Cara Mudah Blokir Facebook Orang Lain

Berdasarkan data riset dari perusahaan Media We Are Social, ada sekitar 150 juta pengguna media sosial di Indonesia hingga awal 2019 ini. Angka ini meningkat 20 juta pengguna dibanding tahun 2018. Dan Facebook menjadi layanan media sosial yang paling banyak digunakan, dengan penetrasi 81%.

Tingginya pengguna Facebook tidak menutup kemungkinan banyak pula akun-akun ‘jahat’ yang mengincar para pengguna. Bahkan, di beberapa Negara lain tercatat sudah banyak kejahatan seperti penculikan yang korbannya diincar lewat Facebook.

Untuk melindungi para penggunanya, Facebook sendiri sudah sejak lama menanamkan fitur keamanan yang cukup berlapis, termasuk diantaranya dengan menghadirkan fitur ‘Block’. Fasilitas ini menawarkan pengguna kemampuan untuk melakukan pemblokiran akun-akun yang dirasa berbahaya atau tidak disukai.

Di Indonesia sendiri, fitur ini kerap dimanfaatkan oleh sebagian pengguna untuk memblokir orang yang tidak disukai, mantan atau bahkan yang tidak sepaham. Yang terakhir biasanya terkait pandangan politik yang bersebelahan. Apalagi, saat ini tengah hangat soal kampanye dan Pemilihan Legislatif (Pileg) serta Pemilihan Presiden (Pilpres) yang akan digelar pada 17 April 2019 mendatang.

Kembali lagi dengan masalah pemblokiran akun Facebook, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk Anda yang masih bingung caranya.

Cara Pertama, Blokir Facebook Orang lain lewat aplikasi smartphone

Metode ini bisa dibilang paling mudah, karena hanya membutuhkan setidaknya tiga langkah saja untuk bisa mengeksekusinya. Begini caranya:

1. Buka dan masuk ke akun aplikasi Facebook yang ada di smartphone. Setelah login, cari akun Facebook orang yang ini diblokir. Bisa memanfaatkan tab search yang ada di bagian atas tampilan Facebook.

2. Setelah akun orang tersebut terbuka, tap pilihan ‘More’ yang ditandai dengan ikon titik tiga.

3. Terakhir, tap opsi ‘Block’ dan konfirmasi pilihan Anda tersebut dengan menekan kembali pilihan ‘Block’ di pop-up notifikasi yang muncul untuk melakukan pemblokiran.

Langkah lain yang juga bisa dilakukan untuk memblokir Facebook orang lain lewat aplikasi Facebook smartphone:

a. Setelah login di akun Facebook Anda, masuk ke pengaturan umum Facebook yang ditandai dengan ikon tiga garis di pojok kanan atas. Cari dan tekan tab Settings.

b. Di bagian Privacy, tap ‘Blocking’.

c. Tekan tanda plus (+) atau Add to Blocked List. Selanjutnya cari akun Facebook orang yang ingin diblokir, dan tap ‘Block’ untuk memblokirnya.

Cara Kedua, Blokir Facebook Orang Lain Lewat Browser Ponsel

Metode ini bisa dilakukan jika Anda tidak memiliki aplikasi Facebook di ponsel. Cara melakukan proses blokir pun tidak terlalu sulit.

1. Ketik www.facebook.com di browser ponsel. Login menggunakan akun Facebook Anda. Masuk ke menu utama Facebook, cari tab Settings.

2. Di bagian Privacy, tap ‘Blocking’.

3. Cari akun orang yang ingin diblokir, tekan Block untuk memblokirnya.

Demikian cara mudah untuk memblokir akun Facebook orang lain.

Selamat mencoba!

Tags #facebook

Komentar

Artikel Terkait