Setelah Ditolak, Canelo Nilai WBC Lakukan Upaya Negatif

itoday - Tampaknya bintang tinju Meksiko, Saul "Canelo" Alvarez sangat kesal dengan Dewan Tinju Dunia (WBC). Dia sempat menolak badan tinju yang dipimpin Mauricio Sulaiman itu ikut terlibat dalam pertarungannya melawan Julio Cesar Chavez Jr yang akan digelar pada akhir pekan ini di Las Vegas, Amerika Serikat.

Menurut Canelo, WBC sangat ngotot untuk terlibat sejak awal pengumuman pertarungan dirinya dengan Chavez Jr. Duel Canelo vs Chavez Jr ini sendiri akan berlangsung di catchweight 164,5pon (74,6kg), dan Canelo harus meningkatkan bobotnya yang sebelumnya di sekitar 70,3kg.

Kubu Canelo dengan tegas menolak keterlibatan WBC. Namun, WBC tidak mau menyerah begitu saja. Setelah tawarannya ditolak, WBC pun menawarkan dan mengumumkan jika menyiapkan sabuk penghargaan WBC yang dinamai Huichol, yang rencananya akan diberikan kepada pemenang pertarungan dua bintang tinju Meksiko tersebut. Huichol adalah salah satu suku peradaban kuno di Meksiko.

Lantas Canelo menilai jika sabuk Huichol itu merupakan salah satu stratgei WBC untuk memperoleh promosi demi kepentingan kelompok mereka saja. "Sejak awal, WBC ingin terlibat dalam pertarungan ini, dan ketika kami sebagai tim mengatakan tidak, itu tidak akan terjadi, tidak ada WBC, laga ini bukan untuk gelar juara dunia," tutur Canelo kepada Boxing Scene.

"Kami berbicara dengan Mr Sulaiman dan mengatakan kepadanya bahwa dia tidak akan terlibat. Dia kemudian datang kembali dengan sabuk Huichol ini dan saya tahu bahwa dia akan menggunakan itu untuk melawan saya dengan cara yang negatif, untuk membuat saya terlihat seperti orang jahat, bahwa saya tidak ingin berhubungan dengan Huichol," jelas mantan juara dua divisi.

Canelo sangat menolak jika dirinya dianggap tidak menghargai karya Huichol. "Itu tidak benar, justru sebaliknya, seluruh pakaian saya buatan Huichol. Sejak saya berumur 14 tahun, saya berteman dengan orang-orang dari budaya Huichol. Semua pertarungan saya di Nayarit, mereka berada di sana," jelas Canelo, yang juga menambahkan jika sering mengundang orang Huichol serta terdapat petinju Huichol di gym tempatnya berlatih.

WBC, kata Canelo, melakukan semua hal tersebut dengan ditunggangi kepentingan lain. Dalam penilaiannya, terdapat korporasi yang berada di belakang sabuk Huichol tersebut. WBC juga telah melakukan tur, konferensi serta pameran di hotel untuk mengenalkan sabuk itu.



Sumber: Sindonews.com

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 1068 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 1047 kali

sahabat total episode 1