Cs Buat Daftar Tuntutan untuk Qatar

itoday - Menteri Luar Negeri Arab Saudi mengatakan bahwa empat negara Arab yang memutuskan hubungan dengan Qatar tengah membuat sebuah daftar tuntutan dan akan segera mengumumkannya. Ia pun memperingatkan Qatar untuk tidak mendanai kelompok ekstrimisme dan tetap bersikap baik dengan negara-negara tetangga.

Menteri Adel al-Jubeir mengatakan bahwa Qatar harus menanggapi tuntutan untuk menghentikan dukungannya terhadap ekstremisme dan terorisme di seluruh dunia dan bukan hanya negara-negara Teluk.

Jubeir mengatakan bahwa daftar yang disusun oleh empat negara Arab bukanlah tuntutan, tapi daftar keluhan yang perlu ditangani dan bahwa Qatar perlu memperbaikinya.

"Kami dengan para mitra Bahrain, Uni Emirat Arab dan Mesir sedang mengerjakan daftar ini dan mempresentasikannya ke Qatar, dan saya pikir ini akan segera dilakukan," katanya seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (17/6/2017).

Memanggil Doha sebagai "sekutu" di Dewan Kerjasama Teluk enam negara (GCC), Jubeir mengatakan bahwa tidak ada niat untuk menyakiti orang-orang Qatar.

"Sudah cukup, dan saudara Qatar kami tidak dapat terus mendanai ekstremisme dan meneror serta menghasut dan menggunakan media yang bermusuhan dan mengganggu urusan negara lain dan tetap dalam posisi baik," katanya, seraya menambahkan bahwa dia mengharapkan tanggapan positif yang akan berlanjut ke tempat yang lebih baik.

Jubeir tidak merinci tuntutan apa yang bisa dibuat. Namun komentarnya senada dengan duta besar UEA untuk Amerika Serikat, yang mengatakan bahwa daftar tersebut secara luas akan membahas tiga bidang yaitu dukungan untuk terorisme, mencampuri urusan dalam negeri keempat negara Arab dan menyerang melalui media platform Qatar.

Empat negara Arab yaitu Arab Saudi, UEA, Bahrain dan Mesir memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar pada 5 Juni lalu. Mereka menuduh Doha telah mendukung militan Islam dan Iran, sebuah tuduhan yang Doha telah menolaknya. UEA juga telah memutuskan untuk memasukkan anggota dan entitas Qatar ke daftar hitam. 

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 1058 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 1037 kali

sahabat total episode 1