Kemerdekaan Catalonia Diprediksi Akan Sebabkan Efek Domino di Eropa

itoday - Ketua Partai Altertif Jerman (AfD), Jorg Meuthen menyatakan, pisahnya Catalonia dari Spanyol akan menyebabkan efek domino di kawasan Eropa. Dia menyebut akan banyak wilayah di Eropa yang menyuarkan kemerdekaan. 

"Dalam jangka panjang, mungkin ada efek domino di Eropa, namun hal itu tidak mungkin terjadi di Jerman bersama Bavaria dalam waktu dekat," kata Meuthen, seperti dilansir Sputnik pada Kamis (5/10).

Selain itu, politisi tersebut juga menyatakan keprihatinannya mengenai bentrokan antara polisi Spanyol dan warga Catalonia. Dia menyebut tindakan yang diambil oleh pemerintah Spanyol tidak dapat diterima.

Terkait dengan referendum, Catalonia akan memproklamirkan kemerdekaan dari Spanyol pada hari Senin mendatang, setelah mengadakan referendum yang dilarang pemerintah pusat di Madrid. Para pejabat wilayah itu siap menghadapi konsekuensinya, termasuk penangkapan.

Presiden Catalonia atau Catalan Carles Puigdemont mengatakan, dia lebih menyukai mediasi untuk menemukan jalan keluar dari krisis di wilayah tersebut, namun pemerintah pusat Spanyol menolaknya. 

Pemerintah Perdana Menteri Mariano Rajoy menanggapi referendum itu dengan meminta Catalonia untuk kembali ke jalur hukum terlebih dahulu, sebelum melakukan perundingan.

Mireia Boya, anggota parlemen Catalan dari partai Popular Unity Candidacy (CUP) yang pro-kemerdekaan, mengatakan bahwa sebuah deklarasi kemerdekaan akan mengikuti sebuah sidang parlemen pada hari Senin depan. Sidang itu untuk mengevaluasi hasil jajak pendapat pada 1 Oktober di mana 90,9 persen pemilih memilih pisah dari Spanyol.

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 1467 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 1418 kali

sahabat total episode 1