Setelah HongMeng, Huawei Siapkan OS Lain Bernama Harmony

itoday - Belakangan ini Huawei santer dikabarkan tengah menyiapkan HongMeng OS dan Sailfish OS sebagai sistem operasi alternatif Android di smartphone besutannya. Langkah Huawei ternyata tidak berhenti di situ. Karena ternyata diam-diam perusahaan berbasis di Cina ini sedang menggarap sistem operasi baru.

Huawei telah mengajukan aplikasi merek dagang ke Uni Eropa Intellectual Property Office (UEIPO), dan mendaftarkan nama “Harmony” untuk sistem operasi terbarunya. Dalam dokumen UEIPO tersebut, tertera dengan jelas bahwa Harmony OS nantinya akan digunakan  untuk penggunaan di perangkat mobile dan komputer. Aplikasi ini tercatat  pada tanggal 12 Juli 2019, dan saat ini sedang dalam proses pengesahan.

Nantinya, Harmony OS akan bergabung dengan Ark OS sebagai sistem operasi yang dapat digunakan oleh Huawei di jajaran perangkat terbarunya yang akan diluncurkan di pasar global.

Jika sebelumnya Anda mendengar HongMeng OS (merupakan sistem operasi terbaru yang dikembangkan oleh Huawei) kemungkinan akan berubah menjadi nama resmi di beberapa negara. HongMeng OS ternyata telah dikembangkan  oleh Huawei setidaknya dari tahun 2015.

Sistem operasi ini telah menjadi pusat perhatian beberapa bulan terakhir ini berkat meningkatnya ketegangan perdagangan AS-Cina yang mengarah pada larangan penggunaan berbagai teknologi dan produk-produk AS oleh Huawei. Meskipun Donald Trump (Presiden AS)  pada konferensi KTT G20 telah memberikan semacam pelonggaran sampai batas tertentu, namun Huawei bertekad untuk mandiri dan menggarap OS besutan mereka sendiri untuk berjaga-jaga.

Kabarnya, Harmony OS baru ini akan dijalankan di smartphone generasi mendatang yang akan diluncurkan ke konsumen pada awal musim gugur ini. Ada sekitar 1 juta unit smartphone uji yang  sudah menjalankan Harmony OS tersebut. (Naris/Ozi)

 

Sumber

Komentar

Artikel Terkait

Sabtu, , 21 September 2019 - 06:39 WIB

5 Smartphone Sejutaan Penantang Samsung Galaxy A10s

Kamis, , 12 September 2019 - 00:09 WIB

Huawei Luncurkan WiFi Q2 Pro