Asian Games Dijamin Sesuai Standar Internasional Meski Anggaran Terbatas

itoday - Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC) Erick Thohir menjamin Asian Games bakal berstandar internasional meski anggaran yang cair di bawah permintaan.

Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang tinggal tiga bulan lagi. Pemerintah tengah melakukan persiapan akhir menyambut ajang multievent se-Asia ini.

Erick menjamin gelaran ini akan tetap berstandar internasional, kendati ada efisiensi anggaran. Seperti diketahui anggaran yang cair untuk Asian Games adalah Rp 5,7 triliun, jauh di bawah permintaan yakni Rp 8,7 triliun.

"Mereka bertanya kok dari anggaran Rp 8,7 triliun, tapi Bapak Erick bisa efisiensi sebegitu besar. Kira-kira apa saja? Mereka senang tapi juga ingin memastikan," tutur Erick, usai rapat kerja bersama Komisi X di Gedung MPR DPR RI, Senin (28/5/2018). 

"Ya, saya sampaikan yang bisa saya jamin walaupun kami bisa efisiensi, bukan berarti standar internasionalnya turun."

"Nah, efisiensi dari mana saja? Pertama, kan waktu itu ada Youth Olympic Games tapi (jadinya) tidak ada. Kemudian, promosi Asian Games. Kan yang paling mudah memangkas anggaran paling mudah adalah promosi. Padahal, total anggaran promosi Asian Games hanya 2,5 persen dari total anggaran, sementara seperti Korea dan negara lainnya bisa sampai 20 persen," dia menjelaskan. 

"Lalu anggaran apalagi kita efisiensi? Banyak detailnya. Yang pasti, akan ada rapat lanjutan setelah lebaran ke kantor INASGOC, terutama mengenai keamanan dan pelaksanaan," ujar dia lagi.

 

Sumber: Detik

Komentar

Artikel Terkait