Hati-Hati Pakai Aplikasi Beauty Camera, Ini Alasannya!

itoday - Mempercantik atau menambah kegantengan sekarang bisa cukup dengan bermodal aplikasi beauty camera. Paing tidak, penampilan di foto jadi terlihat beda, bahkan beda banget!. Tapi yang mesti Anda perhatikan adalah aplikasi ini akan meminta izin untuk mengakses foto dan kamera Anda. Ya, memang masuk akal, sebab tanpa izin ini aplikasi tidak akan berfungsi.

Sebagian orang menanggap tak masalah dengan izin aplikasi yang diminta, tapi jika diketahui bahwa ada aplikasi beauty camera yang bisa mencuri foto penggunannya, mungkin akan berpikir ulang. Setidaknya ini yang dilaporkan oleh Trend Micro yang menemukan ada 29 aplikasi jahat di Google Play Store yang menyamar sebagai aplikasi kamera kecantikan, hanya untuk phishing dan mencuri foto pengguna. Aplikasi ini ternyata telah diunduh jutaan kali dan baru-baru ini akhirnya dihapus oleh Google.

Cara aplikasi ini mencuri foto adalah ketika pengguna mengunggah foto untuk menambahkan filter, lalu aplikasi tersebut akan mengunggah gambar ke server miliknya. Setelah itu pengguna mendapat pesan seakan terjadi kesalahan dan meminta untuk memperbarui aplikasi tersebut, tetapi pada saat yang sama foto dikirim ke orang lain.

Beberapa aplikasi bahkan meneruskan pengguna ke situs web phishing untuk mencuri informasi mereka, dan juga memuat iklan di layar penuh, beberapa di antaranya berisi iklan porno. Bahkan yang lebih buruk lagi, aplikasi ini juga diberikan ulasan palsu bintang 5 agar terlihat lebih meyakinkan.

 

(Sumber)

Komentar

Artikel Terkait

Senin, , 04 Februari 2019 - 11:46 WIB

Hati-Hati Pakai Aplikasi Beauty Camera, Ini Alasannya!

Telah dilihat : 469 kali

Wawancara yang Aneh - Pak Leman Eps #3

Telah dilihat : 454 kali

Kambing Naik Alphard