Coolpad Max Lite R108 Versi Murah, 4G LTE “Disembunyikan

iToday - Model ini merupakan versi ‘murah’ dari Coolpad Max yang sama-sama sudah tersedia di pasaran tanah air. Jika di vendor lain model smartphone jenis ini memiliki karakter desain yang tergolong mirip namun berbeda di sisi daleman, di Coolpad, baik Max maupun Max Lite tampil dengan gaya berbeda tapi hadir dengan keunggulan yang sama yakni fitur Dual Space dan Fingerprint sensor.

Lantas, apa yang membuat ponsel ini menyandang sebutan ‘Lite’ dan harganya jadi lebih murah? Bagaimana pula dengan performa keseluruhannya?

Desain Keren dan Ergonomis

Kesan pertama, tampilan fisik Coolpad Max Lite sepintas ‘menyerupai’ Samsung Galaxy S7. Konsep 2.5D curvy design dengan sisi belakang yang agak melengkung (arc back design), membuat konstruksi bodinya lebih ergonomis ketimbang Coolpad Max yang terkesan kaku. Hanya saja, dimensi bodi Max Lite sedikit lebih bongsor ketimbang kerabatnya tersebut.

Seperti halnya Coolpad Max, ‘sasis’ Max Lite juga menggunakan bahan logam dan memiliki bezel tipis. Alhasil, tampilan keseluruhan ponsel ini jadi terlihat ‘mewah’.

Di bagian depan, permukaan layar Max Lite dilapisi kaca khusus yang membalut hingga ke tepian. Lapisan kaca ini juga telah dibekali teknologi anti gores. Cukup kuat dan bisa melindungi layar dari goresan benda tajam. Tapi jangan sengaja dibaret-baretin ya.

Layaknya smartphone mid-end masa kini, Coolpad Max Lite juga menerapkan konsep desain unibody dengan baterai yang tertanam. Untuk SIM card tray, posisinya ada di sisi atas bersebelahan dengan port audio.

Fingerprint Bisa Beragam Fungsi

Jika di Galaxy S6/S7 Series dan OPPO F1 Series sensor sidik jari ada di bagian depan, pengganti tombol home, di Coolpad Max Lite posisinya di bagian belakang, sama seperti di Coolpad Max, Huawei G8 dan beberapa tipe lain.

Dengan dimensi bodi yang tergolong bongsor, peletakan fingerprint di bagian belakang ini  terbilang lebih nyaman ketimbang di bagian depan bawah. Apalagi untuk akses menggunakan satu tangan. Panel sensor berbentuk bulat ini tergolong cukup responsif, dan cepat dalam mengenali sidik jari pengguna.

Menariknya, fungsi fingerprint sensor di Coolpad Max Lite tidak hanya sebatas untuk unlock screen (mengaktifkan layar), tapi bisa digunakan untuk banyak keperluan. Mulai dari unlock screen, quick capture, one key dial, switch space, private mode hingga mengaktifkan power saving mode. Sama seperti di Coolpad Max.

Anda juga bisa mendaftarkan 5 sidik jari berbeda, dan bisa disesuaikan dengan mudah untuk keperluan-keperluan tersebut.

Serba Dual

Seperti halnya Coolpad Max, ponsel yang menggandeng Chicco Jerikho sebagai brand ambassador ini pun tetap mengunggulkan konsep dual sistem yang disebut Dual Space. Dengan hadirnya fitur ini, Anda seolah-olah memiliki dua smartphone dalam satu perangkat.

Dual Space hasil pengembangan CoolUI 8.0 yang berbasiskan Android 5.1.1 Lollipop ini menghasilkan dua partisi yang secara sistem merupakan satu kesatuan, namun dengan antarmuka yang terpisah, yakni Main Space dan Private Space.

Tak seperti Main Space, fitur atau aplikasi default yang tersedia di Private Space terbatas hanya beberapa saja. Selain itu, Anda tidak bisa menambahkan aplikasi default yang ada di Main Space ke Private Space. Namun, Anda bisa menambahkan aplikasi yang tersedia di Play Store ke Private Space. Caranya, tinggal buka launcher Play Store yang sudah tersedia dan unduh aplikasi apa saja yang Anda butuhkan. Misalnya Instagram, Path, BBM dan sebagainya.

Menariknya, untuk pengaturan dan perpindahan dari Main Space ke Private Space maupun sebaliknya, Anda bisa melakukannya dengan mudah dan tentunya terjamin keamanannya. Pasalnya, Anda bisa pula memproteksi akses ke Private Space ini menggunakan fingerprint sensor.

Dual in One lain yang dimiliki Coolpad Max Lite adalah Dual SIM. Ponsel ini menerapkan model hybrid, kartu SIM yang digunakan di kedua slot sama-sama berjenis nano-SIM. Cukup merepotkan sih sebenarnya. Pasalnya, Anda tidak bisa menggunakan dua kartu SIM bersamaan dengan katu memori ekspansi microSD yang untuk kalangan tertentu masih ‘sangat dipakai’ untuk menyimpan beragam file penting.

Hardware Kelas Menengah

Seperti disinggung sebelumnya, Max Lite merupakan versi ‘lebih rendah’ dari Coolpad Mah. Hal ini bisa dilihat dari spesifikasi jeroan yang dibawanya. Jika di Coolpad Max menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 617 dengan clockspeed 1.5GHz, di Max Lite membenamkan Snapdragon 615 yang memiliki kecepatan 1.4GHz.

Selain itu, memori yang ditanamkan ke ponsel ini pun lebih rendah. Coolpad Max disokong RAM 4GB plus internal 64GB, sedangkan Max Lite menyisipkan RAM 3GB dengan ROM 16GB. Otomatis, performa keseluruhan daleman Max Lite pun akan berada di bawah Coolpad Max.

Untuk lebih jelasnya, PULSA melakukan uji benchmark. Dengan AnTuTu, Max Lite membukukan skor 33780 dengan posisi jauh di bawah Coolpad Max. Sementara dengan Quadrant Standard, ponsel ini mengantongi nilai 21057.

Di sektor grafis, Adreno 405 yang ditanamkan sama seperti Coolpad Max. Akselerasinya dalam menampilkan gambar pun masih cukup prima, meski di beberapa kasus semisal menjalankan game 3D terlihat agak sedikit nge-lag. 

Sumber power di Max Lite juga sedikit di bawah Coolpad Max. Kapasitas baterainya hanya berkekuatan 2500 mAh, bandingkan dengan baterai Coolpad Max yang 2800 mAh. Otomatis, kinerjanya pun ada di bawah rekannya tersebut. Untuk penggunaan yang cukup intensif (data dan koneksi aktif), baterai ponsel ini hanya bisa bertahan kurang dari 6 jam. Beruntung, ponsel pintar ini sudah dibekali teknologi pengisian daya cepat (fast charging) dan manajemen power yang lumayan apik.

4G LTE ‘Disembunyikan’

Teknologi jaringan 4G LTE yang saat ini mulai banyak diterapkan, sepertinya masih menjadi ganjalan Coolpad. Terutama terkait perijinan dan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) yang jadi prasyarat utama sebuah vendor ponsel bisa menjual produk 4G LTE-nya di tanah air.

Karena itu, Coolpad Max Lite yang dijual resmi di pasaran hanya mendukung jaringan 3G/WCDMA. Padahal sejatinya, ponsel ini secara hardware dan teknologi software sudah mendukung network 4G LTE. Coolpad ‘menyembunyikan’ jaringan 4G LTE ini supaya Max Lite bisa dijual secara resmi.

Namun Anda sebagai pengguna, tentunya tidak terkait masalah TKDN. Dan yang ingin membeli ponsel ini bisa pula melakukan pengaturan khusus untuk mengaktifkan 4G LTE di Max Lite. Cukup dengan menginput kode khusus, atau bisa juga meminta bantuan penjual yang umumnya menawarkan langsung untuk mengaktifkan 4G LTE di ponsel ini saat transaksi pembelian Coolpad Max Lite.

Fitur Kamera Keren

Di bagian ini, Max Lite mengadopsi teknologi kamera yang sama persis dengan Coolpad Max. Mulai dari resolusi lensa, hingga fitur pendukung kamera. Fokus kameranya juga sudah mendukung teknologi PDAF (Phase Detection Auto Focus). Selain menyertakan mode auto dan pro, Anda juga bisa memanfaatkan opsi Refocus untuk mendapatkan foto yang berkualitas lebih baik.

Yang cukup menarik, saat mode Beauty digunakan, baik viewfinder kamera utama maupun kamera depan mampu mendeteksi usia berdasarkan tangkapan wajah, yang informasinya akan tertampil di kotak bidikan foto. Untuk yang ingin mengeksplorasi kemampuan fotografi, bisa memanfaatkan mode Pro dan atur semua fungsi kamera secara manual layaknya di kamera digital profesional.

Fitur Unik

Sebagai tambahan, Coolpad Max lIte juga menyertakan beberapa fitur khas yang jarang ditemukan di ponsel sejenis. Pertama adalah kemampuan merekam percakapan (call recording). Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk merekam seluruh percakapan saat Anda melakukan panggilan maupun menerima telpon masuk. Cukup menekan tab ‘Record’ yang muncul saat terjadi komunikasi telpon.

Ada juga kemampuan untuk merekam aktifitas layar (Screen Recorder). Kemampuan ini berbeda dengan acreenshot yang hanya meng-captur satu tampilan layar dan menyimpannya dalam format foto (jpg). Screen Recorder memungkinkan Anda untuk merekam semua aktifitas yang Anda lakukan di ponsel dalm bentuk video. Caranya, tekan dan tahan beberapa saat tombol power + volume up secara bersamaan hingga muncul notifikasi perekaman, dan untuk menghentikannya tinggal tekan tombol power.

Fitur unik lain yang juga dimiliki Coolpad Max Lite adalah kemampuan Scrool Capture tampilan layar. Dengan fitur ini, Anda tidak hanya bisa screenshot satu halaman layar tapi bisa beberapa halaman sekaligus. Cocok untuk Anda yang ingin screenshot satu halaman web penuh.  (iwk)

 

 

 

Tags #coolpad

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 1728 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 1685 kali

sahabat total episode 1