Google Klaim Sistem Keamanan Android Setara Kompetitor

itoday - Kepala keamanan Google David Kleidermacher bila tingkat keamanan android sudah setara dengan kompetitor. Meski tak secara jelas menyebut siapa kompetitor yang dimaksud, namun beberapa pihak memprediksi ucapan Kleidermacher mengarah pada iOS

Bedasarkan laporan kemanan tahunan Google, keamanan Android sudah mengalami peningkatan signifikan dibanding tahun sbeelumnya. Bahkan sebagin besar perlindungan berhasil menjadi pemimpin di kelasnya.

Dalam hal ini, raksasa teknologi asal Amerika Serikat ini juga memaparkan data dari pihak ketiga. Hal ini untuk memperkuat data yang dimiliki perusahaan. 

Selain itu, Google juga melaporkan bahwa perangkat Android yang mengunduh aplikasi hanya dari Google Play Store memiliki peluang sembilan kali lebih sedikit untuk memasang Pottentially Harmful Applications (PHA) atau aplikasi yang berpotensi berbahaya.

Dengan teknologi ini, pengguna juga bisa menemukan perangkat Android yang hilang, dan terlindung dari situs penipuan, serta memanfaatkan sistem yang memiliki fungsi untuk mendeteksi dan menghapus PHA.

Sementara itu selama tahun 2017 lalu, Google juga meyebut telah memperluas pemeriksaan keamanannya untuk secara lebih aktif mengindentifikasi dan menghapus PHA pre-instal pada perangkat Android.

Komentar

Artikel Terkait