Pendiri Apple Tuding Facebook Keruk Uang dengan Bocorkan Data Pengguna

itoday - Akibat bocornya puluhan juta akun pengguna Facebook, salah satu pendiri Apple, Steve Wozniak, menutup akun Facebooknya.

Dalam emailnya kepada USA Today, Wozniak mengatakan Facebook menangguk banyak uang iklan dari rincian informasi pribadi yang diberikan oleh para penggunanya. Dia mengatakan "semua keuntungan dihasilkan dari informasi para pengguna, tapi pengguna tidak mendapatkan sama sekali keuntungan."

Wozniak mengatakan dia lebih memilih membayar Facebook.

"Apple menghasilkan uang dengan dari produk-produk yang bagus, bukan dari Anda," kata dia.

Dalam wawancara di Philadelphia dengan Associated Press, Wozniak mengatakan dia telah beberapa waktu berpikir untuk menghapus akun Facebooknya dan lalu melaksanakan rencananya setelah beberapa teman dekatnya menghapus akun Facebook mereka minggu lalu.

"Ini adalah kemunafikan besar dengan tidak menghormati privasi saya ketika (CEO Facebook Mark) Zuckerberg membeli semua rumah di sekitar dia dan tanah-tanah di sekitar kediamannya di Hawaii untuk menjaga privasinya, Dia tahu nilai privasi, tapi dia tidak menjaga privasi saya " kata Wozniak seperti dilansir dari The Star.

Sebuah perusahaan penambangan data yang terafiliasi dengan kampanye pemilihan presiden Donald Trump dari Partai Republik, mengumpulkan informasi pribadi dari 87 juta pengguna Facebook untuk mempengaruhi hasil pemilu. Facebook, yang bermarkas di Menlo Park, California, telah mengumumkan berbagai perubahan teknis yang bertujuan untuk mengatasi masalah privasi.

Zuckerberg telah meminta maaf dan eksekutif No. 2 di Facebook, Sheryl Sandberg, mengatakan dia minta maaf karena perusahaan sudah mengecewakan banyak orang.

Komentar

Artikel Terkait

Minggu, , 10 Juni 2018 - 00:25 WIB

Tak Mau Kalah, Facebook Luncurkan Pesaing Musical.ly

Jumat, , 08 Juni 2018 - 01:05 WIB

Apple: Kami Tak Pernah Akses Data Facebook