Sebentar Lagi Izin Bagi Perusahaan AS yang akan Berbisnis dengan Huawei Bakal Diterbitkan

itoday - Sekretaris Perdagangan A.S. Wilbur Ross pada (3/11) kemarin mengatakan bahwa Pemerintah AS dalam waktu dekat akan menerbitkan izin bagi perusahaan-perusahaan AS yang akan berbisnis, bekerjasama atau menjual berbagai komponen ke Huawei Technologies Co di China. Seperti dikutip PULSA daru Reuters, Ross dalam wawancaranya dengan Bloomberg mengatakan bahwa lisensi tersebut akan diterbitkan "segera”.

Ross mengatakan sejak awal Pemerintah AS membuat wacana  tentang prizinan khusus tersebut, mereka telah menerima 206 permintaan dari berbagai perusahaan AS yang meminta perizinan kerjasama dengan Huawei.

Mei 2019 lalu, Huawei, yang merupakan perusahaan penyedia peralatan telekomunikasi terbesar di dunia, dimasukkan ke dalam daftar hitam (blacklist) oleh Pemerintah AS dengan alasan keamanan nasional. Dengan masuknya Huawei ke daftar entitas AS tersebut, secara efektif  membatasi Huawei dalam menggunakan, dan membeli berbagai suku cadang buatan Amerika tanpa izin khusus.

Berselang sebulan kemudian yakni di bulan Juni 2019, Presiden AS, Donald Trump berjanji untuk memberikan semacam “bantuan” kepada perusahaan-perusahaan AS yang akan melakukan bisnis dengan Huawei.

Mengenai perkembangan perdagangan AS-China, Ross mengatakan bahwa kesepakatan itu sudah di jalur yang tepat. Dan terkait dengan penerbitan lisensi khusus yang akan diberikan oleh AS untuk perusahaan AS yang akan bekerjasama dengan Huawei, sejauh ini Huawei tidak bersedia menanggapi masalah tersebut.

 

Sumber

Tags #Huawei

Komentar

Artikel Terkait