Diduga Pakai Pemain Ilegal, Barca Terancam Diskualifikasi

itoday - Barcelona baru saja memastikan langkah lolos ke babak 8 Besar Copa del Rey musim 2018/19. Namun, Barca saat ini sedang berharap cemas karena terancam bakal didiskualifikasi lantaran diduga memainkan pemain yang ilegal.

Barca baru saja menyelesaikan laga leg kedua babak 16 Besar Copa del Rey melawan Levante pada Jum'at (18/1/2019) dini hari WIB. Barca menang dengan skor 3-0 dan unggul agregat 4-2 atas Levante. Barca pun lolos ke 8 Besar.

Namun, pihak Levante melaporkan jika ada satu pemain Barca yang diduga ilegal. Pemain itu tampil pada laga leg pertama, saat Levante menang dengan skor 2-1. Kasus ini pun masih berlanjut dan belum diputuskan.

Leg pertama dimainkan Barca pada 11 Januari yang lalu di markas Levante. Pada laga tersebut, Barca menurunkan sebagian besar pemain muda dan pelapis. Salah satu pemain yang ditampilkan adalah Juan Brandariz.

Pemain yang lebih dikenal dengan nama Chumi tersebut yang diduga oleh Levante jadi pemain ilegal. Sebab, sebelum tampil di tim utama, Chumi mendapat sanksi akumulasi kartu yang didapatkan dari laga bersama Barca B.

Pihak Levante menduga Barca melanggar Kode Disiplin nomor 56.3 yang berbunyi: Pemain yang terkena sanksi tidak akan dapat bermain di salah satu tim atau klub sampai hari sanksi tersebut berakhir.

Levante juga mengutip Kode Disiplin dari RFEF [Federasi Sepak Bola Spanyol] yang berbunyi:

Klub yang secara tidak tepat memainkan pemain karena tidak sesuai dengan persyaratan maka untuk berpartisipasi dalam pertandingan, akan kehilangan pertandingan itu. Menyatakan lawan mereka sebagai pemenang dengan hasil tiga gol lawan nol [3-0], kecuali mereka sudah meraih skor lebih tinggi.

Komentar

Artikel Terkait