Realme 3: Tampil Mewah di Angka 2 Juta

Brand asal Tiongkok, Realme, secara resmi menghadirkan jagoan terbarunya Realme 3 ke Indonesia. Realme 3 sendiri disebut akan menjadi standar baru untuk smartphone Realme yang terjangkau dengan spesifikasi serba terbaik di kelasnya. Benarkah klaim tersebut? Simak ulasan berikut ini.

Paket Penjualan: Handset, Charger, Kabel Data Micro USB, Softcase, Buku Manual, Kartu Garansi, Sim Ejector
Warna: Dynamic Black dan Radiant Blue
Harga: Rp 1.999.000,- (3/32GB), Rp 2.099.000 (3/64GB), Rp 2.399.000 (4/64)


Tampilan Mewah, Warna Elegan

Secara fisik tampilan Realme 3 tampak begitu mewah. Sajian warna gradasi dari biru-keunguan di area atas hingga menjadi biru-kehijauan (tosca) di area bawah berkontribusi besar memunculkan kesan mewah Realme 3 varian warna Radiant Blue yang diuji. Mengingatkan akan keindahan fenomena Aurora Borealis yang menghiasi langit Kutub Utara. Gradasi warna ini dikombinasikan dengan lapisan glossy yang reflektif sehingga menimbulkan kesan elegan.

Disisi lain keindahan sisi belakang ponsel ini cukup mudah dinodai oleh bekas sidik jari pengguna, beruntung Realme menyediakan solusi dengan pelindung berbahan plastik lentur transparan untuk menjaga backcover ponsel ini tanpa menutupi keindahannya.

Kemewahan fisik ponsel ini tidak berhenti disitu. Diperhatikan lebih seksama, sisi belakang ponsel ini ternyata mengadopsi desain unibody, dimana seluruh bagian dari sisi belakang hingga sekeliling sisi yang “memeluk” area layar pada Realme 3 ini, berasal dari satu material logam utuh. Membuatnya terasa ergonomis ketika digenggam.

Di area kiri atas pada sisi belakang, lensa kembar kamera utama dan sebuah lampu flash LED disusun vertikal, sejajar dengan logo Realme di area kiri bawah. Sedang pemindai sidik jari diletakkan di tengah, posisi yang sangat nyaman untuk dijangkau telunjuk pengguna.

Aksen detail menjadi bukti keseriusan vendor dalam merancang tampilan produknya. Seperti halnya detail berupa aksen keemasan yang mengelilingi area kamera utama dan pemindai sidik jari. Sekali lagi, hal ini juga memberikan kesan mewah pada ponsel ini.

Secara umum, dinilai dari tampilan fisiknya tanpa mengetahui harga sesungguhnya, tentu kebanyakan pengguna akan mengira bahwa ponsel ini dibanderol setidaknya di rentang harga 3 hingga 4 jutaan.


Layar Poni Minimalis

Desain ala tetesan embun atau dew drop diaplikasikan pada layar ponsel ini. Hal ini menunjukkan peningkatan yang dilakukan Realme pada ponsel ini jika dibandingkan dengan produk pendahulunya yaitu Realme 2. Meski demikian, Realme 3 bukan yang pertama membawa layar dew drop, sebab Realme juga sudah membekali Realme 2 Pro dan Realme U1 dengan desain layar serupa.

Meski yang tampak hanya lensa tunggal kamera utama pada area notch (poni) minimalisnya, namun fungsi sensor cahaya untuk mendukung fitur auto brightness dan proximity sensor untuk membuat layar secara otomatis mati saat ponsel didekatkan ke telinga dikala melakukan panggilan tetap tersedia pada Realme 3.

Desain layar dengan dew drop notch tentunya membuat ponsel ini memiliki rasio perbandingan antara bodi dan layar yang lebih tinggi (hampir 90%) dibandingkan layar dengan notch konvensional.

Kami juga menyukai rasio layar ekstra lebar (widescreen) pada ponsel ini 19:9 menjadikannya nyaman digunakan bermain game ataupun menikmati konten video favorit.

Untuk kenyamanan dan keamanan bagi kesehatan mata pengguna, ponsel ini tentunya dilengkapi dengan fitur Night Shield yang bisa diakses melalui menu Settings> Display & Brightness> Night Shield. Fitur ini akan mengurangi intensitas cahaya biru (blue light) yang memancarkan radiasi bagi mata, sehingga mata pengguna tetap nyaman meski dalam penggunaan yang lama.

OS dan UI Paling Update

Realme jelas tidak main-main dalam mempersembahkan ponsel ini. Sebab bukan hanya cantik pada tampilan luarnya, Realme 3 juga sudah dibekali sistem operasi dan tampilan antar muka terbaru pada sektor perangkat lunaknya (Android Pie dan Color OS V6.0).

Pengalaman yang sedikit berbeda dirasakan saat pada pengoperasian navigasi sistem pada Color OS versi teranyar ini. Secara default hanya ada 2 tombol virtual di area navigasi sistem di sisi bawah layar. Tombol tersebut adalah back dan home. Uniknya tombol home ini menyimpan fungsi lain. Jika digeser ke kanan, maka pengguna bisa berpindah antar aplikasi yang berjalan pada system background secara cepat.

Sementara untuk sajian recent task, pengguna cukup melakukan sapuan ke atas (swipe up) dari bagian kanan area navigasi (navigation bar).

Pada homescreen, Color OS V6.0 ini juga membawa fitur Smart Assistant yang diletakkan di panel paling kiri. Panel Smart Assistant ini memuat informasi kondisi cuaca, penghitung langkah dan event yang tersimpan di kalender pengguna. Selain itu ada akses cepat menuju kontak favorit, kalender, dan aplikasi favorit pengguna.

Interface ponsel ini juga membawa fungsi tambahan pada tombol lock/power di sisi kanan. Selain untuk mengunci layar dengan menekan secara cepat, pengguna juga bisa mengakses Google Assistant dengan menekan tombol ini selama setengah detik.


Hardware

Realme 3 menggunakan chipset kelas menengah besutan MediaTek yakni Helio P60. Chipset ini dibangun atas fabrikasi 12nm yang tergolong canggih untuk kelas menengah. Menariknya, produk besutan kompetitor yang menggunakan chipset serupa, diluncurkan dengan banderol harga yang jauh lebih tinggi dari ponsel ini. Hal ini membuat Realme 3 memiliki value yang tinggi atas performa yang dimilikinya di kelas harga 2 jutaan.

Helio P60 membawa CPU 8 inti (Octacore) dengan konfigurasi bigLITTLE yang terdiri dari 4 inti berbasis Cortex-A73 berkecepatan 2.1 GHz yang menjanjikan performa mumpuni  dan 4 inti lainnya yang berbasis Cortex-A53 dengan kecepatan 2.0 GHz untuk pemprosesan dengan konsumsi daya baterai yang efisien.

Dengan konfigurasi bigLITTLE, chipset yang dimiliki memberikan performa yang baik dan hemat energi dalam waktu yang bersamaan. Efisiensi penggunaan daya dan kapasitas baterai yang besar membuat ponsel ini semakin hemat daya.

Performa mumpuni ponsel ini pun terbuktikan saat pengujian dengan aplikasi Antutu Benchmark yang mengganjar Realme 3 yang diuji dengan skor 131 ribuan.

Chipset ini juga telah mendukung fitur berbasis kecerdasan buatan (AI) yang diaplikasikan pada fitur kamera. Dan tidak sampai disitu, kombinasi memori 4GB pada RAM dan 64GB pada kapasitas penyimpanan internal (ROM) merupakan daya tarik tersendiri untuk ponsel dikelas harga 2 jutaan.


Nightscape dan Chromaboost

Di sektor kamera, Realme 3 juga punya daya tarik yang besar. Ponsel ini sudah mengadopsi dual-kamera dengan kombinasi sensor utama 13MP dan sensor pendukung yang berfungsi sebagai depth sensor dengan resolusi 2MP.

Sensor kamera utama ditopang lensa dengan bukaan yang relatif besar F/1.8. Hal ini memungkinkan kamera utama ponsel ini untuk menghasilkan foto dengan efek bokeh yang natural. Di sisi lain, bukaan yang besar juga berkontribusi dalam performa kamera di kondisi pencahayaan redup (low-light).

Performa low-light pada kamera utama ponsel ini akan semakin baik jika pengguna mengaktifkan mode Nightscape. Syaratnya, pengguna harus mengupdate ROM Color OS ke versi terbaru. Mode Nightscape memudahkan pengguna untuk memotret saat kondisi cahaya gelap tanpa bantuan tripod. Cukup digenggaman tangan, ponsel ini akan menghasilkan foto bebas blur meski sensor menangkap citra dalam waktu yang panjang (long exposure).

Fitur kamera utama Realme 3 yang tak kalah menarik adalah Chromaboost. Fitur ini bekerja mirip dengan fitur HDR yang menghasilkan gambar dengan Dynamic Range yang tinggi sebagai kompensasi dari ketidakseimbangan exposure value yang dibutuhkan oleh masing-masing elemen yang ada dalam frame. Bedanya, fitur ini tidak hanya menghasilkan foto dengan keseimbangan cahaya yang baik tapi juga warna yang natural.

Fitur AI pada Kamera

Interface fitur kamera ponsel ini menyajikan 3 mode utama Video, Foto dan Potrait. Mode portrait digunakan untuk membuat foto dengan efek bokeh. Namun pilihan fitur yang disediakan kamera utama bukan hanya 3 mode tersebut, Chromaboost dan Nightscape. Sebab masih ada mode Pano, Expert (manual), Time-lapse dan Slo-Mo.

Seperti disebutkan sebelumnya, kamera ponsel ini juga dibekali fitur berbasis AI, dan bukan hanya satu melainkan 2 fitur AI. Yang pertama fitur AI Beauty yang akan membuat objek berupa manusia pada frame menjadi terlihat lebih menarik.

Selain itu ada juga fitur yang AI Scene Recognition yang akan mengaplikasikan pengaturan sesuai dengan objek foto yang sedang dibidik. Fitur ini diaktifkan melalui pengaturan kamera yang diakses dengan klik pada ikon berbentuk heksagon (segi enam) di sudut kanan atas.

Beralih ke kamera depan, kamera di sisi ini juga memiliki fitur AI Beauty. Bedanya, pada kamera selfie ini pengguna bisa mengatur intensitas efek yang dihasilkan seperti tingkat kehalusan kulit, ketirusan wajah, ukuran hidung, mata dan lain sebagainya secara manual.


Kesimpulan

Desain ala ponsel premium, layar notch kekinian dengan rasio tinggi, software paling up-to-date, perfroma tinggi yang bisa diandalkan hingga kamera kaya fitur sepertinya menjadi sepaket keunggulan yang tidak mungkin ditolak pada sebuah ponsel dengan banderol harga 2 jutaan. Semua hal tersebut berkumpul pada Realme 3 ini yang menjadikannya pilihan terbaik dikelas harganya.

Sumber: tabloidpulsa.co.id

Komentar

Artikel Terkait

Kamis, , 23 Mei 2019 - 17:08 WIB

Realme C2 VS Redmi 7, Siapa Pemenangnya?