Cara Mudah dan Aman Melegakan Memori Smartphone

itoday - Pernah gak Anda mengalami ketika akan melakukan update aplikasi, tapi tiba-tiba memori tidak cukup alias memori penuh? Pasti sebelkan, apalagi jika Anda tidak bisa membuka aplikasi tersebut gara-gara belum bisa diperbaharui.

Memori ponsel penuh bisa disebabkan oleh banyak faktor. Bisa karena menumpuknya file sampah, banyaknya file duplicate, atau karena file cache yang cukup besar menempati ruang penyimpanan ponsel.

Pertanyaannya, ada gak sih cara sederhana dan mudah untuk mengakali dan melegakan memori smartphone yang mulai membuat kinerja ponsel jadi lemot? Jawabannya, tentu saja ada.

Umumnya, selain dengan cara menghapus langsung file-fie bermasalah di atas secara manual, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Hanya saja, jika menggunakan cara manual Anda membutuhkan waktu yang cukup banyak untuk menemukan satu-persatu file tersebut. Menggunakan aplikasi pihak ketiga juga kadang malah menimbulkan permasalahan baru. Diantaranya, sering memunculkan pop-up iklan yang mengganggu dan sebagainya.

Nah, di tips kali ini PULSA mau membagikan cara yang lebih sederhana dan tentunya lebih aman. Anda bis memanfaatkan aplikasi resmi Google bernama Files. Aplikasi ini sebelumnya dinamakan File Go. Tampil dengan interface yang lebih sederhana namun cukup interaktif, Files by Google ini menawarkan 3 fungsi utama yakni mengosongkan ruang memori, menemukan file lebih cepat dan berbagi file secara offline.

Menariknya, aplikasi Files by Google ini memiliki file installer yang tergolong kecil. Jadi, untuk smartphone yang punya memori minim sekali pun bisa dengan mudah menginstal Files by Google.

Sesuai topik tips kali ini, PULSA akan mengangkat fitur utamanya yakni mengosongkan ruang memori dan melegakannya untuk meningkatkan performa ponsel.

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh dan menginstal aplikasi Files by Google dari Play Store.

2. Jika sudah terinstal, buka aplikasi Files dan berikan otorisasi untuk dapat mengakses storage (ruang penyimpanan)

3. Proses berikutnya, aplikasi Files akan menampilkan daftar file yang bisa dieksekusi untuk melegakan memori smartphone. File-file tersebut tersusun dalam beberapa folder yang cukup mudah ditelusuri, dan tentunya sesuai dengan jenis masing-masing file.

4. Untuk mulai mengosongkan memori, Anda tinggal memilih folder yang diinginkan. Contohnya “Junk files”.

5. Selanjutnya, Anda akan dibawa lebih dalam untuk menentukan mana saja file yang ingin dihapus.

6. Tinggal tap toggle bar di file tersebut untuk memilihnya dan tap “Clear” untuk mulai menghapus file-file tersebut.

7. Sampai tahap ini, proses sudah selesai dan memori ponsel akan mulai lega kembali.

8. Supaya lebih lega lagi, Anda bisa melakukan hal yang sama untuk file-file lainnya.

Demikian cara mudah dan aman untuk melegakan memori smartphone Android yang Anda miliki menggunakan aplikasi Files by Google.

 

Sumber: tabloidpulsa/Hairuddin Ali

Komentar

Artikel Terkait