Menlu Retno: Putin Akan Segera Kunjungi Indonesia

itoday - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin akan segera berkunjung ke Indonesia memenuhi undangan Presiden Joko Widodo.

Saat ini, ujar Retno, kementeriannya tengah mendiskusikan rencana lawatan Putin tersebut.

“Rencana kunjungan [Putin ke Indonesia] sudah ada, kita sudah mulai membicarakan [persiapannya],” papar Retno usai menyambut kedatangan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov di kantornya, Rabu (9/8).

Meski begitu, Retno belum bisa menjelaskan kapan pastinya kunjungan Putin itu akan berlangsung.

“Time frame-nya belum ada memang. Kami baru siapkan rencana dan pemahaman bahwa kami akan siapkan kunjungan beliau ke sini,” kata Retno.

Retno mengatakan kunjungan Putin ke Indonesia merupakan momentum penting dan menjadi dasar kuatnya hubungan kedua negara yang telah terjalin sejak 1950 lalu.

Selain memenuhi undangan Jokowi, kedatangan Putin nanti diharapkan bisa turut meresmikan kemitraan strategis antara Istana Negara dan Kremlin.

“Harapannya, ketika Presiden Putin ke Indonesia bisa sekaligus meluncurkan kemitraan strategis antara RI-Rusia. Kami harap pembahasan pembaruan kemitraan kedua negara ini selesai dengan cepat,” tuturnya. 

Meskipun demikian, menurut Retno, masih banyak hal yang perlu disiapkan kedua negara sebelum pertemuan antara Putin dan Jokowi berlangsung.

Salah satunya adalah menyelesaikan nota kesepahaman atau MoU antar kedua negara, yang masih mandek.

Presiden Jokowi sempat mengundang Putin untuk mengunjungi Indonesia saat melakukan kunjungan kenegaraan ke Sochi, Rusia, pada 2016 lalu.

Jika kunjungan terlaksana, ini merupakan kedua kalinya bagi Presiden Putin bertandang ke Indonesia. Kunjungan Putin terakhir kalinya ke Jakarta yakni sekitar Oktober 2013 lalu saat Indonesia masih berada di tangan pemerintahan Presiden Susilo bambang Yudhoyono.

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 1475 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 1427 kali

sahabat total episode 1