Pelaku Serangan Truk di New York Klaim Aksinya untuk ISIS

itoday - Pihak berwenang menemukan sebuah catatan, yang ditulis dalam bahasa Inggris, mengklaim tersangka dalam serangan di New York melakukannya atas nama ISIS. Demikian pernyataan seorang pejabat penegak hukum senior.

"Catatan yang ditemukan di dalam truk tersebut mengatakan truk polisi digunakan dalam serangan tersebut," kata sumber tersebut seperti dikutip dari CNN, Rabu (1/11/2017).

Delapan orang tewas dan hampir selusin lainnya luka-luka saat seorang pria dengan sebuah pickup sewaan menyapu jalur sepeda yang sibuk di dekat World Trade Center.

"Ini adalah tindakan teror, dan tindakan teror yang sangat pengecut," kata Walikota New York Bill de Blasio. 

"Serangan ini ditujukan pada warga sipil yang tidak berdosa, yang ditujukan untuk orang-orang yang menjalani hidup mereka yang tidak tahu apa yang akan mereka lakukan," sambungnya.

Tersangka berusia 29 tahun diidentifikasi oleh dua sumber penegak hukum yang mengetahui penyelidikan tersebut sebagai Sayfullo Habibullaevic Saipov. Dia berasal dari negara Asia tengah Uzbekistan dan datang ke Amerika Serikat pada tahun 2010, kata sumber kepada CNN.

Laporan mengatakan Saipov menyewa truk pickup dari Home Depot sekitar satu jam sebelum serangan tersebut. Saipov dituduh mengemudikan truk itu ke jalur sepeda di Lower Manhattan, menyerang beberapa pejalan kaki sebelum saksi mata mengatakan dia menabrak bus sekolah.

Saipov ditembak oleh polisi setelah serangan tersebut dan dibawa ke rumah sakit untuk operasi. Dia diharapkan bisa bertahan.

CNN mengatakan agen FBI sudah mulai mewawancarai keluarga dan temannya di Tampa, Florida.

Komentar

Artikel Terkait

Senin, , 09 Oktober 2017 - 15:58 WIB

Hizbullah: Jet Tempur AS Adalah Pelindung ISIS

Telah dilihat : 1695 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 1653 kali

sahabat total episode 1