Cara Mudah Menghapus Aplikasi Bawaan Ponsel

Untuk Anda yang punya ponsel dari luar negri atau yang memiliki garansi internasional, biasanya akan menemukan beragam aplikasi bawaan yang kerap tidak terlalu dibutuhkan. Seringkali pula, aplikasi-aplikasi tersebut menjadi ‘biang kerok’ kecilnya ruang penyimpanan file (memori) ponsel, yang imbasnya dapat menurunkan kinerja ponsel secara keseluruhan alias bikin ponsel lemot.

Di kondisi yang lebih ekstrim, ternyata aplikasi-aplikasi bawaan tersebut pun tidak bisa dengan mudah untuk dihapus alias di-uninstall. Cara yang umum dilakukan adalah dengan ‘menghapus paksa’ dari sistem utama ponsel. Ini memerlukan akses ke jeroan lebih dalam lagi yang tentunya mengharuskan ponsel di-root-ing, untuk membuka Super User.

Tapi untuk Anda yang tidak ingin dipusingkan dengan proses rooting, sebenarnya masih banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghapus aplikasi-aplikasi bawaan ponsel yang mengganggu.

Kali ini, kami akan mencoba mengulas kembali cara mudah untuk menghapus aplikasi bawaan di ponsel Android yang tidak memungkinkan untuk secara langsung di-uninstall.

Buat yang penasaran, simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh aplikasi pihak ketiga yakni CCleaner dari Play Store, dan menginstalnya ke ponsel.

2. Jika sudah, buka dan operasikan aplikasi tersebut. Di langkah awal, Anda akan diminta untuk memulai dengan mentap opsi “Get Started”, dan pilih versi gratisan saja.

3. Sebelum masuk lebih jauh, Anda akan diminta untuk memberikan akses permission atau ijin untuk aplikasi CCleaner mengakses sistem ponsel (media, photo, file dan sebagainya). Tap “Allow”.

4. Selanjutnya, Anda akan menemukan sejumlah fungsi yang ditawarkan oleh aplikasi CCleaner. Kemudian, tap menu utama aplikasi CCleaner berupa ikon tiga garis di pojok kiri atas.

5. Pilih App Manager, dan sistem aplikasi CCleaner akan menampilkan daftar aplikasi apa saja yang ada di ponsel.

6. Untuk mulai menghapus aplikasi-aplikasi bawaan yang tidak dibutuhkan, Anda tinggal memilih mana saja aplikasi tersebut.

7. Berikutnya, tap ikon tiga titik yang ada di bawah untuk memunculkan pop-up menu tambahan. Pilih “Remove from Device”.

8. Selanjutnya, tap “Delete” untuk menghapus aplikasi yang sudah dipilih, dan tap “Uninstall” untuk mulai menghapusnya.

Selesai, aplikasi-aplikasi bawaan yang menyesakkan ruang memori ponsel pun sudah berhasil dihapus. Cara ini secara tidak langsung juga bisa dimanfaatkan untuk melegakan memori ponsel.

Selamat mencoba!

Sumber: tabloidpulsa.co.id

Tags #ccleaner

Komentar

Artikel Terkait

Jumat, , 08 Maret 2019 - 07:47 WIB

Cara Mudah Menghapus Aplikasi Bawaan Ponsel