Mengaktifkan dan Memanfaatkan Emergency SOS di OPPO A7

itoday - Dari sekian banyak fitur dan fasilitas yang ada di smartphone, pastinya masih ada saja yang belum sepenuhnya dieksplorasi. Bahkan, jarang sekali dimanfaatkan. Padahal, bisa jadi fitur-fitur tersebut sangat penting loh. Salah satu contohnya adalah SOS Message atau Emergency SOS.

Fitur yang bisa digunakan dalam kondisi darurat ini sejatinya memang tidak selalu tersedia di tiap smartphone. Hanya beberapa vendor saja yang masih menyertakannya secara default, itu pun untuk tipe-tipe tertentu.

Secara fungsi, Emergency SOS bisa dimanfaatkan untuk panggilan darurat ke nomor-nomor khusus secara cepat dan tanpa koneksi data atau pun pulsa telpon. Bisa juga pesan singkat yang isinya menginformasikan kondisi darurat yang sekaligus disertai data lokasi.

Emergency SOS ini sangat berguna misalnya ketika Anda berada dalam kondisi terpojok karena ada orang yang ingin melukai, sementara Anda sendiri tidak memungkinkan untuk melakukan panggilan telpon secara langsung.

Nah, lewat fitur Emergency SOS ini Anda hanya perlu menekan tombol power ponsel beberapa kali untuk langsung mengaktifkan dan mengirimkan pesan darurat.Jadi, selain sederhana ternyata fitur ini memang cukup penting untuk dimanfaatkan.

Saat ini, salah satu smartphone yang menyertakan fitur Emergency SOS adalah OPPO A7. Smartphone kelas mid-low OPPO ini memang cukup diminati. Selain banderolan harganya yang cukup terjangkau, spesifikasi yang dibawanya pun tergolong menarik.

Tidak perlu berpanjang lebar, untuk Anda para pengguna OPPO A7 yang ingin memanfaatkan fitur Emergency SOS bisa mengikuti cara mengaktifkannya berikut ini:

1. Masuk ke opsi Settings, dan pilih Security. Di dalamnya, Anda akan menemukan pilihan Emergency SOS

2. Pilih Emergency SOS dan lakukan konfirmasi terkait Syarat dan ketentuannya > Agree

3. Selanjutnya, Anda akan dibawa ke bagian pengaturan Emergency SOS. Di sini, Anda harus mengaktifkan beberapa opsi penting seperti “Press the power button repeatedly for Emergency call”, “Send SOS Message” dan lain-lain sesuai kebutuhan.

4. Jika sudah, langkah berikutnya adalah menambahkan nomor penting selain yang sudah tersedia. Opsi ini bisa diterapkan untuk kontak orang-orang terdekat. Tap “Emergency Numbers”. Di bagian ini, Anda akan melihat daftar kontak default nomor-nomor penting semisal Polisi, Ambulan dan pemadam kebakaran.

5. Jika ingin menambahkan kontak darurat orang terdekat, tinggal pilih “Add emergency contact” bertanda plus (+). Kemudian, tambahkan nomor telpon yang tersedia di daftar phonebook.

6. Selesai. Anda pun sudah bisa memanfaatkan fitur Emergency SOS di OPPO A7 ini.

Untuk pengoperasiannya, Anda tinggal menekan tombol power sebanyak 5 kali untuk melakukan panggilan darurat sekaligus mengirimkan SMS (pesan) SOS ke nomor yang sudah didaftarkan. Di nomor darurat tersebut, akan terkirim SOS Message yang disertai peta lokasi.

Semoga tips mengaktifkan dan memanfaatkan fitur Emergency SOS di OPPO A7 ini bisa bermanfaat.

 

Sumber: tabloidpulsa/Hairuddin Ali

Komentar

Artikel Terkait

Selasa, , 19 Februari 2019 - 04:04 WIB

Oppo A7 dan Xiaomi Mi A2 Lite Kembali Turun Harga

Kamis, , 20 Desember 2018 - 06:18 WIB

Mengaktifkan dan Memanfaatkan Emergency SOS di OPPO A7

Senin, , 24 Juli 2017 - 10:26 WIB

Oppo A77 Versi Baru Pakai Snapdragon 625