Xiaomi Dituduh Curi Karya Seorang Seniman 3D

itoday - Plagiat atau mencuri hasil karya orang lain, tentu bukan hal yang terpuji, bahkan bisa dipidanakan. Namun, apa jadinya jika perusahaan sekelas Xiaomi kedapatan menjiplak hasil karya seniman 3D? Tentu sangat memalukan dan mengancam citra brand itu sendiri.

Xiaomi, beberapa waktu lalu kepergok menjiplak dan menggabungkan, bukan satu atau dua, tetapi tiga karya seni dari seniman 3D bernama Peter Tarka.

Xiaomi membuat semacam video kolase yang menggabungkan beberapa gambar 3D yang mirip hasil karya Tarka, untuk membantu mempromosikan perangkatnya di Spanyol. Video kolase ini sudah terpampang di situs Xiaomi Spanyol. Ironisnya, Xiaomi sama sekali tidak pernah meminta izin atau membeli paten karya seni apa pun dari Tarka, hingga karya seni tersebut dipamerkan di laman resminya di Spanyol.

Peter Tarka, yang juga seniman 3D asal Spanyol mengatakan kepada The Verge,  bahwa ia menciptakan karya instalasi 3D tersebut pada Mei 2018 sebagai bagian dari koleksi Instalasinya bertema kubikal.  Seperti yang Anda lihat di gambar tersebut, Tarka  memiliki portofolio Behance-nya yang lengkap. Xiaomi lantas tidak mengubah apa pun dari karya Tarka tersebut, hanya  menukar bagian  landau dan menukan bola dengan perangkatnya yang sedang dipromosikan.

Ada kursi berwarna hijau di sebelah kiri dan lampu gantung di sebelah kanan, ini adalah dua ilustrasi Tarka lainnya yang tampil otentik di gambar tersebut. Tarka mengatakan bahwa instalasi 3D tersebut sebenarnya ditugaskan oleh  LG, yang merupakan salah satu pesaing Xiaomi.

Tarka sangat kecewa, dan  mengatakan bahwa tidak ada seorang pun dari pihak Xiaomi yang menghubunginya untuk membicarakan tentang izin, lisensi, atau hal lainnya berkaitan dengan penggunaan karya seni 3D ciptaannya tersebut.

"Saya 100 persen yakin Xiaomi telah menggunakan karya saya, karena jiplakan ini semuanya cocok dengan sempurna. Mereka hanya mengubah saturasi warna dan memperbaiki beberapa elemen kecil,  agar tidak begitu jelas terlihat seperti penjiplakan," ujar Tarka.

Sayangnya, sejauh ini pihak Xiaomi masih enggan untuk memberikan komentar terkait dengan tuduhan penjiplakan karya 3D milik seniman3D asal Spanyol itu. (Naris/Ozi)

 

(Sumber)

Komentar

Artikel Terkait

Senin, , 15 Juli 2019 - 01:18 WIB

Xiaomi Mi A3 Akan Diluncurkan Sebentar Lagi, Kapan?

Selasa, , 25 Juni 2019 - 10:18 WIB

Xiaomi Hentikan Produksi Mi Max dan Mi Note, Ada Apa?

Kamis, , 20 Juni 2019 - 00:02 WIB

Xiaomi Dituduh Curi Karya Seorang Seniman 3D