Hati-Hati, Bahaya Tersembunyi di Balik #AgeChallenge Aplikasi 'Wajah Tua' FaceApp

itoday - Aplikasi FaceApp kini kembali viral dan banyak dipakai oleh para pengguna smartphone lewat tantangan #AgeChallenge.

FaceApp adalah aplikasi yang dapat mengubah foto wajah menggunakan beberapa efek. Salah satunya yang digemari adalah efek untuk mengubah wajah menjadi terlihat lebih tua.

Ada bahaya tersembunyi mengancam pengguna saat memakai aplikasi 'wajah tua' yang lagi hits, FaceApp dalam tantangan Age Challenge.

Sebaiknya para pengguna harap berhati-hati dalam menggunakan aplikasi ini. Pasalnya, FaceApp ternyata bisa saja menyebarkan, menyimpan, bahkan menjual foto pengguna untuk tujuan komersial meski foto tersebut telah dihapus.

Sebagaimana diwartakan TechCrunch, FaceApp, tatkala pengguna menggunakannya dan menyetujui akses yang diminta, aplikasi ini dapat mengunggah konten secara background alias tanpa diketahui pengguna. 

Lebih parahnya lagi, FaceApp dapat mengakses album foto bahkan tanpa persetujuan pengguna. Ini terutama terjadi pada aplikasi yang dipasang pada iPhone bersistem operasi versi 11.

Pakar keamanan Digital Ariel Hochstadt menyebut bahwa peretas, yang sukses masuk ke sistem FaceApp, sangat mungkin “melacak kegiatan pengguna.”

Hingga saat ini, belum ada laporan apakah FaceApp bertautan langsung dengan Pemerintah Rusia, yang notabene, merupakan kekuatan yang lazim menggunakan internet untuk mengorek-ngorek informasi.

Sementara itu pihak developer FaceApp berdalih hal tersebut dilakukan untuk memenuhi "kewajiban hukum" tertentu, tapi tak dijelaskan kewajiban hukum apa dan di negara mana yang dimaksud. 

Komentar

Artikel Terkait