Advan S6 Plus: 800 Ribuan dengan Android GO dan Layar FullView

Setelah meluncurkan dan memasarkan smartphone Android Go pertamanya pada akhir tahun 2018 yang lalu, Advan yang merupakan vendor ponsel yang masih eksis hingga saat ini kembali menghadirkan smartphone Android Go terbarunya yang bernama Advan S6 Plus. Tak jauh berbeda dari pendahulunya, smartphone ini dibekali dengan spesifikasi serta fitur yang disesuaikan dengan harga jualnya yang sangat terjangkau di kelasnya.

Advan S6 Plus tiba di pasaran dengan harga resmi Rp 888.000, namun selama promosi dengan menggandeng Tokopedia, Advan S6 Plus bisa didapatkan hanya dengan harga Rp 799.000. Poin utama dari ponsel pintar keluaran Advan ini adalah dukungan OS Android GO yang memiliki beberapa kelebihan seperti aplikasi yang lebih ringan atau lebih kecil dibanding dengan OS lain. Perbedaan dari smartphone Android Go sebelumnya, S6 Plus hadir dengan ukuran layar yang lebih besar dengan tambahan fitur Face Unlock yang merupakan fitur keamanan perangkat yang saat ini menjadi tren. Selain ukuran layar yang lebih besar dan hadirnya fitur face unlock, S6 Plus juga membawa baterai dengan  kapasitas yang lebih besar dibandingkan pendahulunya.

Paket Penjualan: Handset, Charger, USB kabel, Buku Manual, Kartu Garansi, Kartu Perdana Telkomsel, Screen Guard (sudah terpasang)
Warna: Putih
Harga: Rp 888.000


Desain Sederhana

Berbicara soal desain yang ditampilkan, Advan S6 Plus memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan pendahulunya. Smartphone ini hadir dengan kover bodi yang bisa dibuka untuk menempatkan baterai dan kartu SIM. Untuk material, S6 Plus mengadopsi material plastik polycarbonate dengan sentuhan glossy di bagian belakang. Sementara untuk bagian depannya sudah tertanam kaca dengan dimensi 5,5 inci yang dilapisi dengan pelindung kaca yang sudah tertanam sejak awal pembelian.

Unit Advan S6 Plus yang saat ini digunakan berwarna putih gading dengan sedikit kilauan yang membuatnya terlihat menarik. Advan S6 Plus memiliki sudut lengkung di setiap sisinya serta kover bodi yang melengkung yang memberikan sentuhan 3D. Secara keseluruhan, Advan S6 Plus memberikan kenyamanan tersendiri saat digunakan dalam beberapa aktivitas penting. Meskipun memiliki bodi yang cukup tebal, smartphone ini masih nyaman digunakan terutama untuk kaum muda yang milenial.

Untuk fungsionalitas desainnya, pada bagian depan Advan membenamkan 3 tombol sentuh diletakkan di luar (di bawah) layar yang terdiri dari back, menu dan multitasking. Menu cepat di layar atas menampilkan 10 menu cepat dan dilengkapi dengan slider tingkat kecerahan (tanpa otomatis). Kamera depan berada di atas layar, sebelah kanan dari lubang speaker tanpa adanya LED flash.

Port USB untuk data atau charging diletakkan di sisi atas (tengah) dengan port audio di sebelah kirinya. Pada sisi kanan terdapat tombol power yang di atasnya diletakkan tombol volume. Pada bagian belakang, kamera belakang diletakkan di posisi atas sebelah kiri dengan LED flash di bawahnya. LED flash ini diletakkan tidak menonjol dan sejajar dengan permukaan casing belakang, namun kamera dihiasi dengan lingkaran yang sedikit menyembul. Agak ke bawah terdapat tulisan ‘ADVAN’ yang terlihat agak samar. Pada bagian bawah agak ke kanan terdapat 2 lubang kecil tempat keluaran suara speaker.

Sebagai ponsel non unibody, casing belakang ini dapat dibuka dengan mudah dengan mengikuti lubang congkelan di pojok kiri bawah. Slot SIM card 1 (nano SIM card) terletak di kiri dan slot SIM card 2 (nano SIM card) terletak di kanannya dengan slot microSD berada di atasnya. Hal yang patut disayangkan adalah absennya casing pelindung dalam paket penjualannya, setidaknya kita bisa berharap agar dapat melindungi casingnya dengan lebih baik.


Layar IPS Plus Android Go

Masuk ke sektor layar, Advan S6 Plus hadir dengan panel layar berukuran 5,5 inci dengan resolusi hanya 480x960 piksel (qHD+). Layar yang tertanam mengadopsi teknologi layar IPS yang memberikan sudut pandang yang lebih luas. Apiknya lagi, mengadopsi tren layar kekinian Advan S6 Plus memiliki rasio layar 18:9 yang memang ditujukan untuk penggemar multimedia.

Nilai plus yang tertanam pada perangkat ini adalah perangkat ini sudah dibekali dengan lapisan pelindung layar yang tentunya mampu mengurangi efek goresan saat digunakan. Tak jauh dari versi sebelumnya, smartphone ini hanya mampu merespons sentuhan 2 jari saja.

Seperti produk Advan pada umumnya, meskipun Advan S6 plus hadir dengan sistem operasi Android GO berbasis Android 8.1 Oreo. Namun untuk antar mukanya, perangkat ini tetap menggunakan IDOS (Indonesia Operating System) versi 8.3.1. Berbekal Android Go, perangkat ini sudah dibekali dengan aplikasi khusus mulai dari Google GO, Gmail Go, Maps Go dan Youtube Go. Uniknya lagi, perangkat ini juga dibekali dengan antarmuka pintar yang berisi konten berita yang terangkum selama hari ini dari situs berita local.

Masih berbicara soal antarmukanya, ponsel ini hanya menyediakan widget, wallpaper dan efek khusus. Widget hanya sedikit pilihan yang tersedia. Mungkin karena sedikitnya aplikasi yang disematkan. Untuk wallpaper, tersedia 2 pilihan yaitu dari koleksi foto sendiri atau bawaan yang disediakan. Wallpaper bawaan hanya menyediakan gambar-gambar biasa tanpa wallpaper animasi. Sedangkan efek khusus menyediakan beberapa pilihan seperti klasik, menghilang, tumpukan, kubus, sektor, putar balik dan kincir angin.

Antar muka desktop (home) menampilkan aplikasi bawaan. Semua aplikasi tampil di layar dengan menggeser layar ke kanan. Pada saat mengakses window recent application, aplikasi yang sebelumnya dibuka akan tampil dalam jejeran icon secara horizontal. Apabila Anda ingin menutup semuanya, Anda tinggal mengklik icon kuas yang terlihat di bawahnya. Untuk urusan keamanan pengguna, ponsel ini hanya menyediakan keamanan standard seperti geser, pola, PIN dan sandi tanpa adanya fingerprint atau face unlock.


Prosesor Quad-core, RAM 1GB dan Memory Internal 8GB

Hadir dengan banderol harga yang terjangkau, Advan S6 Plus sudah dibekali dengan prosesor quad-core berkecepatan 1.3 GHz Spreadtrum SC9850KA. Untuk kinerja grafisnya, ponsel ini didukung oleh Mali-T820. Selain itu, perangkat ini juga sudah dibekali dengan RAM sebesar 1GB untuk mendukung aktivitas multitaskingnya. Tertanam pula memory internal sebesar 8GB, namun memory internal yang bisa digunakan oleh konsumen hanya sekitar 4GB saja.

Dengan kapasitas memory internal yang terbilang sangat minim, Advan menyediakan slot kartu microSD yang bisa dimaksimalkan hingga 128GB. Dalam proses pengujian, update aplikasi bawaan Google saja membuat ponsel ini hampir kehabisan ruang penyimpanan.

Pada proses penggunaannya, konsumen harus sedikit bersabar ketika menggunakan perangkat ini. Hal ini dikarenakan, Advan S6 Plus memiliki respon yang sedikit lambat dalam mengeksekusi aplikasi yang hendak kita jalankan. Namun untuk aplikasi Android Go yang tertanam dapat digunakan tanpa adanya hambatan yang berarti. Sebagai contoh ketika ingin menonton video melalui aplikasi YouTube Go, Advan S6 Plus mampu merespon tanpa adanya hambatan. Nilai plusnya, pengguna bisa membatasi konsumsi data yang digunakan saat menonton video dengan memilih kualitas video yang hendak ditonton.

Untuk benchmark, digunakan beberapa aplikasi tambahan untuk mengujinya. Hasil pengujian menggunakan Antutu Benchmark tidak didapat hasil meskipun aplikasi dapat diinstal.

Beralih ke sektor baterai, Advan S6 Plus sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 2450 mAh, meski terbilang memiliki kapasitas baterai yang cukup kecil untuk ukuran smartphone masa kini, Advan S6 Plus masih mampu digunakan untuk aktivitas dalam waktu yang cukup lama.


Kamera Belakang 8 Megapiksel

Ditujukan untuk pengguna ponsel fitur yang beralih menggunakan perangkat smartphone, Advan S6 Plus sudah dibekali dengan fasilitas fotografi yang cukup baik dikelasnya. Pada bagian belakang, perangkat ini sudah ditanamkan kamera dengan resolusi 8 megapiksel yang ditemani oleh lampu flash LED. Sementara untuk bagian depannya adalah kamera selfie 5 megapiksel tanpa tambahan lampu flash.

Meskipun dibanderol dengan harga yang terjangkau, perangkat ini dibekali dengan beragam fitur pendukung untuk memaksimalkan fungsi fotografi. Diantaranya adalah mode slo-mo, panorama, tanda air, selang waktu, rekaman dengan pengindahan, PRO dan kode QR. Slo-mo merupakan perekaman lambat. Untuk tanda air, tersedia 15 pilihan yang lumayan menarik. Mode PRO cocok buat Anda yang terbiasa dengan pengaturan manual (meskipun hasilnya disini tidak bisa maksimal). Sedangkan QR code digunakan untuk membaca barcode. Buat Anda yang ingin menambahkan efek, ponsel ini menyediakan beberapa efek yaitu efek yang tersedia adalah sepia, mata ikan, abu-abu, warna dingin, warna AB, pencahayaan lembut, fokus, dan embun.

Hasil foto outdoor terasa standard namun sudah cukup baik untuk dibagi ke aplikasi media social seperti Facebook, Twitter maupun Instagram. Sementara untuk hasil foto indoornya, hasilnya terbilang kurang mumpuni. Dibutuhkan pencahayaan yang maksimal untuk melakukan aktivitas fotografi di ruangan indoor. Untuk indoor, hasilnya agak mengecewakan. Selain hasil foto yang tidak fokus, pencahayaan terlihat tidak merata.

Untuk kamera depannya, Advan menghadirkan beragam fitur menarik diantaranya adalah AR Sticker, Beautify serta mode portrait. Untuk ukuran smartphone yang  hadir dengan harga dibawah satu jutaan perangkat ini sudah cukup mumpuni. Namun sayang, hasil kamera yang didapatkan tidak terlalu baik.


Fitur Tambahan

Advan s6 plus dibekali dengan dua slot kartu nano SIM yang sudah mendukung 4G LTE (hanya Sim card 1). Slot kartu SIM pada ponsel ini menggunakan slot kartu yang terpisah antara SIM 1 dan SIM 2. Demikian juga slot kartu memori eksternal tersedia tersendiri. Bertukar data dapat Anda lakukan secara nirkabel lewat Bluetooth 4.1 serta Wi-Fi direct. Sedangkan untuk navigasi lokasi, ponsel ini telah disisipi oleh GPS dan AGPS. Pengujian menggunakan aplikasi Google Maps Go, untuk navigasi, Anda harus menginstalnya tersendiri. Namun saat digunakan aplikasi berjalan lancar meskipun tidak terlalu lancar.

Sementara dari sector multimedia, ponsel ini masih menyediakan fitur multimedia berupa audio player dan video player. Hasil keluaran suara terdengar standard. Dengan mengaktifkan fitur equalizer, hasil keluaran suara menjadi lebih baik. Advan s6 plus menyediakan fitur radioFM yang dilengkapi dengan fitur perekaman atau RDS (bisa diaktifkan atau dimatikan).

Bundling Kartu TAU Lite 6

Selain dijual secara eksklusif Rp799 ribu, pembelian perangkat ini akan dibundling dengan Telkomsel. Catat, setiap pembelian paket bundling Advan s6 Plus Telkomsel hingga 31 Maret 2019, pelanggan berhak mendapatkan paket TAU Lite 6. Paket TAU Lite ini berlaku hingga 12 bulan dengan benefit perbulannya adalah paket data dengan total sebesar 6 GB, yang terdiri dari 1GB kuota internet di seluruh jaringan Telkomsel, 1GB kuota internet di jaringan 4G, 2 GB kuota internet untuk akses media sosial Facebook dan Instagram, serta 2 GB kuota internet untuk aplikasi Video Max dan Games Max. Tak hanya itu, paket TAU Lite 6 juga sudah termasuk 100 menit nelpon, serta 500 SMS ke sesama pelanggan Telkomsel. Khusus untuk pengguna Advan S6 Plus, paket TAU Lite 6 ini bisa didapatkan hanya dengan membayar Rp 10 saja setelah melakukan pengisian pulsa Rp50.000.


Kesimpulan

Dengan membawa harga jual yang sangat terjangkau dikelasnya, Advan S6 Plus menawarkan kualitas layar yang baik untuk digunakan dalam aktivitas multimedia. Selain itu, fitur pendukung yang tertanam pada kamera depan memberikan konsumen untuk berkreasi dengan fitur uniknya. Meski memiliki kinerja yang standar, namun perangkat ini masih mampu mengakomodasi aktivitas pengguna mulai dari aktivitas multimedia dan fotografi.

Sumber: tabloidpulsa.co.id

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 129 kali

Wawancara yang Aneh - Pak Leman Eps #3

Telah dilihat : 144 kali

Kambing Naik Alphard