Mengirim Pesan WhatsApp Tanpa Mengetik

Saat ini, WhatsApp bisa dibilang sudah menjadi layanan pesan singkat yang paling banyak digunakan. Bahkan, untuk beberapa kalangan malah dijadikan pengganti SMS.

Hingga saat ini, tercatat sudah banyak fitur WhatsApp yang sangat bermanfaat bagi penggunanya. Mulai dari pesan teks, pesan suara (voice note) hingga fitur panggilan video. Hanya saja, makin beragamnya fasilitas yang ditawarkan, makin banyak pula tuntutan yang diminta para penggunanya. Salah satu yang cukup menarik adalah “Bisa gak sih kirim pesan WhatsApp tanpa harus mengetik?”

Untuk menjawab kebutuhan tersebut, WhatsApp baru-baru ini menghadirkan fitur baru yang disebut Dictation. Fitur ini sejatinya terintegrasi dengan keyboard virtual dan memiliki konsep yang serupa dengan virtual assistant.

Dengan memanfaatkan fitur ini, pengguna WhatsApp bisa mengirim pesan ke orang lain tanpa harus mengetikan pesan tersebut. Cukup dengan mengucapkannya, pesan tersebut akan secara otomatis akan langsung diterjemahkan kedalam format teks.

Untuk Anda yang penasaran gimana cara penggunaannya, bisa menyimak tips berikut ini.

1. Sebelum Anda memulai, pastikan aplikasi WhatsApp yang ada di smartphone sudah yang versi paling baru. Jika belum, sebaiknya lakukan update dengan masuk ke Play Store.

2. Proses kedua yang juga cukup penting, pastikan keyboard virtual Anda diatur dan disesuaikan dengan bahasa yang digunakan.

3. Jika kedua ritual diatas sudah aman, langkah selanjutnya buka WhatsApp yang sudah diperbaharui.

4. Berikutnya, cari dan buka kontak WhatsApp yang ingin diajak ngobrol.

5. Tap area pengetikan pesan untuk memunculkan keyboard virtual. Nah, di WhatsApp update-an terbaru akan muncul ikon microphone di bagian keyboard, posisinya persis di bawah microphone untuk voice note whatsApp biasa.

6. Untuk mulai mengirim pesan WhatsApp tanpa mengetik, tekan ikon microphone ‘kecil’ di area keyboard hingga muncul pesan “Speak now”. Selanjutnya, ucapkan pesan yang ingin dikirimkan.

7. Sistem WhatsApp akan secara otomatis memproses ucapan Anda dan akan muncul di area pengetikan pesan.

8. Jika pesan tersebut sudah sesuai, tinggal tekan tombol ‘Send’ untuk mengirim pesan tersebut.

Demikian cara mudah untuk mengirim pesan WhatsApp tanpa harus mengetikan pesan terlebih dahulu. Bisa menghemat waktu juga ya kan!

Selamat mencoba! (@hairuddin_ali)

Sumber: tabloidpulsa.co.id

Sumber Gambar: tabloidpulsa.co.id / whatsapp

Tags #whatsapp

Komentar

Artikel Terkait