Alasan Kuat Repsol Honda Datangkan Lorenzo untuk MotoGP 2019

itoday - Kabar cukup mengejutkan datang dari Tim Repsol Honda. Pabrikan asal Jepang itu dikabarkan telah melakukan kesepakatan kontrak dengan pembalap Ducati Corse, Jorge Lorenzo hingga dua musim ke depan.

Lorenzo sendiri akan mengisi slot kosong milik Repsol Honda. Hal itu setelah Dani Pedrosa memilih menyudahi kerja sama dengan tim yang telah dibelanya selama 13 tahun tersebut.

Honda memilih Lorenzo sebagai mitra baru Marc Marquez pada musim depan bukan tanpa alasan. Kedekatan kedua pembalap dikabarkan menjadi faktor utama. Lorenzo dan Marquez sama-sama berasal dari Spanyol. Kedua pembalap tersebut beberapa kali terlihat memiliki hubungan yang cukup dekat, seperti yang terlihat pada MotoGP 2015.

Seperti diketahui, Lorenzo dan Marquez disinyalir melakukan kerja sama untuk memuluskan langkah Lorenzo meraih gelar juara MotoGP 2015. Saat itu Lorenzo sedang bersaing ketat dengan rekan satu timnya, Valentino Rossi. Pada balapan di Sirkuit Phillip Island (Australia) dan Sirkuit Sepang (Malaysia), The Baby Alien –julukan Marquez– terlihat sengaja menutupi lajur Rossi.

Rossi yang kesal dengan tindakan Marquez di Malaysia, terlihat kehilangan kesabaran dan membuat manuver yang mengakibatkan Marquez terjatuh. Akibat insiden tersebut, The Doctor –julukan Rossi– mendapat hukuman untuk start dari posisi paling belakang pada balapan selanjutnya di Valencia. Hukuman tersebut sekaligus menutup peluang Rossi untuk meraih gelar juara dunia kedelapan di kelas MotoGP.

Selain faktor kedekatan kedua pembalap tersebut, alasan Honda mendatangkan Lorenzo tidak terlepas dari prestasi gemilangnya di ajang MotoGP. Pembalap berkebangsaan Spanyol itu memang memiliki catatan yang cukup baik. Penampilan apiknya saat masih berseragam Movistar Yamaha menjadi daya tarik bagi Honda untuk mendatangkan Lorenzo pada musim depan.

Seperti diketahui, saat masih berseragam Yamaha, rekan satu tim Andrea Dovizioso itu meraih gelar juara dunia MotoGP sebanyak tiga kali.

Terakhir adalah faktor kendaraan. Pembalap berjuluk X-Fuera itu dinilai lebih cocok menggunakan motor pabrikan Jepang. Hal tersebut terbukti dari Lorenzo yang terlihat cukup kesulitan dalam melakukan adaptasi dengan Desmosedici GP18 yang merupakan produkan Italia. Alhasil, performa pembalap 31 tahun itu cenderung menurun sejak bergabung dengan Ducati.

Kedatangan Lorenzo ke Honda pada musim depan diharapkan mampu mengembalikan penampilan terbaik eks rider Aprilia itu di lintasan. Sebab, Lorenzo akan kembali menggunakan motor pabrikan Jepang yang dinilai lebih cocok dengan karakter pembalap kelahiran Mallorca, Spanyol tersebut.

 

Komentar

Artikel Terkait

Minggu, , 17 Juni 2018 - 22:46 WIB

Lagi, Jorge Lorenzo Kuasai MotoGP Catalunya 2018

Minggu, , 17 Juni 2018 - 00:20 WIB

Lorenzo Rebut Pole Position di MotoGP Catalunya 2018

Jumat, , 08 Juni 2018 - 00:45 WIB

Perpisahan Terbaik dan Terburuk di MotoGP