“Akibat Orientasi Politik, Pesta Putri Jokowi dengan Ribuan Undangan Dibilang Sederhana”

itoday - Pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, dengan Bobby Nasution menyisakan polemik. Saat ini publik terbelah, di mana di satu pihak menyebut pernikahan Kahiyang sebagai perhelatan sederhana, namun tidak sedikit yang menyebut pernikahan itu jauh dari kesederhanaan.

Pembina Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) Habiburokhman membeberkan kriteria yang bisa digunakan untuk menilai “kesederhanaan” pernikahan Kahiyang-Bobby. Yakni, jumlah undangan yang disebar sebelum perhelatan.

“Kalau pesta  ribuan  undangan dibilang sederhana, ane mohon izin untuk bingung,” tulis Habiburokhman di akun Twitter @habiburokhman. 

Habiburokhman merujuk pada Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Nomor 13 Tahun 2014 tentang Gerakan Hidup Sederhana. 

“Surat Edaran Menteri Gerakan Hidup Sederhana  FAKTA, pesta dengan ribuan undangan FAKTA, orang sampaikan FAKTA kenapa  dibilang nyinyir? Pusing pala barbie,” tulis @habiburokhman.

@habiburokhman juga menulis: “Kasihan sekali kalau hanya karena orientasi politik jadi gak bisa baca SE Menteri Hidup Sederhana dan gak bisa lihat pesta ribuan undangan.”

Sementara kelompok yang secara politik mendukung Jokowi menyebut prosesi pernikahan Kahiyang-Bobby sebagai pernikahan sederhana. 

Loyalis Jokowi, Ruhut Sitompul menegaskan bahwa acara perkawinan Kahiyang sebagai “pesta rakyat dan sederhana”. “Fadli Zon nggak usah Nyinyir tolong Kita saling menghormati, Acara Perkawinan Putri Pak Jokowi & Ibu Iriana ‘Pesta Rakyat & Sederhana," tulis Ruhut di akun @ruhutsitompul.

Senada dengan Ruhut, tokoh LP3ES, Rustam Ibrahim, di akun‏ @RustamIbrahim menulis: “Pernikahan putri Presiden Jokowi Kahiyang Ayu itu sederhana. Yang tidak sederhana itu jika ada orang membuat perusahaan atau naruh uang trilyunan di luar negeri,  apalagi untuk hindari pajak.”

Sebagaimana diatur dalam SE Menpan RB 13/2014, jumlah undangan acara resepsi maksimal 400 undangan. Sementara yang undangan yang hadir tidak lebih dari 1000.

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 1695 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 1653 kali

sahabat total episode 1