OPPO Reno 10x Zoom: Petarung Baru Smartphone Kamera

OPPO Reno 10x Zoom

Melanjutkan kesuksesan dan sekaligus menggantikan seri F dan R, Reno Series akan menjadi tonggak baru pertarungan OPPO di pasar smartphone kamera. Tidak lagi membawa jargon selfie, OPPO akan fokus menggarap kemampuan kamera utama. Saat pertama kali dikenalkan pada April lalu hingga saat ini, perangkat ini sudah tersedia dalam beberapa varian seperti OPPO Reno, Reno 10x Zoom, OPPO Reno 5G dan OPPO Reno Z. Dua varian diantaranya dijadwalkan akan segera meramaikan pasar smartphone tanah air.

Tanpa berpanjang lebar, PULSA berkesempatan menjajal satu varian yang sudah ditawarkan lewat blind pre-order mulai 10 Juni lalu, yakni OPPO Reno 10x Zoom dengan konfigurasi RAM 8GB dengan penyimpanan internal 256GB. Menurut jadwal, perangkat ini akan resmi diluncurkan pada 17 Juni dan produknya sendiri akan tersedia di pasaran pada akhir Juni mendatang. Buat yang penasaran seperti apa sih performa kamera yang digadang-gadang memiliki teknologi 10x zoom serta kinerja keseluruhan perangkat ini, simak ulasan lengkapnya berikut.

Paket Penjualan: Handset, Adapter Charger, Kabel USB Type-C, Headset, Soft Case, Buku Manual, Kartu Garansi, SIM Ejector
Warna: Ocean Green, Jet Black
Harga: Rp12.999.000


Desain keren, Bodi bongsor

Smartphone ini hadir dengan konsep desain yang cukup apik. Konstruksi fisiknya terlihat memancarkan aura premium. Kedua sisi, baik depan dan belakang, tampak dilapisi material kaca yang membuatnya terasa mewah, namun teksturnya agak sedikit licin. Saat digenggam, bodinya terasa kokoh dan solid. Untuk struktur dalemannya, OPPO Reno 10x Zoom sudah menggunakan rangka berbahan logam yang kuat dan tahan banting.

Dibanding seri Reno biasa, OPPO Reno 10x Zoom memiliki bodi yang sedikit lebih tambun. Bobotnya pun lebih berat. Bongsornya desain perangkat ini memang bukan tanpa alasan, pasalnya dimensi layar yang diusung perangkat ini pun sedikit lebih besar yakni 6.6 inci berbanding 6.4 inci.

Di bagian depan, perangkat ini benar-benar memiliki area layar yang sangat luas. Bagian hitam di tepi layar, termasuk bezel-nya pun terbilang cukup tipis. Tidak ada poni atau notch di ponsel ini. Berterimakasih lah pada inovasi OPPO yang menghadirkan pop-up camera. Uniknya, model kamera ‘mumbul’ di Reno Series ini terlihat seperti sirip hiu. OPPO menyebutnya dengan istilah Pivot Rising Camera. Modul kamera dengan mekanisme motorik ini akan muncul saat pengguna akan mengambil foto selfie. Untuk pelindung layar, OPPO telah menanamkan kaca anti gores Corning Gorilla Glass generasi ke-6.

Bodi belakang Reno 10x Zoom agak melengkung. Desain ini sepertinya memang sengaja dibuat untuk menyesuaikannya dengan kontur telapak tangan. Di bagian belakang ini, OPPO menyematkan panel Triple Camera serta logo OPPO dan label “Designed by OPPO” dengan model vertikal. Kebetulan, unit yang diuji PULSA memiliki pulasan warna Ocean Blue. Warna ini memiliki tampilan segar dengan tentunya menghadirkan efek gradasi khas yang muncul saat terpapar cahaya.

Satu hal yang cukup membuat penasaran adalah hadirnya tonjolan kecil yang memiliki lingkaran hijau, persis di ujung garis label di bawah kamera. Benjolan seperti ‘jerawat’ ini kemungkinan besar berfungsi untuk membuat area belakang tidak langsung bersentuhan dengan permukaan datar, dan sekaligus untuk menjaga panel kamera agar tidak tergores benda kasar atau tajam.

Di Reno 10x Zoom, OPPO meletakan tombol power di kanan bodi dan volume rocker di sisi kiri. Sementara kompartemen SIM card ada di sisi bawah perangkat, bersebelahan dengan port USB Type-C dan corong speaker. Modelnya mirip seperti OPPO Find X, hanya formasi letaknya saja yang terbalik. Tidak ada port audio jack 3.5mm di perangkat ini. Untuk tray kartu SIM, Reno 10x Zoom menggunakan konsep hybrid. Artinya, hanya ada dua baki kartu yakni untuk SIM 1 dan SIM 2 berfungsi ganda sebagai tempat kartu microSD.


Layar AMOLED Super Luas dan Tajam

Serupa OPPO Find X, layar Reno 10x Zoom juga menerapkan konsep fullscreen yang sesungguhnya. OPPO menyebutnya dengan istilah Panoramic Screen. Lewat inovasi ini, pengalaman menelusuri semua aplikasi dan fungsi ponsel jadi lebih maksimal. Bermain game serta menonton video pun jadi tambah seru.

Berdasarkan data teknis, OPPO Reno 10x Zoom menggunakan jenis layar AMOLED dengan bentangan 6.6 inci. Layar ini punya resolusi Full HD+ (2340x1080) dengan screen-to-body ratio mencapai 93.1%. Layar ini juga punya rasio aspek 19,5:9 dan gamut warna lebar (DCI-P3) yang menghasilkan kontras dan saturasi warna sangat tinggi dengan tingkat konsumsi daya yang lebih rendah. OPPO mengklaim, teknologi ini mampu mereduksi konsumsi baterai hingga 8%. Untuk kecerahan layarnya sendiri, AMOLED di perangkat ini mencapai sekitar 440 nits.

Seperti disinggung sebelumnya, layar Reno 10x Zoom ini juga sudah dilapisi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 6. Kaca pelindung generasi terbaru milik Corning ini diklaim memiliki daya tahan yang sangat kuat. Saat diuji coba, layar perangkat ini memang benar-benar tahan banting, tahan diinjak dan anti goresan benda tajam. Tapi dalam penggunaanya harus tetap hati-hati dan dijaga dengan baik ya.

Tidak seperti kebanyakan smartphone flagship yang rata-rata menawarkan banyak pilihan pengaturan mode layar, di Reno 10x Zoom ini OPPO hanya menawarkan pengaturan standar. Terdapat dua opsi yang dapat dipilih, Vivid dan Gentle (sRGB). Untuk temperatur warna, ada pilihan Cooler, Default dan Warmer.

Yang terpenting dari itu semua, layar smartphone ini juga dibekali teknologi ramah mata yang mampu mereduksi pengaruh dari efek cahaya biru berlebih. Di perangkat OPPO, teknologi yang disebut dengan istilah Night Shield bisa diatur secara permanen atau sesuai kebutuhan dengan waktu yang terjadwal. Satu lagi tambahannya, ada juga opsi Low-Brightness Flickr.

ColorOS 6 dan Under-display Fingerprint

Reno Series merupakan lini perangkat OPPO perdana yang langsung mendapatkan sentuhan antarmuka terbaru ColorOS 6. Tampilan visual dari user interface ini lebih modern dan bersih. Beragam fungsi baru dijejalkan OPPO. Mulai dari Hyperboost, Game Assistant, Game Space, Cloud Service, Riding mode, Smart Assistant, Notification Bar, Navigation gesture hingga System smart management bisa dimanfaatkan dengan lebih leluasa untuk mendongkrak pengalaman penggunan yang lebih maksimal.

Untuk urusan keamanan ponsel, OPPO Reno 10x Zoom terbilang cukup beragam dan tentunya sudah menggunakan teknologi paling kekinian. Serupa R17 Pro, di perangkat ini pun OPPO sudah menghadirkan sentuhan baru sensor pemindai sidik jari. Tidak lagi berupa panel fisik yang ada di punggung bodi, tapi berganti dengan teknologi under-display fingerprint.

Sensor sidik jari ini memiliki algoritma yang lebih baik dari sebelumnya. Kecepatan respon dalam mendeteksi data sidik jari pengguna pun mendapat peningkatan, berdasarkan catatan OPPO peningkatannya hingga 28.5%. Bahkan, area sensor pun lebih luas 10%. Menariknya, ikon sidik jari yang tertampil di layar juga dapat dikustomisasi loh. Pengguna bisa mengatur tampilannya sesuai kebutuhan. Keren lah pastinya.

Selain under-display fingerprint dan juga model password/PIN konvensional, masih ada lagi satu sistem keamanan canggih yang disediakan Reno 10x Zoom yakni Face Unlock. Fitur ini tentu saja memanfaatkan kamera depan yang tampil unik. Pemindai wajah di smartphone mampu mendata informasi dan karakter wajah secara cepat. Saat diuji coba, Face Unlock di Reno 10x Zoom dapat mendeteksi wajah dengan baik dan lancar.


Kamera Canggih dengan 10x Zoom

Tren smartphone saat ini memang mulai bergeser. Tidak lagi hanya fokus untuk urusan selfie, tapi mulai meningkatkan kemampuan kamera utama untuk fotografi. Sebelumnya, OPPO punya lini perangkat R Series yang fokus menggarap kemampuan kamera belakang. Sekarang, ada OPPO Reno Series yang digadang-gadang menghadirkan cara baru memanfaatkan kamera ponsel.

Bahkan pihak OPPO mengklaim, Reno 10x Zoom hadir sebagai solusi all-in one mobile fotografi dengan menghadirkan kamera utama 48MP, kamera bersudut lebar 120 derajat, dan juga kamera telefoto dengan pembesaran hingga 10x. Ya, perangkat ini membawa tiga kamera. Pada kamera utama, perangkat ini disokong sensor terbaru Sony IMX 586 48MP dengan diafragma F/1.7, cukup besar untuk ukuran diafragma kamera smartphone saat ini.

Selanjutnya, OPPO juga menyematkan kamera 8MP yang hadir dengan sudut lebar 120 derajat. Sensor Wide Angle ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan sudut pengambilan gambar yang sangat luas dengan distorsi yang minim. Sangat cocok untuk foto landscape.

Berikutnya yang paling menarik adalah hadirnya teknologi pembesaran 10x Zoom. Sejatinya, teknologi ini merupakan hasil pengembangan dari inovasi OPPO 5x Lossless Zoom yang sempat dikenalkan pada ajang Mobile World Congress 2017. Sementara untuk teknologi 10x Lossless Zoom ini, OPPO mengumumkannya pada MWC 2019, Barcelona.

Inovasi terbaru OPPO ini memanfaatkan struktur lensa periskop seperti yang terdapat pada kapal selam. Secara teknis, OPPO menumpuk lima buah lensa secara horizontal yang kemudian dipantulkan menggunakan prisma ke sensor kamera. Konsep ini membuat panel kamera jadi tidak terlalu menyembul. Di Reno 10x Zoom, OPPO menanamkan lensa telefoto dengan sensor sebesar 13MP pada modul setebal 6.7 mm.

Di viewfinder kamera Reno 10x Zoom, OPPO menyediakan secara default pilihan zooming yang terdiri dari 1X, 2X, 6X dan 10X. Namun, Kemampuan optikal zoom yang dikolaborasikan dengan digital zoom di perangkat ini sejatinya bisa dipacu hingga perbesaran 60X.

Lewat teknologi yang dibawa OPPO Reno ini, para pecinta fotografi mobile akan bisa merekam momen-momen berharga dengan lebih maksimal. Beberapa sampel foto yang berhasil ter-capture oleh kamera OPPO Reno 10x Zoom juga memperlihatkan detil gambar yang tajam, dengan tone warna yang natural meski diambil dari jarak yang cukup jauh.

Tidak hanya itu, OPPO juga menyematkan teknologi Optical Image Stabilization (OIS) pada kamera telefoto ini untuk mengurangi guncangan ketika mengambil gambar. Menariknya, OPPO juga menjejalkan tiga teknologi focusing pada kamera ini, yakni Laser Autofocus, Contrast Autofocus, dan Phase Detection Autofocus yang memungkinkan pengambilan fokus gambar dengan cepat. Perangkat ini juga punya machine learning untuk mengidentifikasi skenario yang berbeda, mengubah gambar buram menjadi foto yang tajam, dan benar-benar menangkap setiap detail foto dengan baik.

Bagi yang suka bereksperimen, kamera OPPO Reno 10x Zoom menyediakan beragam fitur penting yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan foto terbaik. Mulai dari Night mode untuk foto low-light, Panorama, Time-lapse, Slo-Mo bahkan Expert. Serunya, antarmuka kamera Reno 10x Zoom juga sudah terintegrasi dengan Google Lens. Fitur baru ini menawarkan beragam fungsi lanjutan yang terintegrasi langsung dengan kamera, semisal Scan text, mendeteksi lokasi/tempat bahkan merekomendasikan ke situs belanja.

Berdasarkan spesifikasi teknis, OPPO Reno 10x Zoom juga sanggup menghasilkan video 4K dengan frame rate maksimal 60 fps. Hasil rekam video dari kamera OPPO Reno 10x Zoom terlihat stabil. Bahkan seolah-olah seperti menggunakan tripod. Untuk yang hobi nge-vlog, kamera perangkat ini sudah cukup memadai untuk merekam keseruan dan nyaman saat dibawa traveling. Poin pentingnya, teknologi yang dibawa Reno 10x Zoom juga mampu mengurangi ukuran file video 4K hingga 50%, dan membuat pengguna Reno 10x Zoom dapat berbagi video pada platform media sosial favorit jauh lebih cepat.

Night Mode

Outdoor

Pivot Rising Kamera Unik

OPPO bisa dibilang sebagai salah satu pelopor smartphone berkamera depan pop-up. Produk pertama yang mengusung konsep ini adalah Find X dan dilanjutkan oleh OPPO F11 Pro. Konsep desain kamera depan di Reno 10x Zoom memang lebih unik ketimbang dua pesohornya tersebut. Di Reno, OPPO menampilkan model kamera pop-up dengan bentuk miring. Sepintas, terlihat mirip sirip hiu. Istilah yang dipakai OPPO adaalah Pivot Rising Camera.

Saat tidak digunakan, kamera ini akan bersembunyi pada bagian atas perangkat. Dengan menggunakan sistem motorik, modul kamera akan terdorong ke arah atas ketika pengguna akan mengunakan kamera swafoto. Untuk sensornya sendiri, OPPO membenamkan kamera 16MP. Sebagai tambahan, di bagian sirip hiu ini, terdapat pula Front Facing Softlight, dan Speaker. Sementara di penampang belakang modul kamera ini, ditempatkan LED flash.

Untuk kualitas selfie, tentunya tidak perlu diragukan lagi. Hasil jepretan bisa tampil dengan baik. Pengguna juga bisa memanfaatkan mode Portrait untuk selfie dengan efek bokeh, serta menambahkan beragam filter juga efek Beauty.

Selfie


Snapdragon 855 dengan Teknologi Terkini

Selain kamera, chipset merupakan unggulan utama OPPO Reno Series. Di perangkat ini, OPPO menanamkan Qualcomm Snapdragon 855. Chipset ini disokong teknologi multi-gigabit 5G, AI terdepan, dan immersive extended reality(XR). Kerennya, Snapdragon 855 di perangkat ini dibangun berdasarkan pabrikasi 7nm Qualcomm Kryo 485 CPU yang kabarnya mampu meningkatkan kinerja hingga 45%.

OPPO Reno 10x Zoom yang diuji PULSA kebetulan memiliki RAM 8GB dengan kapasitas penyimpanan internal 256GB. Jika dikombinasikan dengan chipset Snapdragon 855, tentu saja daya gedor smartphone ini sangat luar biasa.

Dengan spesifikasi hardware yang dibawa OPPO Reno 10x Zoom ini sudah pasti semua fungsi ponsel bisa berakselerasi dengan baik dan lancar. Bahkan untuk para pecinta game, tentunya semua jenis permainan baik yang standar maupun yang berat bisa dimainkan tanpa lag di perangkat terbaru OPPO ini.

Tapi untuk yang penasaran seperti apa sih hasil benchmark dari OPPO Reno 10x Zoom, tentunya PULSA akan dengan senang hati menghadirkan daftar penilaian berdasarkan beberapa aplikasi benchmark yang umum digunakan. Silakan lihat daftarnya di tabel yang terlampir.

Baterai Besar dengan VOOC 3.0

OPPO Reno 10x Zoom hadir dengan sokongan baterai jumbo, kapasitasnya mencapai 4065 mAh. Cukup besar untuk ukuran smartphone masa kini. Sistem manajemen power yang handal dari prosesor Octa-core Snapdragon 855 OPPO Reno juga cukup baik dalam mendukung kinerja baterai dalam menghadirkan pasokan daya.

Untuk penggunaan standar dan normal, baterai perangkat ini bisa bertahan selama satu hari penuh dalam sekali pengisian. Sementara untuk standby saja bisa lebih dari tiga hari.

Menariknya, selain kapasitas besar OPPO Reno 10x Zoom juga dilengkapi teknologi pengisian baterai cepat generasi paling anyar OPPO VOOC 3.0 Flash Charge. Teknologi ini juga sudah mengantongi sertifikasi TÜV SÜD untuk keamanan. Algoritma FCC yang digunakan sudah paling baru yang sanggup mempersingkat pengisian daya hingga 20 menit dibanding versi sebelumnya. Artinya, dengan VOOC Flash Charge 3.0 ini baterai OPPO Reno 10x Zoom dapat terisi penuh hanya dalam waktu 80 menit saja.


Kesimpulan

Banyak kejutan yang dihadirkan oleh OPPO Reno 10x Zoom. Selain hadir sebagai ‘pengganti’ lini F Series dan R Series, perangkat ini benar-benar membawa perubahan yang cukup penting bagi OPPO. Kemampuan 10x zoom yang dibawa oleh kamera perangkat ini mampu bersaing dengan perangkat sekelasnya. Bahkan bisa dibilang sedikit lebih baik dengan kehadiran Pivot Rising Camera-nya. Selain itu, dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 855 serta kapasitas baterai besar yang ditopang VOOC 3.0 yang ada di gerek perangkat ini layak untuk dijadikan pertimbangan untuk membeli. Sedikit kekurangan namun masih bisa dimaklumi dari Reno 10x Zoom adalah ketiadaan port audio jack 3.5mm dan bodi bongsor agak licin yang memang menjadi ciri khas smartphone premium.

Sumber: tabloidpulsa.co.id

 

Komentar

Artikel Terkait

Sabtu, , 21 September 2019 - 06:39 WIB

5 Smartphone Sejutaan Penantang Samsung Galaxy A10s