OPPO F11: Memori Besar, Kamera Keren

Varian ‘murah’ dari lini F11 Series yang edar di Indonesia ini sengaja dihadirkan untuk mengakomodasi konsumen yang “kurang” pede dengan kamera pop-up, dan hanya membutuhkan ruang penyimpanan data yang lebih lega. Alhasil, RAM 4GB yang dikombinasikan storage internal 128GB jadi pilihan paling pas untuk F11 ini.

Di sisi spesifikasi hardware, F11 memang sama persis dengan OPPO F11 Pro. Mulai dari ukuran dan jenis layar, chipset prosesor hingga detail kamera utama yang menjagokan kemampuan Ultra Night Mode dari kamera ganda 48 MP + 5 MP. Di pasaran tanah air, selain F11 standar berwarna Pluorite Purple dan Marble Green ada juga edisi spesial OPPO F11 Jewelry White yang di paket penjualannya sudah dibundling dengan Instax Share SP-2 serta Instax Mini Macaron Film.

Paket penjualan OPPO F11

Paket Penjualan: Handset, Adapter Charger, Kabel Micro USB, Headset, Soft Case, Buku Manual, Kartu Garansi, SIM Ejector
Warna: Pluorite Purple, Marble Green
Harga: Rp 3.999.000


Tampil dengan Waterdrop Fullscreen

OPPO F11 dengan F11 Pro memang memiliki karakter desain yang cukup berbeda. Dibagian depan, F11 Pro lebih condong pada konsep layar penuh, sementara F11 tampil standar layaknya F Series lawas. Di sini, karakter F9 sangat kental terlihat di F11. Di ujung atas layar ada poni kecil serupa tetesan air yang istilahnya disebut waterdrop. Di poni ini, tertanam kamera depan dan beberapa sensor penting.

Bentangan layar OPPO F11 punya lebar 6,53 inci Full HD+ dengan rasio aspek 19,5: 9 dan rasio screen-to-body 90,9%. Selain itu, display smartphone ini juga diklaim punya frame rate 60FPS, yang trengginas dalam menghadirkan konten hiburan terutama untuk video, bermain game dan browsing internet. Hanya saja, banyak kritikan dari netizen yang menyayangkan penggunaan jenis layar LTPS IPS di OPPO F11. Karena dianggap kurang keren dan tidak kekinian.

Untuk tampilan standar, layar F11 ini sih sebenarnya sudah cukup baik. Meski perangkat digunakan langsung di bawah terik matahari, konten smartphone di layar masih bisa terlihat dengan jelas. Jika dirasa kurang terang, Anda bisa melakukan pengaturan manual untuk menaikan tingkat brightness layar loh.

Seperti yang sudah-sudah, layar OPPO F11 ini pun terbilang ramah untuk mata. Pasalnya, layar F11 juga punya fitur pengaman mata dari efek cahaya biru berlebih yang disebut Night Shield. Positifnya, layar ponsel ini juga sudah dilapisi kaca pelindung anti baret. Jika di F11 Pro menggunakan kaca Dragontrail, di F11 ini OPPO melapisinya dengan Corning Gorilla Glas generasi ke-5 yang cukup kuat.

Jika sisi depan terlihat biasa, bagian belakang smartphone ini harusnya tampil modern dong. Ya, OPPO memang cukup piawai dalam menghadirkan smartphone dengan desain yang sedap dipandang. Di F11 ini, OPPO membalut bodi Polycarbonat dengan pulasan warna yang memiliki gradasi keren. Seperti disinggung sebelumnya, ada dua pilihan warna standar OPPO F11 yakni Pluorite Purple dan Marble Green plus edisi khusus F11 Jewelry White yang terinspirasi dari perpaduan mutiara dan batu permata.


Antarmuka Terbaru ColorOS 6

Serupa F11 Pro dan beberapa perangkat OPPO Terbaru lainnya, F11 juga sudah mengadopsi User Interface paling anyar ColorOS 6 berbasis Android 9.0 Pie. Antarmuka ini dirancang khusus untuk smartphone berlayar penuh dan memiliki struktur yang lebih fresh dengan animasi halus dan ringan ketika dioperasikan.

Berdasarkan pengalaman penggunaan yang dilakukan PULSA, user interface ini memiliki karakter desain serta struktur fungsi yang mudah untuk ditelusuri. Bahkan, untuk pengguna yang benar-benar baru. Kerennya lagi, ColorOS 6 ini juga dibekali beragam fitur baru yang sangat berguna untuk pemakaian sehari-hari.

Ada tiga fitur penting yang jadi sorotan di ColorOS 6 ini. Pertama sistem navigasi berdasarkan gesture tubuh (gerakan). Disini, ColorOS memadukan fitur gerakan asli dari Android P dengan hasil pengembangan OPPO sendiri. Pengguna juga bisa mengatur dan menyesuaikan gerakan yang diinginkan secara manual di pengaturan ponsel.

Kedua adalah mode berkendara. Sejatinya, fitur ini sudah ada sejak lama hanya saja di ColorOS 6 ini sudah mengalami pembaharuan dan peningkatan kemampuan. Salah satunya antarmuka panggilan untuk berkendara yang akan menggunakan huruf dan tombol besar, dengan fitur yang tersedai hanya menjawab dan meolak panggilan. Jika pengguna menolak panggilan, ponsel akan secara otomatis mengirim SMS untuk balasan. Tapi tentu saja untuk bisa menikmati fitur ini Anda harus sedikit melakukan pengaturan.

Terakhir adalah Smart Assistant yang kini lebih pintar menyajikan semua aplikasi dan konten favorit di satu halaman. Menariknya, antarmuka ini juga terintegrasi dengan layanan e-commerce dan beragam konten menarik lain.

Satu lagi yang tidak kalah menariknya dari ColorOS terbaru OPPO ini adalah fungsi multitasking dalam mode portrait dan juga landscape yang ada di Smart Sidebar. Fungsi ini juga mendukung fitur berbagi cepat terhadap file yang baru dibuka, menambahkan aplikasi, merekam layar (screen recording), dan mengambil tangkapan (screenshot) layar.


Kamera 48 MP dengan Ultra Night Mode

Sama seperti F11 Pro, OPPO F11 juga dibekali dengan kamera ganda dengan konfigurasi portrait dan posisinya di tengah atas. Formasinya terdiri dari sensor utama 48 MP f/1.79 dan 5 MP f/2.4. Kombinasi ini sanggup menghasilkan jepretan gambar yang tajam di berbagai kondisi, termasuk saat low-light. Hal ini dikarenakan sensor gambar yang dibawa besar dan bukaan lensa lebay, sehingga cahaya yang masuk jadi lebih melimpah.

Secara default, kamera OPPO F11 ini akan mengatur sensor kamera di resolusi 12 MP. Tapi untuk Anda yang ingin merasakan sensasi jepretan 48 MP, harus melakukan pengaturan manual rasio foto. Hanya saja, di mode 48 MP ini Anda tidak bisa memanfaatkan mode HDR, Dazzle Color, Filter, zoom dan beberapa fungsi standar kamera lainnya.

OPPO juga menjejalkan teknologi anyar berupa sistem ball-bearing closed-loop VCM di kamera F11. Inovasi ini memungkinkan sensor kamera mendapatkan titik fokus super cepat, hanya sekitar 0,1 detik. OPPO mengklaim, teknologi ini lebih cepat 600 ms-700ms dibanding system open-loop VCM yang banyak diterapkan pada smartphone merek lain. Kemampuan fokus cepat ini tentu saja membuat aksi jeprat-jepret jadi lebih seru dan leluasa.

Untuk hasil foto yang maksimal, OPPO juga menghadirkan color mapping yang dapat merekonstruksi warna secara akurat berdasarkan skema foto yang berbeda beda serta meningkatkan warna jadi lebih hidup dan natural. Tidak hanya berlaku pada benda mati, tapi juga terintegrasi dengan modul pengendalian warna kulit dan dapat melakukan perlindungan warna pada bagian waja, untuk mencapai warna yang lebih konras dan skin tone terbaik untuk foto portrait.

Nah, yang paling penting dari itu semua, kamera OPPO F11 ini bisa diajak berjibaku membuat foto low-light yang berkualitas tinggi lewat mode Ultra Night yang sudah mendapat sentuhan kecerdasan buatan (AI) lebih baru. Menariknya, Ultra Night Mode di OPPO F11 ini secara otomatis mampu membedakan wajah manusia dengan latar belakang dan memberikan perlindungan khusus pada area wajah. Hasilnya, tentu saja foto portrait dengan detil yang tajam.

Kamera OPPO F11 juga disokong fitur lain bernama Dazzle Color Mode yang diupdate terbaru ColorOS disebut dengan nama Chroma Boost. Fitur ini juga didukung AI Engine dan Color Engine yang dapat diandalkan untuk menghasilkan foto lebih hidup dan detail. Foto akan terlihat kaya warna, karena mode ini akan meningkatkan saturasi warna objek.

Hasil foto kamera belakang - indoor

Hasil foto kamera belakang - outdoor (ultra night mode)

16 MP AI Beauty Camera

OPPO F11 dibekali kamera depan berkekuatan 16 MP dengan diafragma f/2.0 yang disokong AI Beauty Camera untuk mendapatkan detil wajah obyek secara akurat. Kamera depan ini dapat mengidentifikasi 137 titik wajah dengan tambahan 31 titik wajah baru. Bahkan dengan bantuan kecerdasan buatan, kamera F11 dapat mengidentifikasi pengguna berdasarkan usia, jenis kelamin, warna kulit dan jenis kulit.

Fitur ini juga secara cerdas dapat melakukan pengaturan percantik wajah berdasarkan karakteristik wajah yang spesifik, termasuk ketika digunakan untuk selfie group. Tercatat, ada sekitar 8 juta skema percantik wajah yang diterapkan oleh kamera F11.

Serupa fitur Beauty di perangkat sebelumnya, OPPO F11 juga menawarkan kustomisasi fitur percantik wajah. Pengguna bisa memanfaatkan 8 fitur percantik termasuk Skin Smoothing, Slimmer Face, Smaller Face, Jaw, Big Eyes, Smaller Nose, Touch up, and 3D. Serunya, efek ini bisa diatur dan tertampil secara real time. Kamera ini juga bisa melakukan kustomisasi secara otomatis fitur percantik wajah. Jika pengguna mengaktifkannya, F11 otomatis akan mengaplikasikan pengaturan terakhir pada foto.

Hasil foto kamera depan - selfie


Helio P70 dan Memori Besar

OPPO F11 disokong chipset MediaTek Helio P70 dengan arsitektur 12 nm, Octa-core yang terdiri dari 4x2.11GHz Cortex-A73 dan 4x1.99 GHz Cortex-A53. Jik dibandingkan dengan F9, performa CPU dan GPU Mali-G72 MP3 F11 Pro ini mengalami peningkatan sekitar 5% dan 15%. Penggunaan efisiensi pada multi-threaded intelligent processor APU, pemrosesan API meningkat sebesar 30%.

Bedanya dengan F11 Pro yang punya RAM 6GB, OPPO F11 hanya menyertakan RAM 4GB. Namun, ruang penyimpanan internalnya cukup besar, yakni 128GB. Itupun masih bisa diperluas menggunakan kartu memori tambahan berjenis microSD. Sayangnya, model slot memori yang tersedia berkonsep hybrid. Artinya, untuk bisa memanfaatkan kartu memori tambahan Anda hanya bisa menyisipkan satu kartu SIM.

Soal performa, kombinasi jeroan yang dibawa OPPO F11 terbilang cukup mumpuni. Apalagi, perangkat ini juga didukung teknologi Hyperboost. Mesin akselerasi ini digadang-gadang sanggup meningkatkan kinerja keseluruhan sistem. Untuk penggunaan harian, Hyper Boost meningkatkan responsifitas F11 hingga 31% lebih cepat saat meluncurkan aplikasi Facebook, 27% lebih cepat kembali ke layar utama, 19% lebih cepat saat melakukan perpindahan antar layar.

Bagi para gamer mobile, skenario dan perilaku game dapat diidentifikasi secara cerdas oleh Hyper Boost. Setelah engine mengidentifikasi kebutuhan spesifik, engine dapat mengoptimalkan alokasi sumber daya sistem dengan cara komprehensif sehingga sumber daya perangkat keras digunakan secara efektif dan permainan merespons lebih cepat. Hyper Boost juga menyediakan optimisasi spesifik untuk 11 game populer termasuk PUBG Mobile dan AoV.

Sebagai tambahan, F11 juga menyediakan fitur Game Space yang dapat dimanfaatkan untuk mengatur optimalisasi game. Setidaknya, ada 3 mode optimalisasi yang dapat dipilih yakni Kinerja Tinggi, Seimbang dan Konsumsi Daya Rendah. Terakhir, ada juga Game Assistant yang dapat mengatur pemblokiran notifikasi, pengingat pesan, multitasking cepat, tangkapan layar, dan perekaman layar. Pengguna dapat memainkan game tanpa gangguan dan menikmati permainan yang berjalan.

Baterai 4020 mAh plus VOOC Flash Charge 3.0

Jika dibanding F11 Pro yang punya baterai 4000 mAh, sumber tenaga di F11 sedikit lebih tinggi kapasitasnya yakni 4020 mAh. Tapi secara kinerja sih cukup identik. Kapasitas baterai ini diklaim meningkat 41% dibanding generasi awal F Series yang rata-rata masih di kisaran 3000-an mAh.

Dengan dukungan optimalisasi yang ada di F11 mulai dari layar dan CPU rendah daya, perangkat lunak serta ColorOS yang terus dioptimalkan dan dikombinasikan dengan manajemen power yang prima lewat pengaturan Super High Power Efficiency, baterai OPPO F11 ini bisa tahan lama. Sepanjang pengujian, untuk penggunaan normal saja sih baterai F11 bisa bertahan hingga lebih dari satu hari penuh.

Keunggulan lain yang dimiliki OPPO F11 adalah hadirnya teknologi pengisian baterai cepat yang disebut VOOC Flash Charge. Menariknya, teknologi ini sudah yang paling baru yakni generasi ketiga, VOOC Flash Charge 3.0, dan telah mengantongi sertifikasi TÜV SÜD untuk keamanan. Algoritma FCC yang digunakan sudah paling baru yang sanggup mempersingkat pengisian daya hingga 20 menit dibanding versi sebelumnya. Artinya, dengan VOOC Flash Charge 3.0 ini baterai F11 bisa terisi penuh dalam waktu 80 menit saja.


Kesimpulan

OPPO F11 bisa menjadi pilihan menarik untuk Anda yang membutuhkan ruang penyimpanan luas dari sebuah smartphone. RAM 4GB plus Internal 128GB yang dikombinasikan dengan chipset Helio P70, juga mampu berakselerasi dengan baik dan lancar dalam menjalankan semua fungsi ponsel. Tidak hanya itu, smartphone yang memiliki tampilan desain menawan ini pun cukup piawai memanjakan para pecinta fotografi mobile, khususnya untuk foto malam, lewat kamera ganda 48 MP + 5 MP. Dan yang tidak kalah penting, baterai besar dengan sokongan teknologi VOOC Flash Charge 3.0, bisa memberikan keleluasaan Anda menggunakan perangkat ini sepanjang hari.

Sumber: tabloidpulsa.co.id

Komentar

Artikel Terkait

Sabtu, , 21 September 2019 - 06:39 WIB

5 Smartphone Sejutaan Penantang Samsung Galaxy A10s