OPPO A5s: Desain Keren, Baterai Tahan Lama

Seri A terbaru dari OPPO ini bisa dibilang sebagai alternatif pilihan untuk para pengguna baru di kelas pemula (entry level). Jika dikomparasi antara spesifikasi dan harga, OPPO A5s ini memang masih terasa over price. Pasalnya, di level harga sekitar 2 juta rupiah sudah banyak ponsel yang menjejalkan spesifikasi yang cukup mumpuni. Bahkan, ada beberapa di antaranya yang malah masuk kategori mid-end.

Meski begitu, OPPO A5s ini tetap memiliki keunggulan tersendiri yang patut dipertimbangkan. Pertama, ponsel ini hadir dengan konsep desain yang cukup kekinian. Tampilannya pun masih pantas dikategorikan ‘kece’. Tapi yang terpenting, OPPO A5s ini dibekali performa baterai yang terbaik di kelaasnya. Selain kapasitasnya yang cukup besar, kinerjanya pun patut diacungi jempol dalam menyuplai daya untuk pengoperasian perangkat sepanjang hari.

Paket penjualan OPPO A5s

Paket Penjualan: Handset, Charger, kabel data, buku manual, kartu garansi, Pin ejector, Soft case
Warna: Red, Black
Harga: Rp 1.999.000


Desain Ciamik

Bukan OPPO namanya jika tidak bisa menghadirkan sentuhan desain mewah di setiap produk besutannya. Detail di tiap lekuk bodi perangkatnya mendapat perhatian sangat khusus. Tidak hanya untuk produk yang dilabel dengan harga ‘wah’, tapi untuk kelas entry level pun tetap diperlakukan dengan istimewa. Di A5s ini, OPPO pun dengan percaya diri menyuguhkan kepiawaiannya tersebut.

OPPO A5s dibalut dengan konsep desain yang menawan. Konstruksi fisiknya terasa kokoh dan solid. Bagian depan menyuguhkan model layar dengan tampilan kekinian. Bagian atas layar ada poni kecil bergaya tetesan air yang disebut waterdrop screen. Bagian ini didesain sebagai ‘sarang’ untuk kamera selfie dan beberapa sensor penting.

Untuk layarnya sendiri, jenis IPS (In-plane switching) berukuran 6.2 inci dipercayakan OPPO A5s sebagai penampil konten ponsel dengan sudut pandang yang luas. Meski tampilannya akan terasa kurang tajam jika digunakan langsung di bawah sinar matahari, namun soal kejernihan dan akurasi warna tidak perlu diragukan. Di bagian ini, pengguna bisa melakukan pengaturan tingkat brightness serta temperatur warna secara otomatis maupun manual.

Tidak hanya itu, OPPO juga tidak lupa menanamkan fitur Night Shield yang berguna untuk meminimalisir efek cahaya biru. Tujuannya tentu saja untuk kenyamanan mata saat berlama-lama memandangnya.

Tidak hanya sisi depan, bagian belakang OPPO A5s pun memancarkan kesan modern. Bodi belakang ini memiliki finishing yang mengkilap. Meski memiliki efek layaknya kaca, namun cover belakang OPPO A5s ini tidak licin dan tetap nyaman saat digenggam. Soal warna, OPPO A5s hadir dengan cover berwarna solid. Beda dengan OPPO A7 yang cenderung memiliki warna gradasi.

Dari sisi dimensi, bodi OPPO A5s tidak terlalu bongsor dan juga tidak terlalu tebal. Ukurannya yang pas di genggaman, bisa dengan mudah diakses menggunakan satu tangan. Masih aman lah dimasukan ke dalam saku celana.

Konsentrasi terakhir dari sisi desain adalah ketersediaan slot kartu SIM dan memori ekspansi. Di A5s ini OPPO menghadirkannya dengan cukup komplit, dan tidak menerapkan model hybrid. Artinya, Anda yang memiliki dua kartu SIM bisa menyisipkan keduanya di slot yang tersedia, termasuk menjejalkan kartu microSD sekaligus tanpa perlu menggonta-gantinya.


ColorOS 5.2 yang Ringan dan Efisien

A5s disokong antarmuka khas OPPO yakni ColorOS. Versinya memang bukan yang paling baru layaknya perangkat di lini mid-end. Namun ColorOS 5.2 milik A5s ini terbilang cukup efisien dan tentunya menyuguhkan beragam fitur baru yang juga tersedia di ColorOS 6.

Secara default, Anda akan disuguhkan tampilan standar dengan App Drawer. Semua aplikasi bisa diakses dengan hanya menggeser layar ke kanan dari halaman Home. Serunya lagi, ColorOS 5.2 ini juga sudah dibekali Smart Bar yang mendukung multitasking. Dengan fitur ini, Anda bisa dengan mudah berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya secara cepat.

Tidak hanya itu, Antarmuka ini juga menyertakan Smart Assistant yang dapat dimanfaatkan untuk menampilkan beragam informasi penting terkait aktivitas Anda di ponsel. Mulai daari menayangkan beragam fungsi cepat, prakiraan cuaca, pengaturan kontak favorit hingga Step Tracker.

Di ColorOS 5.2 ini, pengguna juga akan dimanjakan beragam fungsi keamanan berlapis. Ada sensor sidik jari, face unlock dan juga locksreen passcode standar. Untuk fitur-fitur bawaan lainnya, semisal Screen Recording, Clone Apps, App Split-screen serta phone manager untuk urusan keamanan lanjutan pun tersedia.


Hardware Terbaik di Kelasnya

Jika di A3s dan A7 OPPO membenamkan chipset Snapdragon 450, di A5s ini OPPO menggunakan MediaTek Helio P35. Secara pabrikasi, MediaTek MT6765 di A5s ini menggunakan teknologi 12nm yang sedikit lebih efisien ketimbang milik kedua seniornya tersebut yang punya pabrikasi 14nm. Selain itu, kecepatan mengeksekusi beragam fungsi ponsel dengan chipset Helio P35 ini pun sedikit lebih ‘ngacir’. Clock speed-nya bisa dipacu hingga kecepatan maksimal di 2.3GHz.

Untuk menghasilkan kinerja keseluruhan yang prima dan maksimal, OPPO A5s yang diuji PULSA dibekali RAM 2GB dengan penyimpanan internal 32GB. Di pasaran sendiri, OPPO A5s juga punya varian lain dengan pilihan RAM 3GB loh. Di atas kertas, kombinasi hardware seperti  ini memang kerap mendapat cibiran dari konsumen, khususnya para gamer.

Padahal, akselerasi dan performa yang disuguhkannya sudah cukup baik dalam menunjang kebutuhan sehari-hari. Untuk bermain game pun tentu saja tetap bisa. Hanya saja, pengalaman nge-game tergantung jenis game yang bisa dijalankan.

Game populer seperti AoV, Mobile Legends, Clash Royale dan Free Fire bisa dimainkan dengan lancar, tanpa ada kendala berarti. Untuk PUBG Mobile pun masih bisa, tapi dengan catatan, grafis berada pada pengaturan terendah dan Anda harus sabar jika sesekali terasa sedikit nge-lag di kondisi tertentu. Beruntungnya, OPPO A5s ini sudah dibekali fitur Game Space yang digadang-gadang menyediakan Game Engine dan mampu meningkatkan performa saat bermain game. Saat sedang bermain, semua alokasi sumber daya akan dikerahkan untuk menjalankan game supaya sanggup berakselerasi dengan baik dan lancar.

Untuk yang masih penasaran seperti apa sih performa dari OPPO A5s, bisa disimak pada hasil uji benchmark di tabel yang terlampir. Jika diamati skor yang tertera, OPPO A5s sedikit lebih tinggi dibanding OPPO A7 maupun A3s.

Baterai 4230 mAh Tahan Lama

Ini lah andalan utama OPPO A5s. Selain mengusung desain modern dan berkelas, smartphone ini juga dibekali baterai dengan kapasitas yang cukup besar yakni 4230 mAh. Sama besar dengan OPPO A7 dan A3s.

Di atas kertas, kapasitas baterai sebesar ini sejatinya sanggup memberikan waktu pengoperasiaan yang panjang dan lama. Di A5s, OPPO membuktikannya. Sepanjang pengujian, PULSA merasakan baterai OPPO A5s sangat awet. Untuk penggunaan normal, baterai ponsel ini sanggup mengaliri daya sepanjang hari, tanpa harus mengisi ulang di tengah jalan.

Meski tanpa disokong teknologi pengisian cepat khas OPPO, nyatanya baterai A5s bisa diisi ulang dengan waktu yang tidak terlalu lama. Dengan kondisi indikator baterai kurang dari 10 persen, pengisian hingga penuh bisa dilakukan kurang dari 2,5 jam saja.


Kamera Ganda untuk Foto Bokeh

Meski bukan fitur utama, namun kehadirkan Dual Camera bisa menjadi nilai plus OPPO A5s ini. Struktur kamera utama ponsel ini memiliki karakteristik yang sama persis dengan OPPO A7. Sensor kameranya diposisikan horizontal dengan LED flash diletakan paling kanan. Model panel kamera ini juga terbilang unik, mirip ‘gagang’ pin ejector, dan memiliki pulasan warna emas di lingkarannya.

Kamera ganda OPPO A5s memiliki konfigurasi 13 MP dengan aperture f/2.2 plus kamera bersensor 2 MP dengan bukaan f/2.4. Karakteristik kamera belakang OPPO A5s ini pun identic dengan milik OPPO A7. Untuk hasil jepretan, menurut PULSA sih sudah cukup oke untuk ukuran smartphone entry level.

Foto yang dihasilkan cukup tajam dengan reproduksi warna yang lumayan akurat di kondisi cahaya berlimpah. Tapi untuk low light, detail akan sedikit menurun karena sensor kamera akan berusaha keras untuk meredam noise. Secara keseluruhan, kamera ganda ini masih sanggup diajak ‘gaya’ untuk mendokumentasikan momen berharga bersama keluarga, gebetan, pacar maupun teman-teman.

Hasil foto kamera belakang - outdoor (HDR)

Hasil foto kamera belakang - indoor (ultrawide)

Menariknya, kamera ganda di A5s juga dibekali mode Portrait yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan foto dengan efek bokeh. Detil foto terlihat cukup baik dengan background blur yang rata. Selain itu, kamera ini juga dibekali kecerdasan buatan berupa AI Beautification 2.0 yang secara otomatis bisa mengatur dan menyesuaikan kecantikan wajah secara natural.

Selfie Bokeh dengan Screen Flash

Untuk yang hobi selfie, kamera depan OPPO A5s juga bisa diandalkan dengan baik. Meski sensor yang ditanamkan hanya berkekuatan 8 MP, setingkat di bawah kamera depan OPPO A7 yang 16 MP, namun masih sanggup menghasilkan foto diri yang apik.

Seperti halnya kamera belakang, fitur AI Beautification 2.0 juga bisa diterapkan untuk foto selfie. Ada juga beragam filter keren yang dapat dimanfaatkan untuk membuat foto jadi lebih unik. Tidak ketinggalan, mode Portrait juga bisa digunakan untuk selfie loh. Hasil jepretannya tentu saja menghasilkan efek bokeh.

Nah, untuk di kondisi minim cahaya dan tetap ingin selfie, OPPO A5s ini menyertakan fitur peningkat cahaya yang bersumber dari cahaya layar, sebutannya Screen Flash. Jadi, selfie dengan kamera OPPO A5s ini bisa dilakukan dimana saja loh.

Hasil foto kamera depan - selfie


Kesimpulan

OPPO A5s sengaja dihadirkan untuk mengisi kekosongan antara A3s dan A7. Dengan banderolan harga yang untuk beberapa kalangan dirasa terlalu tinggi (over price), performa keseluruhan yang ditawarkan ponsel ini masih cukup bisa diandalkan. Apalagi, A5s sudah dibekali spesifikasi hardware yang cukup mumpuni di kelasnya. Bonusnya, konsumen akan mendapatkan desain yang mewah serta kinerja baterai yang patut diacungi jempol.

Sumber: tabloidpulsa.co.id

Komentar

Artikel Terkait

Sabtu, , 21 September 2019 - 06:39 WIB

5 Smartphone Sejutaan Penantang Samsung Galaxy A10s

Jumat, , 09 Agustus 2019 - 00:05 WIB

Wow! Ribuan Unit OPPO K3 Ludes Kurang dari 1 Menit