Viral! #uninstallbukalapak, Ada Apa?

itoday - Marak berita viral Tagar #uninstallbukalapak menjadi tren di Indonesia sejak satu jam berakhir. Tagar ini awalnya digunakan untuk gerakan menghapus aplikasi Bukalapak. 

Sejumlah netizen yang kecewa dan kurang berkenan dengan sebuah cuitan dari pendiri dan CEO Bukalapak Achmad Zaky di Twitter.

Dalam sebuah cuitannya, Zaky sempat memunculkan perbandingan soal dana riset soal industri 4.0, yang menempatkan Indonesia di posisi ke-43. Yang lantas disoal oleh netizen adalah adanya tulisan "mudah2an presiden baru bisa naikin" di bagian bawah cuitannya.

Yang tidak berkenan dengan tulisan itu, karena menganggap pernyataan Zaky bernuansa politis, kemudian ramai-ramai mengampanyekan #uninstallbukalapak. Saat ini tagar itu sudah menembus tak kurang dari 3.567 tweet dan masuk jadi jajaran trending topic Twitter di Indonesia.

Selain mengomentari pernyataan Achmad Zaky seraya mengusung tagar #uninstallbukalapak tersebut, ada pula netizen yang menyertakan tangkapan layar benar-benar sedang melakukan uninstall terhadap aplikasi Bukalapak di perangkatnya.

Dalam cuitan sebelumnya, Zaky menyebut bahwa anggaran riset dan pengembangan industri 4.0 Indonesia sangat rendah ketimbang negara lain. Menurutnya, hal ini akan menghambat semangat untuk mengembangkan industri 4.0. 

Pendukung Jokowi menyebut Zaky seperti anak yang lupa dengan bapaknya. Sebab, mereka menganggap selama ini Jokowi telah mendukung perkembangan industri digital. Sementara cuitan Zaky dianggap tidak tahu berterimakasih atas dukungan tersebut. 

Dilain Pihak adapula yang merespon dengan bijak, menurut mereka tiap orang bebas menyatakan pendapatnya. 

 

Berbagai Sumber

Komentar

Artikel Terkait