Facebook dan Instagram Disebut Sebagai Jejaring Sosial Paling Sering Down

itoday - Meski jadi salah satu yang terpopuler, Facebook dan Instagram ternyata tercatat sebagai jejaring sosial yang paling sering down.

Kedua platform yang dimiliki Facebook ini bahkan mengalami lonjakan dalam jumlah down selama 12 bulan terakhir. Ini sesuai data dari website monitoring website down yakni Downdetector, yang dimuat Business Insider.

Tak cuma jadi yang paling sering, layanan Facebook dan Instagram yang sering down ini yang ternyata punya dampak paling besar. Pasalnya, terdapat 2,7 miliar pengguna yang tak bisa mengaksesnya.

Para pengguna ini pun butuh akses untuk berbagai hal, mulai dari komunikasi serta bisnis dari skala kecil maupun besar. Bahkan banyak yang bergantung secara penguh kepada kedua media sosial ini untuk memasarkan bisnisnya.

Berdasarkan laporan, down-nya Instagram selama enam bulan pertama tahun 2019 ternyata hampir dua kali lipat dibandingkan dengan periode waktu yang sama dengan tahun sebelumnya, yakni melonjak 90 persen.

Untuk Facebook, angka justru lebih parah, yakni hampir 4 kali lipat, yakni 281 persen.

Di sisi lain, dua pesaing utama yakni Twitter dan Snapchat adalah jejaring yang cukup stabil. Dalam setengah tahun terakhir, keduanya tercatat hanya sekali down.

Snapchat down pada Juni lalu, yang terkait dengan permasalahan di Google Cloud yang juga berdampak ke banyak media sosial lain. Sementara Twitter down beberapa waktu yang lalu, pasca laporan Downdetector ini turun.

 

 

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 104 kali

Wawancara yang Aneh - Pak Leman Eps #3

Telah dilihat : 111 kali

Kambing Naik Alphard