Redmi 7: Murah dengan Segudang Peningkatan

Sudah sekitar dua minggu kami memegang unit Redmi 7 dan kini waktunya berbagi pengalaman. Sekedar informasi bahwa Redmi 7 resmi diluncurkan di Indonesia pada 23 April lalu dan merupakan produk kedua Redmi di 2019 yang diboyong ke tanah air setelah sebelumnya Redmi memperkenalkan seri Note 7.

Redmi 7 secara umum merupakan suksesor dari Redmi 6 yang diluncurkan tahun lalu. Berbekal dengan sederet peningkatan, Redmi 7 harusnya bisa lebih greget ketimbang Redmi 6. Nah, ini beberapa catatan kami mengenai Redmi 7.


Desain

Jika dibandingkan dengan Redmi 6, Redmi 7 tampak lebih bongsor. Bukan tanpa alasan, sebab Redmi 7 memang memiliki layar yang lebih luas, dengan 6,26 inci vs 5,45 inci ukuran layar Redmi 6. Ditambah, Redmi 7 juga menggendong baterai yang lebih besar. Jika Redmi 6 hanya dibekali baterai berdaya 3000 mAh, Redmi 7 sekarang ditopang oleh baterai 4000 mAh. Jadi tentu ukuran fisiknya lebih besar dengan dimensi 158.7 x 75.6 x 8.5 mm.

Layar Redmi 7 masih mengandalkan jenis LCD seperti smartpone Xiaomi kebanyakan, tapi kini penampilan di bagian depan juga tampak berbeda. Nah, Redmi 7 ini sekilas mirip kakaknya yakni Redmi Note 7 karena mengadopsi desain layar water drop atau sebutan lain dari notch kecil yang mirip tetesan embun. Desain ini membuat Redmi 7 tampak lebih lapang dan menghasilkan rasio layar ke bodi yang mencapai 81 persen lebih. Tampilan waterdrop ini juga bisa disembunyikan jika dirasa mengganggu misalnya ketika menggunakan Redmi 7 untuk nge-game.

Salah-satu yang menarik dari Redmi 7 ini, meskipun masuk kategori smartphone ramah kantong tapi nyatanya sudah dilengkapi pelindung layar Gorilla Glass 5. Menarik bukan? Gorilla Glass 5 ini biasanya digunakan pada smartphone-smartphone papan atas yang memang terkenal dengan ketahanannya terhadap goresan.

Soal penampilan, Redmi 7 kini sudah lebih modis, warna bodinya tak lagi monoton, dibalut dengan gradasi dua warna dan tampak lebih berkilau. Bodinya memang masih terbuat dari polycarbonate tapi tentu saja masih masuk akal dengan harga yang ditawarkan. Ada tiga pilihan warna Redmi 7 yang dipasarkan di Indonesia yakni Biru, Merah dan Hitam.

Tampilan belakang masih senada dengan smartphone kebanyakan, ada kamera utama dengan dua setup, pemindai sidik jari dan logo Redmi di bawah. Nah, kali ini logonya bukan MI tapi Redmi. Alasannya karena kini Redmi sudah menjadi merek terpisah. Beralih ke bagian atas Anda bisa melihat ada dua titik dimana salah-satunya adalah port infrared. Ya, Redmi 7 juga dilengkapi dengan fitur remote control untuk perlengakan eletronik rumah tangga seperti AC, TV dan beberapa perangkat lainnya.

Sementara untuk tray microSD dan kartu SIM ada di sisi bagian kiri. Menariknya, slot kartu SIM dan MicroSD ini dibuat dedicated (bukan hybrid) jadi Anda tetap bisa menambahkan microSD tanpa harus mengorbankan slot SIM 2.


Kamera

Redmi 7 memiliki setup dual kamera sebagai penambak utama dengan kombinasi 12 MP + 2 MP.  Kamera 2 MP ini yang menopang kemampuan Redmi 7 untuk menangkap gambar portrait dengan efek bokeh. Hasilnya cukup mengesankan, di luar ekspektasi kami yang faktanya adalah smartphone murah.

Memotret di luar ruang dengan cahaya berlimpah mampu menghasilkan gambar yang baik. Pada mode normal tanpa AI, kamera Redmi 7 bisa menangkap gambar dengan warna alami dan detailnya pun masih tertangkap dengan jelas pada area bayangan. Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih keren, Anda bisa mengaktifkan fitur AI.

Hasil foto mode normal siang hari

Redmi 7 juga masih cukup baik untuk mengambil gambar portrait, efek bokehnya terlihat alami dan lebih halus. Untuk pengambilan gambar pada kondisi rendah cahaya pun tak mengecewakan. Hasilnya bisa di lihat pada bidikan kami. Tapi jangan coba bandingkan dengan hasil foto Redmi Note 7 yang punya sensor lebih baik, untuk smartphone seharga Rp1,9 juta untuk varian 3GB RAM ini, Redmi 7 sudah lebih dari cukup.

Hasil foto selfie mode normal

Hasil foto selfie mode bokeh

Kemampuan menghasilkan gambar yang baik pada kondisi rendah cahaya ini berkat ukuran piksel yang lumayan besar yakni 1,26 mikron. Jadi meskipun aperture (bukaan)-nya masih tergolong standar yakni F/2.2, cukup mumpuni untuk menangkap cahaya yang lebih baik. Selain itu, untuk pengambilan pada kondisi cahaya yang sangat rendah, Anda bisa dibantu lampu flash yang juga disediakan.

hasil foto indoor

Kemampuan kamera depannya pun sama baiknya. Sensor kamera depan memiliki besaran 8 megapiksel, artinya ada sedikit peningatan dibanding Redmi 6 yang hanya 5 megapiksel. Meskipun hanya mengandalkan satu sensor, kamera ini tetap bisa dipakai untuk mengambil gambar portrait dan efek bokeh yang dihasikan murni mengandalkan AI. AI pada kamera depan juga mendukung fungsi keamanan dengan pengenal wajah (face unlock).

hasil foto landscape

Satu lagi, untuk perekam video, Redmi 7 sanggup merekam dengan resolusi 1080p dan 60FPS tetapi jangan harap ada fitur penyetabil gambar, sekali lagi ini smartphone berbudget rendah.

Hasil foto low light malam hari

Hasil foto low light outdoor berkabut


Performa

Kinerja pada Redmi 7 mengandalkan Soc Snapdragon 632. Tentu saja ini lebih baik dari Snapdragon 625 dan juga Helio P22. Ada dua varian paket yang ditawarkan yakni RAM 2GB dan RAM 3GB, kebetulan unit yang kami gunakan ini adalah varian dengan RAM 3GB.

Pada pengujian AnTuTu, Redmi 7 menurut catatan kami mampu menghasilkan skor 103.746. Artinya, lebih baik ketimbang Redmi 6 yang waku kami uji hanya ada di level 72 ribuan. Begitu juga dengan skor Geekbench, skor Redmi 7 untuk single core mencapai 1.263 dan multi core 4.228, sedangkan uji Geekbench pada Redmi 6 yakni 820 untuk single core dan 3.657 untuk multi core.

    

Untuk penggunaan fitur sehari-hari seperti mengakses Facebook, Twitter, WhatsApp atau streaming video, Redmi 7 lancar jaya, multitaskingnya tak terkendala. Lalu bagaimana ketika memainkan game? Nah, ketika kami ajak memainkan PUBG, Redmi 7 masih tergolong nyaman, asal jangan dipaksakan untuk menyeting grafis pada kualitas tinggi, cukup di medium atau low. Tapi pengalaman ini tentu berbeda jika Anda memilih Redmi 7 varian 2GB RAM. Jadi kami sarankan jika Anda berniat meminang Redmi 7 untuk memainkan PUBG, pilih varian RAM 3GB.

Oh ya, Redmi 7 menjalankan OS terbaru Android 9 yang dibalut dengan antarmuka MIUI 10 dan untuk menopang semua fungsi yang ada di Redmi 7, ada baterai berdaya tampung 4.000 mAh. Tentu Anda tidak salah baca, kapasitas baterai ini juga salah-satu peningkatan yang signifikan ketimbang pendahulunya.

Kesimpulan

Dengan harga jual resmi yang lebih murah dari Redmi 6, Redmi 7 punya banyak kejutan. Peningkatan fitur baik dari sisi performa, ukuran layar, baterai dan kualitas kamera yang lebih baik, Redmi 7 layak dibeli. Sedikit kekurangan tapi masih bisa dimaklumi, seperti bodi plastik dan ketiadaan penyetabil gambar yang memang masih sangat jarang ditemukan pada smartphone di bawah Rp 2 juta.

Sumber: tabloidpulsa.co.id

Komentar

Artikel Terkait

Sabtu, , 21 September 2019 - 06:39 WIB

5 Smartphone Sejutaan Penantang Samsung Galaxy A10s

Senin, , 05 Agustus 2019 - 22:22 WIB

Xiaomi Lagi Garap Redmi Note 8