Huawei P30 Lite: Versi Hemat, Fitur Tetap Memikat

Diperkenalkan bersama dengan keluarga Huawei P30 lain, P30 Lite merupakan solusi mencicipi teknologi terbaru Huawei dengan harga yang paling terjangkau. Untuk itu, wajar apabila Huawei P30 Lite hadir dengan dukungan fitur dan spesifikasi yang sedikit berbeda dengan P30 dan P30 Pro.

Meski disebut sebagai versi hemat, Huawei P30 Lite tetap dibekali dengan fitur dan spesifikasi khas smartphone masa kini mulai dari layar lapang dengan tambahan poni mungil di atasnya, 3 kamera belakang dengan fungsionalitas yang berbeda hingga kinerja yang menjamin semua kebutuhan pengguna.

Sesuai dengan target pasar yang dituju, Huawei P30 Lite hadir dengan banderol harga yang jauh lebih murah dibandingkan dua smartphone lainnya. Smartphone ini tersedia di pasaran dengan banderol harga Rp 4.299.000. Namun apakah dengan spesifikasi serta fitur yang ditanamkan membuat Huawei P30 Lite dapat bersaing di pasar ponsel tanah air yang sudah cukup sesak dengan smartphone baru yang memiliki fitur yang tidak jauh berbeda?

Penasaran, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Paket Penjualan: Handset, Charger, Headset, Kabel Data Micro USB, Buku Manual, Kartu Garansi, Sim Ejector,
Warna: Peacock Blue, Midnight Black, Pearl White
Harga: Rp 4.299.000


Desain

Meski memiliki label harga yang jauh lebih murah dibandingkan dua smartphone terbaru Huawei lainnya, Huawei P30 Lite tetap hadir dengan tampilan desain yang memikat. Smartphone ini memiliki tampilan desain yang ergonomis dan slim serta memiliki pilihan warna yang sangat menggoda. Huawei P30 Lite memiliki tebal bodi hanya 7.4mm dan yang memberikan kenyamanan saat dalam genggaman. Tak hanya itu, smartphone ini juga memiliki dimensi bodi yang tidak terlalu besar yang memanjakan pengguna terutama kaum hawa dalam penggunaannya. Hal ini tentunya menjadi nilai lebih tersendiri dimana dengan tampilan yang ditawarkan membuat smartphone ini tidak kalah menarik dengan smartphone yang memiliki harga jual lebih mahal yang kini banyak beredar di pasaran.

Nilai jual utama dari tampilan desain yang ditawarkan, Huawei P30 Lite juga hadir dengan kover belakang dengan warna gradasi yang tampil memikat dengan padanan warna kekinian. Tak hanya itu, Huawei P30 Lite juga memiliki bobot yang tidak terlalu berat yang memberikan kenyaman pengguna dalam menggunakannya dalam waktu yang lama seperti bermain game ataupun streaming video.

Hadir dengan lekukan dinamis disetiap sudutnya, Huawei P30 Lite hadir dengan panel layar berukuran 6.15 inci dengan tambahan poni mungil di bagian atasnya yang menempatkan kamera depan dengan resolusi 32 megapiksel. Pada bagian atas bodi, Huawei menyematkan lubang kartu SIM dan kartu microSD secara bersamaan (hybrid). Sementara untuk tombol power dan volume tertanam pada sisi kanan bodi. Sedangkan bagian bawahnya Huawei menanamkan lubang jack audio 3,5mm, port microUSB type-C dan lubang speaker.

Beralih ke bagian belakang, Huawei telah menyematkan 3 kamera dengan fungsi yang berbeda. Tertanam pula sensor sidik jari yang terletak di bagian tengah atas perangkat.


Layar dan OS

Beralih ke sektor layar, Huawei P30 Lite dibekali dengan panel layar IPS berdimensi 6.15 inci. Layar yang tertanam ini memiliki jarak tepi ke bodi mencapai 84.2% yang membuatnya nyaris tanpa bezel. Mengadopsi layar 2.5D, Huawei sudah menyematkan lapisan pelindung kaca dalam penjualannya. Hal ini tentunya menjadi kabar baik tersendiri bagi konsumen sehingga tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli pelindung layar.

Memiliki resolusi layar 1080x2340 piksel membuat Huawei P30 Lite memililiki kualitas layar yang baik untuk beragam aktivitas pengguna. Selain itu, untuk memaksimalkan fungsinya, Huawei telah menyematkan beberapa fitur yang tak hanya memberikan kenyamanan kepada pengguna namun juga dapat melindungi mata pengguna saat digunakan pada kondisi cahaya yang minim. Selain itu, Huawei juga sudah menghadirkan fitur layar pintar dimana, fitur ini dapat memilih resolusi layar yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Pada fitur ini tersedia dua opsi resolusi layar yang bisa digunakan oleh pengguna secara manual yakni resolusi layar FHD+ serta resolusi layar HD+.

Selain itu, jika pengguna tidak menyukai tampilan poni yang disediakan. Huawei telah menyediakan opsi untuk menghilangkan poni pada bagian atas layarnya. Namun imbas dari penghapusan poni pada bagian atas layar akan terlihat lebih tebal.

Tak jauh berbeda dengan smartphone Huawei yang diluncurkan secara bersamaan, Huawei P30 Lite juga dibekali dengan sistem operasi Android 9.0 Pie dengan kustom EMUI 9.0.1. Pada kustom UI ini Huawei sudah meningkatkan beberapa fitur andalannya mulai dari mode sederhana yang sangat berguna untuk pengguna yang berusia lanjut, navigasi yang bisa dirubah sesuai dengan kebiasaan pengguna serta kemudahan dalam beraktivitas dengan fitur gesture yang ditanamkan.

Selain itu, Huawei juga masih menyematkan mode berkendara dan kesehatan. Kedua mode ini sangat menarik dimana pada mode berkendara, pengguna bisa mengatur notifikasi yang masuk saat membawa kendaraan agar konsentrasi dalam membawa kendaraan tetap terjaga. Sementara pada mode kesehatan, untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat disarankan menggunakan gadget tambahan berupa jam pintar ataupun gelang pintar yang sudah tersedia di pasaran.


Fotografi

Selain menawarkan tampilan desain yang memikat, demi menarik minat konsumen untuk membeli Huawei P30 Lite, Huawei telah menyematkan fasilitas fotografi yang mumpuni dikelasnya. Bagaimana tidak, Huawei P30 Lite sudah dibekali dengan 3 kamera belakang yang memiliki fungsionalitas yang berbeda. Ketiga fungsionalitas ini tentunya memberikan opsi yang menarik bagi konsumen yang menyukai fotografi pada perangkat smartphone.

3 kamera belakang yang tertanam pada Huawei P30 Lite terdiri dari kamera utama yang memiliki resolusi 24 megapiksel. Kamera utama ini memiliki bukaan lensa f/1.8 dan PDAF. Berbekal bukaan lensa yang ditanamkan, memberikan kemampuan yang lebih baik pada perangkat ini untuk membidik objek dengan kualitas yang baik meski dilakukan pada kondisi cahaya minim. Apiknya lagi, kamera utama yang ditanamkan sudah dibekali dengan fitur AI yang mampu mendeteksi objek foto yang dibidik.

Sementara itu, kamera kedua yang tertanam pada bagian belakang memiliki resolusi 8 megapiksel yang memiliki kemampuan untuk mengabadikan momen dengan sudut pandang yang lebih luas. Sementara itu, kamera ketiga yang tertanam pada bagian belakang Huawei P30 Lite yang hadir dengan resolusi 5 megapiksel ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan foto dengan efek bokeh.

Berbicara kualitas foto yang dihasilkan, dalam prosesnya kualitas foto yang dihasilkan oleh Huawei P30 Lite terbilang baik dengan saturasi warna dan detail yang cukup tajam. Selain itu, Huawei P30 Lite juga memberikan kemudahan kepada pengguna untuk mengeksplore fitur-fitur yang tertanam.

Hasil foto kamera belakang - indoor

Hasil foto kamera belakang - outdoor malam hari

Tak hanya mengandalkan 3 kamera belakang yang ditanamkan, Huawei P30 Lite juga memiliki kamera selfie dengan resolusi yang sangat besar dikelasnya yakni 32 megapiksel. Hal ini cukup menarik, dimana resolusi kamera selfie yang ditanamkan serupa dengan smartphone yang mengandalkan jargon selfie sebagai nilai jual utamanya. Beragam fitur pendukung dan mode juga telah disediakan untuk memaksimalkan dan memberikan kemudahan kepada pengguna untuk melakukan aktivitas selfie.


Kinerja

Berbicara soal kinerja, Huawei P30 Lite sudah dibekali dengan chipset HiSilicon Kirin 710. Chipset ini serupa dengan smartphone Huawei yang sudah diluncurkan pada pertengahan 2018 yang lalu yakni Huawei Nova 3i. Selain itu, smartphone besutan Honor yakni Honor 8X dan Honor 10 Lite juga diketahui menggunakan chipset yang serupa. Meski masih menggunakan jenis chipset yang sudah cukup lawas, Huawei P30 Lite masih memiliki kinerja yang sangat baik saat digunakan dalam beraktivitas seperti bermain game, fotografi hingga aktivitas lain yang membutuhkan kinerja grafis yang berat.

Hal ini dikarenakan, chipset yang tertanam sudah dikombinasikan dengan dukungan RAM sebesar 6GB dan ditambah dengan kapasitas memory internal yang besar yakni 128GB. Dua hal ini sangat membantu pengguna dalam beraktivitas dengan menggunakan smartphone ini. Pada proses pengujiannya, PULSA tak hanya menguji peranngkat ini dengan menggunakan aplikasi benchmark biasa. PULSA juga menguji perangkat ini dengan bermain game, melakukan beberapa aktivitas dalam waktu yang bersamaan hingga menikmati konten video beresolusi tinggi.

Pengujian dengan aplikasi benchmark, Huawei P30 Lite mampu menghasilkan skor benchmark yang tinggi mulai dari aplikasi benchmark Antutu, GeekBench dan PC Mark. Selanjutanya, pada proses pengujian bermain game, Huawei P30 Lite mampu memainkan game yang di unduh PULSA tanpa adanya hambatan yang berarti.

Tak hanya itu, kami juga menguji kinerja baterai yang ditanamkan dengan 4 variabel yang biasa kami gunakan. Hasilnya bisa dilihat pada table di bawah.


Fitur Tambahan

Sebagai smartphone kekinian, Huawei P30 Lite tak hanya dibekali dengan tampilan desain yang memikat, fotografi yang mumpuni dikelasnya hingga kinerja yang baik dalam mengakomodasi semua kebutuhan pengguna. Menemani semua yang sudah disebutkan, Huawei P30 Lite juga dibekali dengan fasilitas pendukung yang tak hanya memberikan kemudahan namun juga memberikan keamanan dalam beraktivitas sehari-hari. Huawei P30 Lite sudah dibekali dengan fasilitas koneksi yang cukup lengkap mulai dari akses jaringan 4G LTE, WiFi, Bluetooth, dan GPS. Sayangnya fitur NFC hanya tersedia untuk beberapa Negara saja. Hal ini cukup disayangkan, pada fitur ini sudah mulai dibutuhkan pengguna untuk melakukan aktivitas virtual mulai dari pembayaran dan yang lainnya.

Dari sisi keamanan, Huawei P30 Lite hadir dengan fitur keamanan yang lengkap mulai dari sensor sidik jari, pemindai wajah dan fitur keamanan standar lainnya. Tak hanya itu, dari Huawei sendiri sudah memberikan update keamanan yang terbaru yang tentunya memberikan kenyamanan tersendiri bagi konsumen yang selalu menyimpan file penting pada perangkat smartphone.

Selain keamanan perangkat, Huawei juga menghadirkan beberapa fitur keamanan untuk melindungi data pengguna dari tangan usil ketika menggunakan perangkat kita mulai dari Private Space, Brankas hingga Administrator perangkat. Semua fitur ini sangat dibutuhkan oleh pengguna yang selalu menginginkan perangkatnya aman dari pencurian data.

Kesimpulan

Tersedia dengan harga Rp 4.299.000, Huawei tak hanya memberikan perangkat smartphone dengan tampilan desain yang menarik. Huawei P30 Lite juga sudah memiliki fitur fotografi yang mumpuni di kelasnya terutama pada kamera belakang yang ditanamkan. Tak hanya itu, kamera selfie yang memiliki resolusi yang besar ini bakal semakin memanjakan pengguna yang gemar melakukan aktivitas selfie. Memiliki kinerja yang mumpuni dalam mengakomodasi semua aktivitas sayangnya, Huawei tidak mengkombinasikannya dengan baterai berkapasitas besar. Padahal kapasitas pada baterai sangat berpengaruh terhadap aktivitas pengguna. Selain itu, absennya NFC sedikit memberikan rasa kecewa bagi pengguna yang sudah membutuhkan fitur ini.

Sumber: tabloidpulsa.co.id

Foto: tabloidpulsa.co.id

Komentar

Artikel Terkait