Trump Beri Lampu Hijau Perusahaan AS Jualan Lagi ke Huawei

itoday - Presiden Amerika Serikat Donald Trump membuat beberapa keputusan yang sangat penting dan mengejutkan tentang AS-Huawei di pertemuan G20 yang dihelat di Osaka, Jepang.

Salah satunya, ia mengonfirmasi bahwa perusahaan yang beroperasi di AS diperbolehkan menjual produknya ke Huawei.

"Saya telah setuju untuk mengizinkan mereka untuk terus menjual produk. Saya suka perusahaan kami menjual barang kepada orang lain... hal yang sangat kompleks. Ini bukan hal yang mudah untuk dilakukan," kata Trump sebagaimana dikutip dari GSM Arena, Minggu (30/6/2019)

Ia menambahkan, komponen yang dijual ke Huawei adalah alat-alat yang sejatinya tidak memiliki efek untuk menimbulkan isu-isu keamanan nasional.

Namun demikian, Trump menyebutkan bahwa akan melakukan pembahasan lebih lanjut tentang kemungkinan perjanjian perdagangan dengan Huawei ke depannya. Kemungkinan keputusan akan disampaikan Selasa pekan depan.

Trump melontarkan pernyataan tersebut dalam konferensi pers KTT G-20, Sabtu (29/6/2019) waktu setempat. Sebelumnya ia melakukan pembahasan dengan Presiden China Xi Jinping terkait perang dagang di antara kedua negara. Pertemuan keduanya disebut-sebut berlangsung selama sekitar 80 menit.

Komentar

Artikel Terkait