Realme C2 VS Redmi 7, Siapa Pemenangnya?

Xiaomi melalui lini redmi selalu hadir sebagai solusi smartphone murah namun dengan spesifikasi mumpuni. Namun akhir-akhir ini pangsa pasar mereka terusik dengan kehadiran nama baru yang sama-sama dari Tiongkok. Realme datang dengan motto yang sama yaitu menyediakan pasar smartphone mumpuni tanpa harus menguras kantong.

Redmi 7 dan realme C2 hadir dalam waktu yang berdekatan. Keduanya juga menjadi lini pengisi pasar kelas pemula. Oleh karena itu menarik rasanya melakukan komparasi keduanya. Sebagai informasi, Redmi 7 dijual dengan harga mulai dari Rp1,599 juta untuk konfigurasi 2GB+16GB. Realme C2 dengan konfigurasi yang sama dijual di angka yang lebih rendah yaitu Rp1,499 juta. Jika kapasitas memori keduanya dirasa kurang cukup, keduanya juga menyajikan opsi lain dengan kapasitas memori 3GB + 32GB.

Mari kita bahas satu-per satu, mana yang lebih unggul di setiap kategori dan siapa pememangnya dilihat secara keseluruhan.

Desain
Membandingkan smartphone baik dimulai dari segi desain. Dari tampilan luar, keduanya hadir secara kekinian dengan layar berponi. Tapi poninya beda, di mana Redmi 7 hadir dengan poni berbentuk huruf U dan C2 dengan bentuk tetesan air, seperti ponsel berponi populer lainnya.

Jika melihat ke belakang, baru terlihat perbedaan. Redmi 7 datang dengan bodi mengilap plus gradasi kombinasi dua warna. Realme C2 di satu sisi mengambil pendekatan berbeda dengan bodi matte. Memang masih satu warna saja seperti hitam atau biru, tapi terdapat terstur unik di sini. Bodi belakang realme C2 datang dengan tekstur garis-garis yang berpadu layaknya diamond. Tentunya masih menampilkan kilau jika dilihat dari sisi-sisi tertentu saat terkena cahaya.

Tidak ada materail mewah seperti metal atau kaca, maklum kelas harganya sensitif. Tapi material polikarbonat yang keduanya usung sudah terasa baik, berkualitas dan memiliki daya tahan yang baik. Hanya saja dengan bodi mengilap tentu baret tidak bisa terhindarkan di Redmi 7.

Layar
Dua ponsel sudah menggunakan panel layar IPS LCD. Panel yang dikenal baik dalam urusan tampilan meski dilihat dari sudut pandang miring. Warna atau ketajaman tidak akan berubah. Ukuran 6,26 inci dipasangkan untuk Redmi 7 dan C2 dengan ukuran 6,1. Keduanya berbagi ukuran resolusi yang sama yaitu HD+. Hanya saja sedikit lebih besar di realme C2 karena 720x1560 piksel berbanding 720x1520 piksel di Redmi 7.

Kamera
Meski sama-sama smartphone terjangkau, tapi keduanya tidak enggan untuk memberikan yang terbaik. Redmi 7 dipasangkan kamera beresolusi 12MP+2MP di bagian belakang. Sedangkan untuk realme C2 terpasang kamera resolusi 13MP+2MP.

Jadi, sederhananya keduanya mampu berikan hasil foto bokeh yang baik asalkan di lingkungan dengan cahaya yang cukup. Karena keberadaan kamera kedua atau yang berfungsi untuk kedalam akan sangat membantu hasilkan potongan bokeh atau buram yang presisi.

Masih di video, Redmi 7 dapat melakukan perekaman hingga 1080p. Begitupun realme C2 mentok di 1080p, tapi yang menarik di sini adalah kameranya mampu melakukan perekaman video gerak lambat. Suatu fitur yang spesial, karena sangat jarang bisa ditemukan fitur seperti ini di ponsel kelas satu jutaan.

Baterai
Baik Redmi 7 maupun realme C2 sama-sama dimodali dengan kapasitas baterai 4000mAh. Dalam penggunaan sehari-hari keduanya mampu menemani pengguna seharian. Dapat dikatakan keduanya seimbang di sini.

Kesimpulan
Rasanya jelas bahwa dengan keunggulan yang lebih banyak dan harga jual yang lebih rendah, realme C2 menjadi kandidat terbaik sebagai ponsel terjangkau yang layak untuk dimiliki. Mungkin popularitas brand yang satu ini kalah dari Xiaomi yang lebih dahulu masuk ke pasar ponsel Indonesia. Akan tetapi, dengan nama besar ‘kakaknya’, yaitu Oppo, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan, baik dari segi kualitas produk maupun after sales service dari realme.

Sumber: tabloidpulsa.co.id

Komentar

Artikel Terkait

Kamis, , 23 Mei 2019 - 17:08 WIB

Realme C2 VS Redmi 7, Siapa Pemenangnya?

Kamis, , 23 Mei 2019 - 16:43 WIB

Redmi 7: Murah dengan Segudang Peningkatan

Rabu, , 22 Mei 2019 - 15:21 WIB

Realme C2: Raja Baru di Kelas Pemula