Intel Kolaborasi dengan Facebook untuk Memproduksi Chip AI

itoday - Di event CES 2019 di Las Vegas, Intel dilaporkan tengah menjalin kerja sama dengan Facebook untuk membangun dan memproduksi  chip kecerdasan buatan (AI) yang akan siap pada paruh kedua tahun ini. Hal ini akan menjadi pertaruhan besar bagi  Intel untuk mempertahankan posisi kepemimpinannya di segmen pasar TI yang tumbuh dengan sangat  cepat.

Seperti dikutip PULSA dari Reuters (via Androidpit), chip hasil kolaborasi Intel dan Facebook  ini akan membantu para peneliti yang  disebut "inferensi" suatu proses yang menggunakan kecerdasan buatan (AI)  yang akan secara otomatis melakukan algoritme kompleks yang sudah menjadi dasar untuk membantu pengenalan  fitur sosial, seperti pengenalan wajah dan penandaan (tagging) otomatis teman Anda.

Intel saat ini mendominasi pasar inferensi pembelajaran otomatis, yang sebelumnya digeluti  Nvidia, yang telah meluncurkan chip AI. Pada November 2018 lalu, Amazon juga pernah mengatakan bahwa  mereka  membuat chip serupa. Namun, hal tersebut  tidak akan menimbulkan “ancaman” bagi Intel.  Karena  bagi dua pesaing yang disebutkan di atas, bermaksud untuk menggunakannya untuk layanan mereka sendiri . Terlebih Amazon lebih suka menjual layanan berbasis cloud-nya, ketimbang  berencana untuk  menjual komponen  chip berbasis AI.

Masih di event CES 2019, Intel juga telah mengumumkan  kemitraannya dengan Dell, yang akan menjadi salah satu merek   laptop generasi pertama  yang akan  menjalankan  chip generasi terbaru  Intel  di jajaran laptop Dell  XPS.(Nariswari)

 

(Sumber)

Komentar

Artikel Terkait

Sabtu, , 09 Maret 2019 - 10:36 WIB

Facebook Bakal Rombak Layanannya