Ada Pengurangan Jumlah Lap di 7 Seri MotoGP 2018

itoday - Keputusan baru mewarnai jalannya MotoGP 2018. Mulai tahun ini Dorna selaku pengelola balapan bakal memangkas jumlah lap di dalam tujuh seri.

Nantinya jumlah lap di GP Amerika Serikat, GP Prancis, GP Catalan, GP Republik Ceko dan GP San Marino akan dipangkas satu putaran. Sedangkan GP Spanyol diperpendek dua putaran dan GP Valencia tiga putaran.

Keputusan serupa juga berlaku di pentas Moto2 serta Moto3. Di ajang Moto2, seri yang dipangkas satu putaran terjadi pada GP Amerika Serikat, GP Prancis, GP Catalan, GP Republik Ceko, GP San Marino, GP Jepang dan GP Malaysia. Sedangkan GP Spanyol dan GP Valencia dipangkas sebanyak dua putaran.

Untuk ajang Moto3, pemangkasan satu putaran terjadi di GP Amerika Serikat, GP Spanyol, GP Catalan, GP Republik Ceko, GP Aragon, GP Malaysia dan GP Valencia. Sementara pemotongan dua lap hanya terjadi di GP Prancis.

Prubahan ini didasari atas beberapa pertimbangan. Pertama, FIM dan Dorna sepakat untuk menyesuaikan waktu balapan mereka dengan siaran di televisi. Pasalnya, mereka menilai terdapat beberapa balapan yang memakan waktu cukup lama sehingga mengganggu program televisi lainnya.

Selain itu, perubahan ini juga dilakukan guna menyesuaikan keadaan mesin dengan keterbatasan bahan bakar. Karena keputusan ini, sangat tidak mungkin jika harus menambah durasi balap. Maka sebagai jalan keluarnya, pengelola lomba harus memangkas sejumlah putaran di beberpa seri yang dianggap terlalu banyak memakan waktu.

Tahun depan, jumlah pengurangan lap kabarnya akan lebih banyak di pentas Moto2 dan Moto3. Sedangkan di MotoGP tidak ada perubahan lagi sampai akhir musim 2019.

 

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 3391 kali

sahabat total episode 3

Telah dilihat : 3611 kali

sahabat total episode 2