Review Realme 2 Pro: Tetap Terjangkau, Versi Pro Lebih Optimal

Realme 2 Pro

Pada edisi sebelumnya kami sudah mengupas Realme 2, di kesempatan kali ini PULSA kembali akan mengulas smartphone Realme lainnya yang juga baru dilepas di Indonesia. Realme 2 Pro, ini dia smartphone yang akan PULSA ulas di edisi ini. Sekadar informasi, di Indonesia Realme 2 Pro ditawarkan dengan tiga versi berbeda, yakni versi RAM 4GB+64GB (Rp2.899.000), RAM 6GB+64GB (Rp 3.299.000), dan RAM 8GB+128GB (Rp3.699.000).

Memiliki embel-embel ‘Pro’ di belakangnya, perbedaannya dengan Realme 2 tidak hanya datang dari sisi harga, sudah pasti sejumlah peningkatan juga dihadirkan di Realme 2 Pro yang membuatnya layak dijual sedikit lebih mahal dari ‘saudaranya’ tersebut. Untuk mengetahuinya, langsung saja simak uraian berikut.

Paket Penjualan: Handset, Charger, Kabel Data Micro USB, Buku Manual, Kartu Garansi, SIM Ejector
Warna: Black Sea, Blue Ocean, Ice Lake
Harga: Rp2.899.000 (RAM 4GB+64GB), Rp 3.299.000 (RAM 6GB+64GB), dan Rp 3.699.000 (RAM 8GB+128GB)


Desain Elegan

Di sini menariknya, seperti halnya Realme 2, dari sisi tampilan Realme 2 Pro juga bisa dibilang cukup menawan. Sama-sama datang menyuguhkan layar penuh dengan bezel tipis, perbedaan Realme 2 Pro dengan Realme 2 yang terlihat mencolok ada di bagian notch-nya. Realme 2 Pro tampil apik di mana sudah mengadopsi bentuk notch yang terlihat seperti tetesan embun, menyerupai notch pada Oppo F9. Menariknya, Realme 2 Pro sedikit lebih murah dari jagoan Oppo tersebut.

Secara keseluruhan, tampilan bodi Realme 2 Pro tergolong cukup elegan dan enak dilihat. Smartphone ini diracik dengan memadukan bingkai polikarbonat dengan panel belakang berbahan plastik yang dibuat sedemikian rupa sehingga nampak terlihat seperti kaca. Imbasnya, meski smartphone terlihat cukup kinclong, namun juga menjadi sedikit terasa licin dan rentan meninggalkan bekas sidik jari.

Bodi Realme 2 Pro memiliki dimensi 156.7 × 74.0 × 8.5mm dengan berat 174 gram. Dengan layarnya yang berukuran 6.3 inci, dengan rasio 19,5:9 membuat dimensi Realme 2 Pro terlihat ramping memanjang dengan area bezel kiri-kanan-atas yang begitu sempit, kecuali di bagian bawah layar yang sedikit agak tebal. Alhasil, meski bentang layarnya cukup luas, smartphone masih cukup kompak dan masih relatif enak untuk digenggam.

Soal tata letak komponen, dengan mengadopsi layar penuh dengan aspek rasio layar ke bodi hampir 90.8%, pemanfaatan ruang pada Realme 2 Pro terbilang cukup efektif di bagian depan. Praktis, di bagian depan selain layar, kita bisa menemui komponen berupa sensor kamera depan 16 MP yang terdapat di area notch ditemani dengan earpiece dan sensor lainnya. Sementara bagian bawah layar nampak dibiarkan kosong.

Seperti bisa ditemui di Realme 2, tombol power pada Realme 2 Pro juga terletak di ruas sisi sebelah kanan. Sementara di ruas kiri merupakan tempat tombol volume berada berdampingan dengan slot kartu SIM dan micro-SD. Realme 2 Pro juga mengadopsi tiga slot kartu, dua untuk SIM dan satunya lagi untuk micro-SD. Hal ini tentu menjadi kabar gembira bagi pengguna yang ingin mengaktifkan dual-SIM tanpa harus menyingkirkan peran micro-SD untuk menambah kapasitas penyimpanan datanya.

Ruas sisi bagian bawah dari kiri ke kanan kita bisa temui adanya lubang speaker, port micro-USB, lubang mictophone, dan jack audio 3.5 mm. Adapun di bagian belakang, merupakan tempat untuk dua sensor kamera utama beserta LED flash-nya, sensor sidik jari, dan logo Realme di bagian bawahnya.


Layar Penuh dengan Notch ‘Dewdrop’

Tak hanya tampilan bodi, antara Realme 2 Pro dan Realme 2 juga secara kasat terlihat di sektor display, baik dari ukuran, resolusi, hingga bentuk notch (poni) yang diadopsinya. Sebagaimana diketahui, Realme 2 Pro diracik dengan layar berukuran 6.3 inci yang memiliki notch mirip seperti yang digunakan pada Oppo F9, di mana terlihat seperti tetesan embun (dewdrop).

Soal resolusinya, Realme 2 Pro sudah lebih baik dibanding layar Realme 2 yang masih sekelas HD+. Untuk Realme 2 Pro, resolusi layarnya sudah Full HD+ (1080 x 2340 piksel) beraspek rasio 19,5:9, sehingga dari sisi kepadatan, smartphone ini juga sudah lebih baik mencapai 409 ppi. Sementara Realme 2 dengan layar beresolusi 720 x 1520 piksel (HD+) kepadatannya berkisar 271 ppi saja. Dari sini pun sudah bisa dimaklumi bila harga tebusan Realme 2 Pro lebih mahal dari saudaranya tersebut.

Sejurus dengan sajian layar seperti diungkap di atas, soal kinerjanya, layar Realme 2 Pro juga sangat baik. Konten yang tersaji sangat tajam dengan tingkat kecerahan yang juga memadai. Begitupun dengan responsivitasnya, layar Realme 2 Pro juga sangat baik. Terbukti, smartphone ini sudah mendukung akses multi-touch hingga 10 titik secara bersamaan.

Adapun untuk jenis layarnya, Realme 2 Pro mengusung layar IPS LCD sama seperti Realme 2. Hal yang juga dirasakan cukup positif adalah berkat aspek rasionya yang 19,5:9 layar tidak hanya terlihat memanjang, tetapi juga membuat pengalaman yang diberikan juga lebih baik, terutama ketika digunakan untuk menonton atau main game.

Seperti biasa, bagi pengguna yang kurang puas dengan tampilan layar pada versi default, di menu Setting > Display & Brigthness terdapat sejumlah fasilitas yang bisa kita setting untuk mendapatkan tampilan sesuai keinginan. Berturut-turut di halaman ini terdapat sejumlah menu antara lain Auto-Brigthness, Screen Color Temperature Adjusment, Portrait Orientation Lock, Auto Screen Off, Font Size, App Display in Full Screen, dan Night Shield. Fitur yang disebut terakhir, yaitu Night Shield bisa dimanfaatkan pengguna saat beraktivitas di malam hari. Fitur ini berfungsi memberikan perlindungan mata pengguna dari cahaya smartphone yang terlalu terang.

Adapun fasilitas lain yang juga cukup menarik, terutama bagi pengguna yang kurang sreg dengan tampilan homescreen versi default di mana ikon menu tersaji 4 x 6, kita dimungkinkan untuk mengubahnya menjadi 5 x 6. Caranya cukup akses Setting > Homescreen & Wallpaper > Homescreen Layout. Fitur ini juga terdapat di Realme 2.

OS, Antarmuka, dan Security

Untuk urusan software, Realme 2 Pro tertulis sudah menjalankan Android 8.1 Oreo dengan antarmuka hasil custom berupa ColorOS v5.2, kombinasi yang sama juga bisa ditemui di smartphone Oppo F9. Dengan ColorOS 5.2, tampilan smartphone bisa dibilang sudah jauh berbeda dengan smartphone bercitara Android murni. Kendati demikian, yang paling terasa adalah dengan ColorOS v5.2 pengoperasian smartphone juga menjadi lebih simpel dan mudah.

Hal itu lantaran semua ikon menu sudah tersaji di homescreen, kita tinggal melakukan sapuan ke kiri untuk melihat jajaran ikon menu yang lebih lengkap. Sementara dengan melakukan sapuan ke kanan, kita langsung bisa mengakses sebuah fitur bernama Smart Assistant yang berisi sejumlah informasi penting, mulai dari cuaca, kontak favorit, hingga step tracker.

Sejumlah fitur yang ada di Realme 2 juga ditemui di Realme 2 Pro. Seperti Gesture & Motion, di sini terdapat fasilitas yang bisa diaktivasi untuk mengakses aplikasi dengan menggunakan gesture. Selain itu ada juga fitur bernama Smart Driving, sebuah sistem yang akan secara otomatis mengetahui ketika pengguna sedang berkendara dengan mendeteksi perangkat yang terhubung dengan Bluetooth car kit. Fitur ini bisa ditemui dengan mengakses Setting > Smart & Convenient > Smart Driving.

Di Realme 2 Pro pengguna juga bisa memanfaatkan fasilitas seperti App Management, Clone Apps, Game Space, dan App Split-Screen. Sedikit mengenai Game Space, fitur ini bermanfaat bagi pengguna yang suka main game, di mana dengannya pengguna dimungkinkan untuk memilih notifikasi apa saja yang diabaikan ketika sedang bermain game.

Ada satu fitur lain dari Realme 2 Pro yang sepertinya menarik, yakni Smart Sidebar. Posisi Smart Sidebar ini ada di sisi kanan tampilan layar (posisi portrait) atau kiri layar (posisi landscape). Di Smart Sidebar ini, kita bisa menampilkan shortcut untuk kamera, screenshot/screen recorder, messages, Facebook atau aplikasi lain termasuk game. Yang menarik dari fitur ini adalah kita tetap bisa mengatur ikon aplikasi apa saja yang ingin ditampilkan.

Dari sisi keamanan, Realme 2 Pro didukung dengan fasilitas ColorOS safety patch update, yang pada keadaan darurat, sistem operasi pada ponsel dapat secara otomatis mengunduh patches, memperbaiki loopholes, memberhentikan malicious attempt tanpa me-restart perangkat. Selain itu, smartphone ini pun telah didukung oleh fitur keamanan dari sistem operasinya yang tercakup di Setting > Security.

Tentunya, smartphone ini juga sudah didukung dengan fitur keamanan berbasis biometrik, seperti pemindai sidik jari dan AI Face Recognition. Khusus untuk fitur AI Face Recognition, Realme 2 Pro memiliki kemampuan mengidentifikasi 128 titik wajah melalui kamera dengan tingkat presisi yang tinggi dan isa bekerja dalam 0,1 detik. Untuk fitur sidik jarinya, berdasarkan pengalaman responnya cukup cepat dan akurat.


Dual-Camera Belakang

Guna mengakomodasi kebutuhan fotografi penggunanya, Realme 2 Pro menyuguhkan fitur dual-camera belakang dengan konfigurasi 16 MP + 2 MP (depth sensor). Secara detil, sensor utama pada kamera belakang Realme 2 Pro menggunakan sensor 1/2.8 inci Sony IMX 398 dengan 1.12μm unit pixel area. Sensor utama ini juga memiliki bukaan f/1.7 yang diharapkan bisa diandalkan untuk membidik gambar pada kondisi minim cahaya. Adapun sensor sekundernya yang memiliki resolusi 2 MP lebih berperan sebagai pendeteksi kedalaman objek dalam mode portrait.

Soal antarmuka kameranya, bisa dibilang apa yang tersaji di menu kamera Realme 2 Pro lebih kurang seperti yang bisa ditemui pada Realme 2. Sebagian pengaturan kamera berada di sisi kiri, sementara di sisi kanan kita bisa menemui adanya tombol rana, switch kamera (depan/belakang), zoom, AI Smart Beauty, mode beutification (6 level), serta sejumlah mode lainnya. Hanya saja pada Realme 2 Pro terdapat dua mode menarik, seperti 2x telephoto zoom dan mode blur.

Berbekal sensor kamera beresolusi 16 MP + 2 MP dengan segala fitur yang dibawanya, aktivitas fotografi menggunakan Realme 2 Pro sudah sangat memadai. Hasil bidik, terutama di area outdoor siang hari, hasil tangkapan sangat maksimal dengan kontras dan sajian warna yang akurat. Adapun ketika digunakan untuk mengambil foto di area indoor dengan kondisi cahaya minim, secara keseluruhan hasilnya juga tidak terlalu mengecewakan.

Hasil foto kamera belakang - indoor

Hasil foto kamera belakang - outdoor

Untuk selfie, Realme 2 Pro kembali berada di atas Realme 2 di mana smartphone ini sudah menyuguhkan sensor beresolusi lebih tinggi, yakni 16 MP (f.2.0) berbanding 8 MP (f/2.2) milik ‘saudaranya’ itu. Ciri khas yang biasa tersaji di smartphone Oppo ternyata diboyong kembali ke Realme 2 Pro. Yup, alih-alih menggunakan LED flash, untuk memaksimalkan hasil foto selfie pada cahaya minim, Realme 2 Pro dibekali fitur screen flash yang menggunakan cahaya layar sebagai media untuk meningkatkan pencahayaan.

Soal hasil bidiknya, kamera depan pada Realme 2 Pro sudah bisa diandalkan untuk mengambil gambar dengan kualitas cukup baik. Hasil foto terlihat detail, jernih, dan natural. Kecuali Anda kurang puas dengan pengaturan default, Anda bisa memakai alat bantu berupa mode beautification dengan pengaturan AI. Sekedar untuk lucu-lucuan kita juga bisa memanfaatkan fasilitas sticker yang tersedia.

Hasil foto kamera depan - selfie


Snapdragon 660 AIE

Memiliki embel-embel Pro dari sisi penyokong performa, Realme 2 Pro juga sudah lebih baik dibanding dengan Realme 2. Diketahui, kinerja Realme 2 ditopang oleh prosesor Qualcomm seri 400, tepatnya Snapdragon 450 yang memiliki kecepatan 1.8 GHz. Sementara Realme 2 Pro, mengusung prosesor octa-core Qualcomm Snapdragon 660 AIE berkecepatan octa-core 1.95 GHz yang ditandem dengan pengola grafis Adreno 512.

Dari besaran RAM yang diusungnya, smartphone ini datang dalam tiga versi berbeda yakni kombinasi RAM 4GB+64GB, RAM 6GB+64GB, dan RAM 8GB+128GB. Adapun versi yang PULSA review kali ini adalah versi tertinggi, yakni Realme 2 Pro dengan RAM 8 GB dan memori internal 128GB. Apiknya lagi, dengan memori internal yang sudah cukup lapang, Realme 2 Pro masih menyediakan slot kartu microSD yang bisa menambah kapasitas penyimpanannya hingga 256GB.

Berkaca dari spesifikasi jeroan yang dibawa, secara keseluruhan kinerja Realme 2 Pro terbilang mumpuni untuk meladeni berbagai aktivitas pengguna. Jangankan aktivitas yang tergolong standar, untuk aktivitas relatif berat, seperti untuk bermain game kelas HD, menggunakan Realme 2 Pro permainan bisa dinikmati dengan sangat baik lantaran tidak terkendala adanya hambatan seperti lag, dan sebagainya.

Sejurus dengan itu, hasil tes sejumlah software benchmark juga menunjukkan apiknya kinerja Realme 2 Pro. Ambil contoh, ketika diuji dengan software benchmark AnTuTu, skor Realme 2 Pro ada di kisaran 131878, jauh di atas Realme 2 yang skor benchmark-nya ada di angka 75539. Dalam hal kinerja grafisnya, berdasarkan tes yang dilkaukan dengan dengan software 3D Mark, tercatat skor benchmark Realme 2 Pro berada di angka 1228 (Sling Shot Extreme – OpenGL ES 3.1) dan 964 (Sling Shot Extreme – Vulcan).

Dengan segala kelebihan yang dibawa, dari sektor penyuplai daya, Realme 2 Pro ternyata memiliki baterai dengan kapasitas di bawah Realme 2. Sebagaimana diketahui Realme 2 hadir mengemas baterai dengan kapasitas 4230 mAh. Sementara untuk Realme 2 Pro, kapasitas baterainya 3500 mAh. Meski tak sebesar baterai Realme 2, penyuplai daya pada Realme 2 Pro sudah memadai untuk menghidupi perangkat seharian. Perlu dicatat, Realme 2 Pro mengusung chip Qualcomm Snapdragon 660 AIE yang diklaim dapat mengontrol konsumsi daya dan fitur AI, membuat baterai Realme 2 Pro dapat bertahan tanpa pengisian ulang saat digunakan sepanjang hari. Silakan merujuk ke tabel tersaji untuk melihat persentase pengurangan daya baterai di berbagai aktivitas yang dilakukan selama satu jam.

Kesimpulan

Jika sekedar dibandingkan dengan Realme 2, tentu Realme 2 Pro berada di atasnya. Sehingga wajar bila smartphone ini lebih mahal.

Adapun bila dihadapkan dengan kompetitor lain, menurut hemat penulis sebagai pendatang baru, Realme 2 Pro punya segudang amunisi untuk menggebrak pasar. Bayangkan dengan harga tebusan Rp3.699.000 untuk versi tertinggi (RAM 8GB+128GB), kita sudah bisa membawa pulang smartphone dengan tampilan menarik, kamera berkualitas, RAM dan memori internal lega, serta performa yang juga tak mengecewakan. Sehingga tidak sulit untuk mengatakan Realme 2 Pro sepertinya bisa menjadi pesaing tangguh bagi produk kompetitor lain di segmen harganya. Menurut Anda?

 

Komentar

Artikel Terkait