Kim Jong-un Angkat Adiknya Jadi Anggota Politbiro

itoday - Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un, mengangkat adik perempuannya ke pusat kekuasaan. Jong-un mengangkat Kim Yo-jong sebagai anggota pengganti politbiro.

Politbiro adalah badan pembuat keputusan tertinggi di negara itu yang dipimpin oleh Kim Jong-un sendiri. Pengangkatan itu dilakukan dalam sebuah pertemuan Komite Sentral Partai Buruh, partai yang berkuasa di negara itu.

Pengangkatan ini menunjukkan perempuan berusia 28 tahun itu telah menjadi pengganti bagi bibi Kim Jong-un, Kim Kyong-hee. Kyong-hee sendiri menjadi pengambil keputusan utama ketika mantan pemimpin Kim Jong-il masih hidup.

"Ini menunjukkan bahwa portofolio dan pengaruhnya jauh lebih substantif daripada yang diyakini sebelumnya dan ini adalah konsolidasi lebih lanjut dari kekuatan keluarga Kim," kata Michael Madden, seorang ahli Korea Utara di situs 38North seperti dikutip dari Reuters, Minggu (8/10/2017).

Pada bulan Januari, Departemen Keuangan Amerika Serikat (AS) memasukan Kim Yo-jong bersama dengan pejabat Korea Utara lainnya daftar hitam. Mereka dituduh telah melakukan pelanggaran hak asasi manusia yang parah.

Kim Jong-sik dan Ri Pyong-chol, dua dari tiga orang di belakang program rudal Jong-un yang dilarang, juga dipromosikan.

Menteri luar negeri Korut, Ri Yong-ho, yang menyebut Donald Trump Presiden Setan dalam sebuah pidato bombastis di Majelis Umum PBB bulan lalu, dipromosikan menjadi anggota penih pembawa suara (vote-carrying) politbiro.

"Yong-ho sekarang bisa diidentifikasi dengan aman sebagai salah satu pembuat kebijakan utama Korea Utara," kata Madden.

"Bahkan jika dia memiliki pertemuan informal atau tidak dapat direkam, rekan-rekan utama Ri dapat diyakinkan bahwa apa pun usulan yang mereka ajukan akan dibawa langsung ke puncak," katanya.

 

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 1937 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 1909 kali

sahabat total episode 1