Kemacetan Jakarta Jadi Sorotan Jelang Asian Games 2018

itoday - Kemacetan kendaraan di Kota Jakarta menjadi sorotan jelang bergulirnya pesta olahraga Asian Games 2018 di Indonesia. Panitia Asian Games (INASGOC) mengaku sudah punya strategi mengantisipasi keterlambatan atlet dan official.  

Ketua panitia Asian Games 2018, Erick Thohir, mengatakan sejumlah alternatif telah disiapkan untuk mengatasi permasalahan transportasi. Alternatif tersebut dicoba saat test event dengan harapan bisa diterapkan saat Asian Games 2018 berlangsung 18 Agustus 2018 mendatang. 

Kata Thohir, INASGOC akan membuat jalan khusus Asian Games lines yang memungkinkan atlet menjangkau venue hanya dalam 40 menit dari athlete village. Atlernatif kedua adalah menggunakan tol yang diperkirakan memakan waktu 30 menit. 

"Untuk akses transportasi atlet dan jajaran tim official, kami kerahkan lebih banyak gunakan tol. Panitia tetap ambil dua alternatif jalan Asian Games lines dengan waktu 40 menitan dan tol bisa 27 menit sesuai uji coba," kata Thohir di Jakarta, Jumat (9/2/2018). 

Thohir mengatakan, estimasi waktu yang ditempuh atlet menggunakan dua skenario tersebut bisa saja makan waktu lebih. Jika hujan turun, perjalanan menggunakan tol diyakini bisa makan waktu satu jam. "Karena hujan dan macet bisa sampai satu jam walau menggunakan tol," katanya. 

Lebih jauh Thohir mengatakan test event Asian Games yang digelar di Jakarta, 8-15 Februari 2018 bertujuan untuk mendeteksi kekuarangan fasilitas Asian Games. Dengan adanya test event tersebut, diharapkan penyelenggaraan Asian Games, 18 Agustus 2018 mendatang bisa berlangsung lancar. 

"Fungsi test event untuk mendeteksi apa kekurangan kami sebagai panitia, venue, dan lainnya. Kami pun adakan kerjasama dengan internasional federasi untuk menyiapkan penyelenggaran Asian Games berjalan dengan baik," kata Thohir. 

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 3385 kali

sahabat total episode 3

Telah dilihat : 3604 kali

sahabat total episode 2