Pasukan AS Masuki Basis ISIS di Raqqa

itoday - Penasihat militer Amerika Serikat (AS) beroperasi di kota Raqqa, markas kelompok teroris ISIS di Suriah. Demikian pernyataan seorang pejabat militer AS.

"Pasukan AS, yang banyak di antaranya merupakan pasukan operasi khusus, bekerja dalam peran menasihati, membantu dan menemani", kata juru bicara koalisi anti ISIS pimpinan AS, Kolonel Ryan Dillon, dikutip dari Russia Today, Kamis (13/7/2017).

Menurutnya, pasukan tersebut mendukung pejuang lokal dari Pasukan Demokratik Suriah (SDF). "Mereka jauh lebih tidak terlindungi dari kontak musuh daripada di Irak," kata Dillon.

Namun, ia menambahkan bahwa mereka tidak berada dalam peran tempur langsung namun menyerukan serangan udara.

Mengomentari jumlah pasukan AS di sana, dia mengatakan bahwa jumlah tidak mencapai ratusan. AS telah samar-samar tentang jumlah pasukan militer yang beroperasi di Suriah.

Sementara PBB telah menyebut situasi kemanusiaan di kota itu mengerikan, SDF yang didukung oleh AS telah bergerak masuk ke kota itu sejak bulan lalu.

Sebagai tanggapan atas serangan tersebut, ISIS telah meningkatkan penggunaan pesawat tak berawak yang membawa bahan peledak. "Selama dua atau tiga minggu terakhir, ini meningkat saat kami terus menekan untuk lebih dekat ke pusat kota Raqqa," kata Dillon.



Sumber: Sindonews.com

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 897 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 883 kali

sahabat total episode 1