Amien Rais Semakin Keras Kritik Jokowi! Ditekan PDIP, Jokowi Bakal Depak PAN dari Koalisi

itoday - Elit PDIP tidak suka dengan sikap Amien Rais yang semakin keras mengkritisi Pemerintahan Joko Widodo, sehingga PDIP meminta agar kader PAN di kabinet Jokowi, didepak.

Analisis itu disampaikan pengamat politik Muslim Arbi kepada intelijen (14/07). "PDIP meminta kader PAN didepak karena selama ini Amien Rais kritis kepada Jokowi. Selain itu, efek Pilkada DKI, di mana PAN tidak dukung Ahok-Djarot, masih membekas,” kata Muslim Arbi.

Menurut Muslim, PDIP masih sakit hati terhadap PAN yang secara terbuka tidak mendukung pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat di Pilkada DKI Jakarta.  "PAN dianggap menentang  permintaan Ketua Umum PDIP Megawati yang meminta koalisi pemerintah mendukung Ahok-Djarot di Pilkada DKI Jakarta," ungkap Muslim. 

Muslim memperkirakan, permintaan PDIP melalui Sekjennya Hasto Kristianto, kemungkinan akan ditindaklanjuti Presiden Joko Widodo. "Sebagai petugas partai, Jokowi akan mengikuti PDIP mencopot menteri dari PAN," jelas Muslim. 

Pertimbangan lain, kata Muslim, PAN tidak mendukung Perppu 2/2017 tentang Pembubaran Ormas. "Kader-kader PAN di parlemen bersuara keras menolak Perppu tersebut," ungkap Muslim. 

Sebelumnya, PDIP meminta agar Presiden Joko Widodo mencopot menteri dari Partai Amanat Nasional.  Ihwal tersebut diutarakan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Hasto menilai, PAN sudah tidak loyal sebagai partai pendukung pemerintah.

"Ketika partai menyatakan mendukung, tapi di tingkat implementasi justru bersifat setengah-setengah, Presiden punya kewenangan untuk melakukan evaluasi," kata Hasto (13/07).

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 900 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 887 kali

sahabat total episode 1