Google Chromecast 2 Cara Baru Menonton TV di Ruang Keluarga

iToday - Hampir berumur 1 tahun-an, perangkat streaming besutan Google ini masuk resmi ke Indonesia dengan pernak-pernik berbahasa Indonesia yang akan mempermudah penggunanya di Tanah Air. Mulai dari box dengan sejumlah informasi yang mudah difahami, dan jika Anda membelinya via Lazada, akan mendapatkan hadiah ekslusif berupa akun berlangganan Genflix selama 1 tahun dan spotify selama 2 bulan. Tawaran yang menarik.

Apa arti penting perangkat media streaming dalam kehidupan keluarga Indonesia? Di tengah-tengah menjamurnya layanan tv berlangganan, baik berbasis fiber optic maupun satelit, ada segelintir pasar yang tidak terjangkau. Dengan bermacam alasan, mulai dari “tak tersentuh” pembangunan infrastruktur layanan tersebut (pemasangan kabel dan sebagainya), tidak setuju dengan harga yang ditawarkan televisi berlangganan, hingga tempat tinggal yang tidak menetap.

Layanan streaming yang bisa diakses dari sejumlah perangkat, baik handheld semisal ponsel dan konsol game portabel, maupun komputer pribadi, dirasa kurang bersahabat dengan konsep living room alias ruang keluarga. Menayangkan layanan streaming di televisi berlayar besar tetap harus membutuhkan syarat dan ketentuan yang cukup rumit.

Seiring dengan semakin luasnya jangkauan internet berkecepatan tinggi dan harganya yang semakin ringan untuk pasar Indonesia, kehadiran perangkat streaming media portable besutan sejumlah perusahaan besar, semisal Apple, Google, Roku dan sebagainya dianggap sebagai salah satu solusi yang menarik.

Chromecast dalam hal ini, menawarkan beberapa hal yang unik, dengan manfaat yang to the point. Mulai dari segi desain, performa hingga portabilitasnya yang tinggi.

Desain

Chromecast 2 yang masuk ke meja redaksi merupakan versi pembaharu dari chromecast sebelumnya. Kali ini bentuknya membulat dan berekor. Masih bisa dibilang kecil, hanya saja lebih besar dari pendahulunya. Sementara ekor yang dimaksud adalah sebuah kabel HDMI pendek dengan bentuk kabel pipih sehingga akan terhindar dari kusut.

Yang menarik, di bagian ekor kabel HDMI ini ada bagian magnet yang memungkinkan bagian bodi dari chromecast menempel di sini sehingga tidak tergantung begitu saja. Tentunya penggunaan magnet ini sangat optional, karena bagaimanapun, ketika menggantung sekalipun, bodi chromecast tidak akan membebani kabel HDMI. Jadi aman-aman saja.

Sementara sebagai power suply, Anda bisa menggunakan kabel data bawaan, lengkap dengan charger adapter. Dihubungkan ke port micro USB yang ada di bagian depan perangkat Chromecast. Apabila di televisi Anda ada port USB yang bebas, Anda bisa menghubungkannya sebagai sumber power. Praktis kan?

Melihat ukurannya yang mungil seperti ini, Chromecast dapat dibawa kemana-mana, bahkan bisa diletakkan di saku kemeja tanpa menimbulkan bentuk yang aneh.

Hardware

Chromecast 2 dibuat dalam 3 pilihan warna. Hitam, merah dan kuning. Anda bisa menyesuaikan dengan televisi di ruang keluarga atau dengan warna paling favorit sekeluarga. Menggunakan material plastik yang apik, perangkat ini dibuat membulat dan lebih besar dar chromecast lama untuk mengakomodasi tiga buah antena. Ini merupakan peningkatan yang positif dbanding Chromecast sebelumnya.

Menggunakan tiga antena tersebut, kita bisa menghubungkan Chromecast ke ponsel Android atau iOS, dan terhubung dengan Wifi Jaringan. Tiga antena tersebut akan mencari sinyal terkuat untuk mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk buffering media. Sehingga dapat meningkatkan kenyamanan saat menonton tayangan video streaming.

Kontrol dan Software

Gerbang untuk menikmati layanan streaming di televisi via Google Chromecast ada pada software yang dibawa. Layanan yang tertampil di televisi kita dapat dikontrol melalui ponsel dengan aplikasi terdedikasi. Anda bisa mendownloadnya di App Store milik iOS atau Google Play Store. Aplikasi ini bernama Google Cast.

Dengan satu aplikasi ini, kita bisa mengakses semua aplikasi yang kompatibel untuk Chromecast. Ya, semua hanya dari satu kanal. Mengingatkan kita pada aplikasi Watch pada iOS, dimana kita bisa mengontrol semua aplikasi terinstal di ponsel dan watch, menginstalnya dan mencari aplikasi tambahan lewat satu aplikasi yang sama.

Layanan semacam Genflix, Netflix, Youtube akan dikumpulkan di satu aplikasi. Ketika kita mencari video yang spesifik, yang bisa jadi ada di setiap layanan tadi, maka aplikasi ini akan menampilkan daftar aplikasi tersebut ditemani tombol watch. Anda lah yang memilih mau menonton di layanan yang mana.

Selain itu, Anda pun bisa mentransfer display dari aplikasi manapun yang didukung hanya dengan menekan tombol cast (lambang DLNA). Bisa Anda lakukan ketika melanjutkan sebuah film yang dtonton di ponsel ke layar televisi, semisal saat Anda turun dari kamar dan ingin berbagi dengan keluarga Anda layar televisi yang lebih besar.

Bisa Disulap sebagai Konsol Game

Sejumlah game yang hadir di Playstore juga sudah mendukung fitur cast seperti ini. Jadi selain untuk menonton tayangan televisi, Chromecast juga bisa digunakan untuk bermain game tertentu di layar TV. Menyulap ponsel menjadi kontroler, entah itu kontroler yang menyediakan tombol virtual, atau sebagai kontroler gerak layaknya kontroler Wii. 

Meski tidak banyak, sepertinya developer game untuk android bisa melihatnya sebagai celah baru. Dengan harga terjangkau, hanya 600 ribuan, dan jangkauan internet yang semakin baik, maka perangkat Chromecast bisa menjadi tren berikutnya bagi hiburan HD keluarga yang terjangkau.

Kelebihan:

-           Harga terjangkau

-           Penerimaan sinyal tidak bermasalah

-           Pengaturan sangat mudah

-           Ukuran kecil, mudah dibawa kemana-mana

-           Resolusi HD 1920 x 1080 pixel

-           Gratis 1 Tahun Iuran Genflix (khusus pembelian di Lazada)

-           Gratis 2 Bulan Iuran Spotify (khusus pembelian di Lazada)

 

Kekurangan:

-           Belum mensupport 4K dan HDR

-           Masih membutuhkan jalur internet untuk menikmati layanan streaming

-           Ketersediaan game yang kompatibel belum terlalu banyak

-           Kurang maksimal untuk TV Lengkung (curved TV)

 

Spesifikasi:

Dimensi:                    Perangkat: 51,9 x 51,9 x 13,49 mm

Paket:                        124,4 mm x 42,85 mm x 124 mm

Kabel daya:                1,75 m

Berat:                        39,1 g (0,086 lbs)

Port & Konektor:         HDMI

        USB Mikro

Resolusi:                     1080 p

Konektivitas/Jaringan:Wi-Fi 802.11ac (2,4 GHz/5 Ghz)

Daya:                          Penyuplai daya 5 V, 1 A

 

 

 

 

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 1917 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 1889 kali

sahabat total episode 1