Menjadi Kurator Handal di Smartphone

Buat Anda penggiat media sosial, sesudah Facebook, Twitter dan Instagram, sebenarnya masih banyak media sosial yang dapat dimanfaatkan. Salah satunya yang mulai tren adalah Curated.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menemukan dan membagikan rekomendasi konten berkualitas. Misalnya, buku apa yang Anda dan menurut Anda menarik disharing? Podcast apa yang menarik untuk didengar? Atau, filem apa yang menarik dan sedang viral? Ya, Curated mengambil pendekatan baru ke media sosial dengan menghubungkan Anda ke orang lain melalui konten yang dapat dinikmati bersama.

Tidak hanya tertarik dengan topik tertentu, Anda dapat mengikuti seseorang yang membagikan hal menarik tersebut, atau Anda sendiri yang membagikannya. Ataupun, bila Anda ahli pada satu bidang, bagikan artikel terbaik tentang hal itu dan Anda akan menjadi kurator konten untuk orang lain atau pengikut Anda. Berikut tips penggunaannya.

Seperti biasa, setelah diinstal, buka aplikasi dan lakukan login. Tersedia 4 pilihan untuk login ini. Pertama, Anda dapat langsung masuk dengan menggunakan akun Facebook, Twitter dan Google yang sudah dimiliki. Bila tidak, Anda dapat melakukan sign up dengan email lainnya.

Setelah login, Anda akan disuguhkan tips penggunaan dengan penjelasan bertahap fitur dan icon yang terdapat pada aplikasi. Terdapat 7 langkah mudah mengingat tips singkat penggunaan.

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih minat apa yang lebih disukai. Minat disini tidak bersifat permanen. Anda dapat menambah atau merubah minat yang telah dipilih. Tersedia pilihan minat terkait AI, Android, Apps, Business, Comedy, Gaming, Google, Health, Music, Science, Smartphone, Technology dan masih banyak lagi.

Sekarang masuk ke tahap lanjutan. Sebagai pemula Anda sebaiknya memilih person mana yang ingin diikuti yang terhubung dengan minat yang telah dipilih tadi. Klik tanda plus dengan icon orang bila Anda ingin mengikutinya. Anda dapat melihat berapa banyak postingan yang telah dimuat (curations), berapa pengikutnya (followers) dan berapa yang diikuti (following). Setelah diikuti, Anda dapat melihat isi dari posting yang Anda ikuti tersebut.

Dari postingan (curations) yang Anda lihat, Anda dapat melakukan ‘save’ (simpan) atau ‘curate’ (share). Anda dapat menambahkan review (ulasan) dan tags (maksimal hanya boleh memasukkan 3 kategori tags).

Menu utama pada aplikasi terbagi 4 bagian yaitu feed, discover, saved dan profile. Feed terkait dengan orang yang Anda ikuti, discover terkait trending tags yang Anda ikuti, saved (yang telah disimpan) dan profile merupakan profil Anda.

Pada pengaturan (icon settings) Anda dapat melakukan share curated ke aplikasi lainnya atau ke media sosial yang Anda miliki. Karena aplikasi ini masih dalam tahap pengembangan, bila ada bug atau saran yang mampu meningkatkan kualitas aplikasi menjadi lebih baik, Anda dapat mengirimkan feedback disini.

Yang tidak kalah penting adalah mengubah username. Karena secara default username yang diberikan dimulai dengan nama @curator dan diikuti dengan nomor. Ubah username disini sesuai dengan nama Anda sehingga bila ada orang yang mengenal Anda dapat mencari nama Anda disini dengan lebih mudah.

Sekarang masuk ke fitur utama yang membedakan aplikasi ini dibanding aplikasi media sosial yang telah ada yaitu terkait discover. Sebagai misal, Anda tertarik dengan kata ‘huawei p30 pro’. Anda dapat mengetikkan kata tersebut dan memilih dalam bentuk ebook (icon buku), tv (siaran tv), filem, youtube, audio (podcast) dan link. Sehingga hampir semua hal terkait yang Anda cari akan tampil dalam berbagai model.

Bila Anda ingin memposting (share) atau curated, Anda bisa mencari website atau link video yang Anda miliki atau milik orang lain, klik + tambahkan sedikit penjelasan dan posting (curate). Bila dalam memposting ternyata ada yang ingin diubah, Anda dapat melakukan editing. Jangan lupa, Anda hanya dibolehkan menambahkan 3 tags saja.

Semoga bermanfaat.

Sumber: tabloidpulsa.co.id

Komentar

Artikel Terkait

Selasa, , 06 Agustus 2019 - 14:58 WIB

6 'Peraturan' untuk Terbang Bersama Pasangan