Hands-on: Realme C1, Ada Apa di Balik Harga Murahnya?

Realme C1

Masuk ke Indonesia, Realme langsung menggebrak lewat tiga produk baru, dengan satu di antaranya adalah Realme C1. Smartphone ini cukup menyita perhatian, lantaran posisinya yang masuk ke segmen entry-level, namun dari sisi desain dan spesifikasi yang dibawa tergolong apik. Lalu, apa saja yang ditawarkan Realme C1 yang dibanderol Rp1.399.000 di Tanah Air, simak saja uraian berikut ini.

Desain
Dari sisi desain antara Realme C1 dan Realme 2, ternyata punya banyak kemiripan. Paling kasat mata, Realme C1, sebagaimana Realme 2 sudah mengadopsi layar notch dengan bentuk atau pola yang juga mirip. Hanya saja, dengan banderolnya yang cuma Rp1,4 juta, Realme C1 masuk kategori ponsel dengan layar berponi termurah, setidaknya untuk saat ini.

Secara keseluruhan, dengan layarnya yang berukuran 6.2 inci beraspek rasio 19:9, bodi Realme C1 memiliki dimensi 156.2 x 75.6 x 8.2 mm dan tergolong masih cukup kompak. Di bagian depan, panel layar Realme C1 nampak terlihat sudah mengadopsi kaca lengkung 2.5D yang membuatnya cukup elegan. Sementara bagian panel belakangnya mengadopsi bahan plastik yang disapu dengan warna hitam glossy menjadikannya kinclong sekaligus licin ketika digenggam. Untungnya dalam paket penjualannya smartphone ini disertai dengan softcase.

Tidak ada perbedaan antara Realme C1 dan Realme 2 dalam hal tata letak komponen di area luar. Di area notch, kita bisa menemui lubang suara (earpiece) di bagian tengah yang diapit dengan sensor kamera selfie. Sementara bagian bawah layar di biarkan kosong tidak ada tombol apa pun.

Selebihnya, kita temui semua komponen seperti tombol power di ruas sisi sebelah kanan. Sementara di ruas kiri merupakan tempat tombol tombol volume berada berdampingan dengan slot kartu SIM dan micro-SD. Menyisir ruas sisi bagian bawah, di sini terlihat berturut-turut dari kiri ke kanan ada lubang speaker, port micro-USB, lubang mictophone, dan jack audio 3.5 mm. Adapun di bagian belakang, merupakan tempat untuk dua sensor kamera utama beserta LED flash-nya, sensor sidik jari, dan logo Realme di bagian bawahnya.

Display
Seperti telah disebutkan, Realme C1 diracik dengan layar berukuran 6.2 inci dengan notch (poni) di atasnya dan memiliki resolusi 720 x 1520 pixels dan aspek rasio 19:9. Bisa dibilang di sektor display antara Realme C1 dan Realme 2 tidak menyuguhkan perbedaan. Layar Realme C1 telah dilapisi anti gores Corning Gorilla Glass generasi ketiga. Sementara, bentang layarnya yang lapang menawarkan rasio layar ke bodi mencapai 88,8%.
Dengan layarnya yang lebar, keuntungannya pengguna akan mendapatkan pengalaman visual yang mendalam saat bermain game dan menonton video. Adapun secara umum, kinerja layar Realme C1 tergolong dari sisi ketajaman dan responsivitasnya tergolong cukup baik.

Realme C1 menjalankan Android 8.1 Oreo yang dipermanis dengan ColorOS v5.1 yang membuat pengoperasian smartphone menjadi lebih simpel dan mudah. Hal itu lantaran semua ikon menu sudah tersaji di homescreen, kita tinggal melakukan sapuan ke kiri untuk melihat jajaran ikon menu yang lebih lengkap. Sementara dengan melakukan sapuan ke kanan, kita langsung bisa mengakses sebuah fitur bernama Smart Assistant yang berisi sejumlah informasi penting, mulai dari cuaca, kontak favorit, hingga step tracker.

Sejumlah fitur bermanfaat ikut diboyong Realme 2 untuk mempermudah pengguna untuk melakukan hal-hal tertentu. Seperti Gesture & Motion, di sini terdapat fasilitas yang bisa diaktivasi untuk mengakses aplikasi dengan menggunakan gesture.
Adapun untuk keamanan selain telah didukung oleh fitur keamanan dari sistem operasinya yang tercakup di Setting > Security, tak ketinggalan smartphone ini juga sudah didukung dengan fitur keamanan Face Recognition.

Kamera
Guna menjawab kebutuhan pengguna untuk urusan fotografi, Realme C1 dikemas dengan dual-camera belakang 13 MP + 2 MP yang katanya sduah dipadukan dengan algoritma software yang disesuaikan. Sehingga menjadikan pemotretan mode portrait memiliki kontur yang lebih jelas dan latar belakang buram lebih alami. Kamera pada Realme C1 juga telah memiliki fitur PDAF, meningkatkan kecepatan fokus, memperpendek waktu fokus, dan menangkap setiap detik yang indah.

Untuk yang gemar selfie, smartphone ini dibekali dengan kamera depan 5MP yang sudah disokong dengan fitur AI Beauty yang memiliki 296 titik pengenalan yang secara cerdas mengenali jenis kelamin, usia, warna kulit, dan bahkan jenis kulit melalui algoritma AI, dan secara akurat mengidentifikasi dan menawarkan 8 juta pilihan efek beautification yang dapat dipersonalisasikan. Intelligent AI Beauty akan merekam dan mempelajari kebiasaan pengeditan foto pengguna di galeri foto dan menerapkan kebiasaan mengedit tersebut saat mengambil foto.

Jeroan
Masuk kategori smartphone entry-level, daya gedor Realme C1 ditopang oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 450 berkecepatan 1.5GHz. Chip sama diketahui juga digunakan di Realme 2. Perbedaannya, Realme C1 datang dengan RAM dan memori internal lebih kecil. Ya, Realme C1 didukung dengan RAM 2GB dan memori internal 16 GB yang bisa diperluas via kartu microSD hingga 256GB.

Di sini menariknya, meski banderolnya relatif miring, selain diracik dengan desain kekinian, smartphone ini juga memiliki kelebihan dari sektor penyuplai daya. Dalam hal ini, Realme C1 dikemas dengan baterai 4.230 mAh yang telah dilengkapi dengan AI Power Master, untuk penghematan daya dan umur baterai. Misalnya, App-freezing Power Saver dan Quick App Freezing akan membantu mengurangi konsumsi daya secara keseluruhan. (Ozi)

 

 

Komentar

Artikel Terkait

Senin, , 12 November 2018 - 13:12 WIB

Sstt! Ini Capaian Realme di Harbolnas 11.11